17 March 2015

Planet Terpanas itu Bernama Venus

Posted by Fadly Indrawijaya , 45 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Suhu di Venus yang mencapai 462 derajat celcius menjadikan Venus sebagai planet yang terpanas di tata surya
Planet Venus
Planet Venus | Wikipedia
Pernah dengar istilah Bintang Kejora? Meskipun memiliki kata "bintang" diawalnya namun ternyata nama ini adalah sebutan bagi planet Venus. Masih ingat dengan Venus? Dia adalah planet yang menempati urutan kedua di tata surya kita setelah Merkurius. Jika sebelumnya kita kenalan dengan planet terbesar di tata surya maka di postingan seputar astronomi kali ini saya akan mengajak pembaca untuk kenalan dengan planet terpanas di tata surya.

Nama Venus diambil dari mitologi Romawi yaitu "Dewi Cinta dan Kecantikan".
Menurut saya secara pribadi, planet ini memang terlihat cantik apalagi ketika melihatnya sesaat sebelum fajar tiba, Venus terlihat seperti permata yang menggantung di angkasa (ini menurut saya pribadi loh). Venus merupakan planet yang paling dekat dari Bumi, ia bahkan disebut sebagai "Planet Saudara" karena ukuran, gravitasi dan komposisinya yang mirip dengan Bumi tapi meskipun mirip pada kenyataannya suhu di permukaan Venus sangat berbeda jauh dengan Bumi. Suhu disana yang mencapai 462 derajat celcius menjadikan Venus sebagai planet yang terpanas di tata surya bahkan Merkurius yang lebih dekat dari Matahari hanya bersuhu maksimum 460 derajat celcius. Syukurlah suhu maksimal di Bumi masih 56,7 derajat celcius. Penyebab panas yang tinggi di permukaan Venus adalah atmosfer yang sangat padat dan terdiri dari 96,5% karbon dioksida, inilah yang menciptakan efek rumah kaca hebat. Berita buruknya, menurut hasil penelitian bahwa dahulu atmosfer di Venus mirip dengan atmosfer di Bumi bahkan diyakini bahwa disana pernah ada air tapi efek rumah kaca itulah yang merubah semuanya, Bumi juga akan seperti itu jika efek rumah kaca tidak ditangani dengan serius.

Meskipun tetanggan dengan Bumi, ternyata sangat sulit untuk melihat permukaan planet Venus karena tertutup oleh lapisan buram. Lapiran buram ini adalah awan asam sulfat yang sangat reflektif. Mungkin sobat astro perlu mendarat dulu kesana untuk melihat permukaannya :D Tapi sebelum memutuskan mendarat, ingat kembali dengan suhu permukaannya yah. Daripada penasaran dengan permukaannya, kurang lebih seperti inilah citra permukaan Venus yang diambil oleh pesawat ruang angkasa Magellan.

Permukaan Venus
Permukaan Venus | APOD NASA

Bintang Senja dan Bintang Fajar

Seperti planet Jupiter yang bisa disaksikan tanpa alat bantu, Venus juga dapat disaksikan langsung apalagi planet ini menempati urutan kedua sebagai objek tercerah di langit malam setelah Bulan. Di lokasi yang sangat gelap, cahaya Venus bahkan bisa menciptakan bayangan. Magnitudo atau tingkat kecerahan Venus adalah -4,6. Magnitudo adalah ukuran atau skala kecerahan, semakin kecil nilainya semakin terang, bandingkan magnitudo Venus tadi dengan Bulan saat purnama yang memiliki magnitudo -12,6 atau Matahari -26,8).

Untuk melihat planet Venus sangat mudah, saat ini "Bintang Kejora" tersebut sudah menghiasi langit sebelah barat saat Matahari mulai terbenam. Venus akan tetap terlihat di ufuk barat hingga 2 jam setelah matahari terbenam dan seiring pergantian hari, Venus akan semakin menjauh dari Matahari. Sudut terjauh yang dibentuk antara Matahari, Bumi (pengamat) dan Venus atau biasa juga disebut sebagai Elongasi Matahari-Venus akan terjadi pada tanggal 6 Juni nanti, saat itu sudut yang dibentuk adalah 45.4 derajat dan Venus akan terbenam 3 jam setelah Matahari, inilah titik tertinggi Venus di langit malam sebelum bergerak kembali mendekati Matahari --Merkurius dan Venus memang tak bisa terlalu jauh dari Matahari. Venus dan Matahari akan terbenam bersama pada tanggal 13 Agustus nanti. Alasan mengapa Venus disebut sebagai "Bintang Senja" soalnya ia terlihat cemerlang di langit sebelah barat saat senja.

Setelah terbenam bersama Matahari, Venus akan mulai terlihat bersinar di langit timur sesaat sebelum Matahari terbit. Prosesnya hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja kali ini Venus terbit lebih dahulu sebelum Matahari. Posisi tertinggi Venus di langit timur sebelum Matahari terbit terjadi pada tanggal 26 Oktober. Tapi sayangnya bagi mereka yang suka bangun kesiangan tidak akan melihatnya :D Orang-orang dahulu sering melihat Venus bersinar sangat terang sesaat sebelum fajar datang, inilah mengapa Venus disebut juga sebagai "Bintang Fajar".

Salah satu keunikan dari planet Venus (dan juga planet Uranus) adalah arah rotasinya yang berlawanan arah jadi jika sobat astro berada disana, kalian akan melihat Matahari terbit dari barat dan terbenam di timur.

