07 January 2015

2015: Tulisan pembuka

Posted by Fadly Indrawijaya , 10 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Tahun 2014 telah berlalu, ada begitu banyak kisah yang terjadi di tahun tersebut namun tak semuanya dapat saya tuliskan. Kemarin sih niatnya mau menuliskannya dalam bentuk kumpulan kisah di penghujung tahun, judulnya sudah ada "2014: Sebuah catatan setahun" tapi lagi-lagi saya tidak menyelesaikan postingan tersebut tapi malah sibuk online kesana kemari mencari informasi –padahal niat sebelumnya mau online untuk mengumpulkan kegiatan-kegiatan penting saya selama tahun 2014 yang sempat terposting di jejaring sosial dan blog.

Rasanya sulit memulai postingan tahun 2015 ini tanpa mengenang kembali kisah-kisah 2014 yang lalu, bagaimanapun masa lalu itu tetap terkait dengan masa sekarang apalagi kemarin sudah ada sedikit draft postingan tentang "2014: Sebuah catatan setahun" sehingga akan mubazir jika menghapusnya begitu saja

Tahun 2014 dibuka dengan undangan dari Philips di akhir Januari yang membuka cabang Philips Home Lighting di Makassar. Dalam acara tersebut, beberapa media diundang termasuk blogger(saya salah satunya). Dalam acara tesebut saya mendapat banyak informasi terkait tips memilih lampu yang tepat. Ternyata tidak boleh asal memilih lampu tapi sesuaikan dengan kebutuhannya –salah satunya dengan mempertimbangkan ukuran ruangan. Teknologi lampu LED yang ditawarkan oleh Philips juga menjadi salah satu materi utama dalam acara tersebut, lampu LED dipercaya lebih hemat 85% dari lampu biasa.

Februari, Maret dan April, seingat saya tak ada agenda diluar tapi bukan berarti tidak sibuk. Saat itu saya berprofesi sebagai salah seorang moderator di salah satu game terkenal di Indonesia. Pekerjaannya sederhana, duduk di depan monitor, bermain game dan melaporkan perkembangan game tersebut, mendengar keluhan dan saran dari pemain dan kadang harus mengirim rapor merah pada pemain yang kedapatan mengganggu jalannya game (baca: SARA). Saya dapat gaji juga tentunya :D Namun disini produktivitas blogging saya menurun karena lebih banyak main gamenya dibanding browsing informasi.

Di bulan Mei. Dalam rangka memperingati hari pendidikan, saya mendapatkan undangan dari mahasiswa P2K (Pemantapan Profesi Keguruan) Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai pemateri dalam rangka sosialisasi pemanfaatan blog sebagai media pendidikan. Sesuai temanya, saya datang kesana sebagai seorang blogger dan tentu ada rasa bangga tersendiri untuk saya. Itu kali pertama saya membawakan materi dihadapan orang banyak, ada banyak kesalahan dan kekakuan apalagi pesertanya adalah guru-guru tapi saya percaya bahwa itu adalah sebuah proses, ia kan? Kisah trsebut saya tulis dalam postingan "Mencoba setiap kesempatan". Tak ketinggalan juga memori tentang Pesta Komunitas Makassar (PKM 2014) yang berlangsung di Monumen Mandala menjadi salah satu hal yang luar biasa bagi saya. Ada begitu banyak informasi yang saya temukan dan juga hasil kreativitas yang luar biasa. Oh ia, sebelumnya saya berpikir bahwa ular itu memiliki kulit yang licin yang kemungkinan berlendir sehingga ia mampu merayap kesana kemarin tapi ternyata anggapan itu salah setelah saya memberanikan diri sendiri untuk berpose bersama ular, ternyata kulit ular itu halus dan kering. Saat ular tersebut dililitkan dibadan, saya serasa memegang tas kulit) :)

Bulan Juni saya awali dengan mengikuti salah satu sesi diskusi bertema Telling Story di Makassar International Write Festival (MIWF2014) yang diadakan di Benteng Rotterdam. Bulan ini merupakan salah satu yang tak terlupakan juga di tahun 2014, selain karena saya terlahir pada bulan Juni, pada bulan tersebut Komunitas Astronom Amatir Makassar (AAM) dibentuk. Sudah sejak lama saya menyukai astronomi dan menjadi bagian dari sebuah klub astronomi adalah sebuah hal yang luar biasa bagi saya. Membentuk sebuah komunitas astronomi di Makassar merupakan salah satu (dari sekian banyak) impian terbesar yang saya miliki dan itu akhirnya terwujud. Masih bulan yang sama, Astronom Amatir Makassar diundang juga dalam pengamatan hilal Ramadhan 1436H. (baca: Sepotong kisah pengamatan hilal)

Inilah salah satu foto purnama yang sempat diabadikan menggunakan kamera handphone saya (Sony Ericsson C510
Di bulan Juli karena bertepatan dengan bulan Ramadham maka salah satu agendanya adalah buka puasa bersama. Undangan buka puasa pertama datang dari Bosowa. Tak hanya sekedar buka puasa tapi diawali dengan materi terkait costume ROM android dan juga sejarah internet di Indonesia. Ini kali kedua saya mendapat undangan kesana, tahun sebelumnya dalam acara yang sama, saya juga mendapat undangan dari komunitas blogger Anging Mammiri. Buka puasa berikutnya adalah buka puasa yang dirangkaikan dengan pengamatan purnama, ini pengamatan pertama yang dilakukan oleh Astronom Amatir Makassar. Ada rasa kekeluargaan disana meskipun kami baru kenal tak lebih sebulan.

