28 June 2015

Ramadhan: Silaturahim Venus Jupiter

Posted by Fadly Indrawijaya , 29 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Venus dan Jupiter bersilaturahim dalam bentuk konjungsi, mari perbanyak juga silaturahim di bulan ramadhan ini

Konjungsi Venus Jupiter
Hai sahabat BiluPing, gimana puasanya, masih lancar kan? Kali ini saya datang lagi dengan postingan tentang astronomi :D Pernah gak sahabat memandang langit saat berbuka puasa atau mungkin dalam perjalanan menuju masjid melaksanakan shalat isya dan tarawih? Ada 2 buah objek sangat terang menghiasi langit sebelah barat, ada yang perhatiin gak? Beberapa orang yang saya tanyai mengatakan bahwa itu adalah bintang. Sesaat kedua objek itu memang terlihat seperti bintang yang sangat terang tapi tahu gak kalau sebenarnya itu adalah planet? Masih ingat tulisan sebelumnya tentang cara bedakan bintang dan planet kan? Kalau belum, silakan intip dulu “Cara bedakan planet dan bintang”.
Kembali lagi pada 2 objek terang tadi, mereka adalah Venus (yang paling terang) dan Jupiter. Tingkat kecerahan/magnitudo -4,6 menempatkan Venus pada urutan kedua sebagai objek paling terang di langit malam. Urutan pertama tentu saja dipegang oleh Bulan dengan magnitudo -12,6 (saat purnama) dan disusul Jupiter di urutan ketiga dengan magnitudo -2,9

Konjungsi 1 Juli 2015

Saat ini, posisi Venus dan Jupiter kian mendekat dan berkonjungsi tanggal 1 Juli mendatang. Apa itu konjungsi? Konjungsi adalah peristiwa yang terjadi saat jarak sudut (elongasi) suatu benda dengan benda lainnya sama dengan nol derajat atau secara sederhana bisa dikatakan sebagai kondisi dimana benda langit terlihat “sangat berdekatan” satu sama lain dari sudut pandang pengamat. Posisi Venus dan Jupiter sebenarnya sangat berjauhan sehingga meskipun terlihat saling berdampingan saat konjungsi 1 Juli nanti namun sebenarnya Jupiter berada sangat jauh di belakang Venus.

Konjungsi 1 Juli 2015

Sebagai tambahan, Venus telah menyelesaikan elongasi timurnya dengan matahari tanggal 6 juni lalu dan perlahan-lahan akan mulai bergerak mendekati matahari sebelum akhirnya tak akan terlihat lagi di langit barat pertengahan Agustus nanti. Setelah itu, Venus akan bersiap muncul hiasi langit timur sesaat sebelum matahari terbit. Kita baru bertemu Venus hiasi langit senja kembali pada pertengahan Juni tahun depan.

Konjungsi ini adalah pemandangan yang indah dan menarik sehingga sayang jika dilewatkan karena kalian harus menunggu lagi hingga 28 Agustus tahun depan untuk menyaksikan fenomena yang sama. Jadi tunggu apalagi, siapkan waktu berbuka puasa bersama keluarga atau teman kalian tanggal 1 Juli nanti.

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

29 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Tiap malam aku pandangi langitnya. Suka sih. Apalagi kalau banyak taburan bintangnya. Oh jd itu planet kah..mas q bilang itu satelit :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satelit itu yang biasa kalau magrib atau hampir fajar mba, lewat terus bergerak kayak bintang berjalan :)

      Delete
  2. wooow.. bisa kelihatan pake mata telanjang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, silakan intip di langit barat sesaat setelah matahari terbenam :)

      Delete
  3. saya baru tahu pengertian Konjungsi lewat artikel ini mas.makasih telah berbagi info..

    dan selamat menjalankan ibadah puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, semoga ilmunya bermanfaat mas :)

      Delete
  4. jadi salah banget kalau kita yang cuman jadi manusia ngga membudayakan silaturahmi ya,wong planet aja silaturahmi jeh.
    selamat berpuasa sampe pol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Silaturahim itu jangan sampai putus apalagi sekarang banyak media komunikasi yang harusnya memudahkan untuk bersilaturahim :)

      Delete
  5. saya baru tahu ternyata kita kedatangan tamu spesial di bulan ramadhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, ada tamu biar tambah semangat menjalani ibadah puasanya :)

      Delete
  6. Saya suka memandang langit malam namun kurang mengerti tentang penampakan benda-benda langit... Kalau di kota yang sudah berpolusi cahaya langit jadi kurang terang ya. Tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mba semakin mempelajarinya, dijamin semakin suka memandang langitnya. Semakin tinggi polusi cahaya, langitnya semakin terang mba, jadi bintangnya yang terlihat semakin redup :)

      Delete
  7. Replies
    1. Liatian aja Mas/Mba. Asal langit cerah, bisa dilihat langsung tanpa alat bantu mata kok :)

      Delete
  8. ia kang saya suka mengamati betul makin dekat kang. tapi tadi malam cuaca mendung jadi tidak terlihat samah si sayah. dulu pernah kang berkombinasi dengan bulan memebentuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemarin mendung, coba malam ini Kang. Malam ini yang paling dekatan. Yang bentuk senyum itu yang tanggal 19 kemarin kan Kang :)

      Delete
  9. Jam berapa ya ?
    Malam ini di', Fadly?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus itu liatnya pas magrib kak, habis buka sampai sekitar setengah 9 baru terbenam :)

      Delete
  10. iya aku suka banget sih berbuka puasa sambil lihat langit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga buka puasanya semakin nikmat dengan keindahan bintang-bintang :)

      Delete
  11. Jd itu venus sama jupiter?
    Saya sering lihat langit, dan berasa aneh lihat bintang spt baru deketan gitu. Yg satu lbh terang, satunya kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, itu Venus yang paling terang dan Jupiter yang agak redup. Setelah hari ini, Venus dan Jupiter akan jauhan lagi :)

      Delete
  12. Kemarin sore pas ke tambang liat benda langit terang berdekatan. Langsung nyesel ga bawa kamera DSLR. Coba jepret pake hape hasilnya modol.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di foto aja mas, Venus dan Jupiter masih keliatan berdekatan beberapa hari ini kok :)

      Delete
  13. Ternyata ada hubungannya dengan planet ya, Bang.. Aku baru tau tentang hal ini :D

    ReplyDelete
  14. aku gak terlalu merhatikan tapi kayanya langsut cerah dan berbintang

    ReplyDelete
  15. Wah gak pernah kepikiran nih yang beginian..
    Infonya bagus.. Kalo di kuliahan ni jurusannya ambil fakultas ahli nujum kali ya..
    hehehe.. piss

    ReplyDelete
  16. Mas Faldy impiannya apa saja, kok banyak katanya

    ReplyDelete
  17. Hidup Biluping By AbMhy Numpang Promo : http://fantazhirecords.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+