Demikian sedikit informasi tentang Venus, planet tetangga kita. Jika pembaca punya waktu luang dan kondisi cuaca yang bersahabat, tak ada salahnya menengok sang bintang senja, entah menunggu matahari terbenam atau sekedar menatapnya sehabis shalat magrib. Mungkin saja akan ada keindahan tersendiri yang muncul dihati. Setelah melihatnya, bagaimana tanggapan kalian "Apakah Venus memang terlihat indah?"

Referensi:
Venus - Wikipedia

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

45 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Wah kirain masih kalah panas sama Merkurius..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mba, Venus masih lebih panas soalnya disana terjadi pemanasan global. Bahkan bisa aja suatu saat nanti Bumi lebih panas dibanding Venus :)

      Delete
  2. ngeri juga ya sob.. berarti yg terdingin itu Pluto donk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan loh, yang terdingin itu Uranus :D
      Pluto juga sudah diturunkan statusnya jadi tidak dianggap planet lagi seperti ke 8 planet lainnya

      Delete
  3. saya seneng banget dengan ilmu astronomi, sampai2 dulu waktu SMA ngafalin konfigurasi bintang yang ada di langit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga senang sharing kalau tulisannya bikin orang senang. Semoga betah mampir kesini mba :)

      Delete
  4. Replies
    1. Tungguin aja mba kalau Matahari sudah terbenam, ada kok. Venus keliatan terang :)

      Delete
  5. Saya juga masih sering liat bintang venus pas lagi jalan-jalan pagi. Sekitar jam 5-6 pasti bintang ini pasti nongol dan paling bersinar di langit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang mba jalan-jalan pagi, Venusnya lagi gak nongol. Lagi tugas dulu di barat :)

      Delete
  6. Venus sering dianalogikan sebagai wanita.. Kalok Venus panas, berarti wanita pemarah? Huahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Beby mau dianalogikan sebagai planet apa? Venus juga? :D

      Delete
  7. Dibali keindahan planet Venus, ternyata planet ini sangat Panas toh mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, jadi hati-hati loh. Kadang yang indah itu berbahaya :D

      Delete
  8. paling panas apakah paling terang sinarnya..? eh planet itu bersinar kenapa ya.. trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Planet Venus itu bersinar karena pantulan cahaya Matahari mba, sama kayak bulan. Apalagi posisi Venus sangat dekat dari Bumi ditambah dengan awannya yang bersifat memantulkan cahaya jadi terlihat terang. Tapi beberapa planet gas seperti Jupiter itu keliatan bercahaya karena komposisinya gas :)

      Delete
  9. berarti kita beruntung yah tinggal di bumi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat beruntung mba, makanya kita perlu menjaga Bumi kita ini, jangan biarkan rusak juga :)

      Delete
  10. Replies
    1. Ia panas Mas, biarpun bawa AC kesana tetap gak ngaruh :D

      Delete
  11. terimakasih selama ini pengetahuan saya mars yang paling panas ternyata venus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas, ngomong-ngomong di Mars justru lebih dingin loh Mas. Suhu paling dingin di Mars itu −87 °C sedangkan suhunya yang "paling panas" itu −5 °C :)

      Delete
  12. waduh ga kebayang kalo ada disana #ehh.

    mknya qt jaga bumi ini ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya Mba harus jaga yah Buminya :)

      Delete
  13. ngeri liatnya, bersyukur kita ditaruh bumi yang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Mas, harus bersyukur dan dijaga baik-baik Buminya :)

      Delete
  14. ngeri juga ya gan planet venus, suhu udara nya sangat tinggi, sehingga tidak layak untuk hidup manusia disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat tidak layak Mas, belum sempat mendarat udah mati kepanasan Mas :)

      Delete
  15. Kirain mars paling panas ya....serius bisa lihat ya?? Kirain kalo tempatnya jauhhh gitu g bisa...nyobain ah merhatiin pagi2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Mars itu dingin loh Mba, tidak panas. Sekarang tidak muncul di waktu pagi Mba, tapi muncul sore hari :)

      Delete
  16. Replies
    1. Bukan Mas, ibaratnya gini yah.
      Merkurius sama Venus lagi dekatan sama Api, posisi Venus dikit jauh tapi si Venus ini lagi pake jaket super tebal, jadi meskipun Merkurius lebih dekat tapi malah Venus yang sangat kepanasan :D

      Delete
  17. Pengen dianalogiin kayak Matahari.. Lebih panas.. Huahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah udah, Beby itu kayak Matahari yang super duper panas :D

      Delete
  18. gimana panasnya ya kalo di bayangin, allhamdulilah masih bersyukur tinggal di bumi apa lagi di Indonesia yang memiliki musim tropis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panasnya itu kira-kira masih lebih panas jika Mba tinggal dalam oven raksasa yang dinyalakan di atas kompor :)

      Delete
  19. kayaknya disana gak ada penghini yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak ada Mba, kecuali kalau penghuninya itu anti panas :D

      Delete
  20. Jadi keinget dulu pernah sekali liat Bintang Fajar sewaktu SD. Bela-belain bangun sebelum subuh biar gak kehilangan momen . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang Mba bisa liat Bintang Fajarnya di sore hari dengan nama Bintang Senja :)

      Delete
  21. konon katanya, venus itu asal muasal nama vanisa. hehehe yang jadi planet menarik buat isha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vanisa = Venus memang agak-agak mirip Mba. Orangnya juga menarik seperti Venus (asal jangan panas kayak Venus juga yah) :D

      Delete
  22. saya kira paling panas markurius. sekalinya beda tips 2 derajat lebih panas venus.....
    pengetahuan yg bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang beda tipis Mas tapi memiliki dampak yang luar biasa. Bumi juga gitu kalau tiba-tiba suhunya naik 2 derajat aja, banyak ekosistem yang berubah :)

      Delete
  23. 2 derajat itu sesuatu banget ya. hehehehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+