Bulan Agustus, September dan Oktober berturut-turut saya isi dengan pengamatan lagi bersama Astronom Amatir Makassar di pantai Losari. Di bulan Agustus terjadi sebuah fenomena dimana bulan berada pada fase purnama dan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi atau dalam dunia astronomi disebut Full moon perigee, pada saat tersebut bulan akan terlihat (sedikit) lebih besar dan lebih terang dari biasanya (baca: Lebih dekat dari purnama). Moment ini kami manfaatkan dengan mengadakan pengamatan di tempat umum dan dipilihlah pantai Losari, salah satu ikon Kota Makassar. Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari para pengunjung Losari waktu itu. Bulan September memanfaatkan salah satu event internasional, InOMN (International Observe Moon Night) kami kembali mengadakan pengamatan di ruang publik. InOMN sendiri adalah sebuah gerakan internasional dimana seluruh penggiat astronomi melakukan pengamatan bulan secara bersama-sama (pada tanggal yang telah ditetapkan) dan pengamatan ini diadakan di tempat umum dengan tujuannya mengenalkan lebih dekat satu-satunya satelit alami bumi pada masyarakat. Dan terakhir adalah gerhana bulan yang terjadi pada tanggal 8 Oktober 2014 tak luput dari pengamatan kami di ruang publik. Bulan berikutnya, hujan mulai menetes di langit Makassar sehingga pengamatan tidak dilakukan lagi.

November, Dalam acara Tudang Sipulung, kopdar dan sharing bulanan yang diadakan oleh Komunitas Blogger Anging Mammiri saya "dipaksa" menjadi salah satu pembicara mewakili Komunitas Blogger Unismuh (Koloni). Dalam acara tersebut juga sebagai pemateri adalah kak Made mewakili Anging Mammiri, kak Firman mewakili Blogger Difabel, kak Mugniar mewakili Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan kak Manji mewakili Blogger Gizi. Postingannya saya tulis disini: Tersentak di zona nyaman

Desember, Di bulan ini saya harus sedikit mengeluh karena operator Flexi yang selama ini menjadi andalan saya dalam berselancar menggunakan paket internet unlimited memutuskan berpindah haluan dari sebelumnya CDMA menjadi GSM, ia akan bergabung dengan Telkomsel dalam wujud Kartu As Flexi atau Kartu Halo Flexi (bergantung pilih Prabayar atau Pascabayar) padahal 3 tahun belakangan ini saya setia bersama Flexi sebagai penghubung saya dan dunia maya karena tarifnya yang terjangkau (cukup dengan kantong mahasiswa saya pada waktu itu). Sekarang saya harus dilema memilih paket volume data yang berbanding lurus dengan kuota yang dimilikinya atau paket unlimited yang katanya unlimited tapi memiliki batas kuota dimana kecepatan akan menurun drastis jika batas kuota terlewati, sebuah kondisi yang tak pernah saya dapatkan bersama Flexi dulu. Sebagai konpensasi, Fflexi memberikan pilihan yaitu bonus pulsa selama setahun (syarat dan ketentuan berlaku) atau voucher pembelian handphone dengan nominal yang ditentukan berdasarkan pemakaian pulsa selama 3 bulan terakhir.

Masih banyak hal lain yang saya alami di 2014 seperti: Hadiah pertama saya memenangkan giveaway selama ngeblog (baca: Hadiah giveaway), merakit teleskop sendiri, menggunakan busway pertama kalinya, pembelian online pertama kali, menyaksikan hujan meteor, belajar desain 3D dan belajar teknik memotret kembang api menggunakan ponsel (seperti hasil uji coba saya di gambar kembang api diatas) .

Sepertinya postingan ini sudah terlalu panjang untuk sekedar kilas balik, semoga tahun sebelumnya dapat menjadi pelajaran berharga sehingga tahun ini dapat lebih baik lagi :)

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

10 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. wah Fadly ternyata punya kesibukan yg tidak umum hehehe saya kagum dan pas ada kesempatan, saya cb main kesini. ternyata dunia profesi itu sgt luas ya. Jadi sbnrnya pekerjaanmu itu apa sih? yuk bahas di postingan selanjutnya (#ditunggu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pekerjaan yah? Berhubung ada banyak yang tanya, insyaallah postingan selanjutnya saya tulis :)

      Delete
  2. Wah ceritakan donk pengalamannya menjadi OPERATOR sebuah situs Game terkenal di Indonesia. Sepertinya itu cukup menarik. Ditunggu bagian yang itu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kang Asep, next post insyaallah saya rangkum semua :)

      Delete
  3. next postingan jangan lupa di ceritakan pekerjaannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap laksanakan mbak. Nanti saya kabarkan kalau postingannya selesai :)

      Delete
  4. Gambar bulannya bagus.. Pakek lensa tambahan kah, Bang? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia beb, itu pake teleskop di depan kameranya :)

      Delete
  5. waha.......harus bisa menjadi yang terbaik lagi di tahun ini , dan sebagai awal ngeblog lagi buat saya hahaha.......setelah sekian lamanya vakum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, harus lebih semangat lagi ngeblognya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+