16 June 2014

Astronom Amatir Makassar

Posted by Fadly Indrawijaya , 24 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Galaksi Bimasakti
Impian tetap dikatakan impian ketika ia belum terwujud, bener gak? Pada beberapa postinganku sebelumnya (Impian seorang bocah dan Yuk mengenal astonomi) saya sempat menyebutkan salah satu impianku untuk menjadi seorang astronot meskipun kemungkinannya sangat kecil tapi rasanya tidak ada salahnya untuk terus berharap soalnya sebuah impian (entah ia terwujud atau tidak) akan tetap memberikan energi positif yang berupa semangat untuk terus berpacuh. Termasuk impianku ini, meskipun sampai saat ini saya benar-benar belum menjadi seorang astronot tapi semangat positifnya yang terus membuatku tertarik untuk belajar tentang astronomi.
Berbekal minatku yang begitu besar terhadap astronomi, saya akhirnya mencoba bersilaturahim dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Saya berpikir, jika saya dikeliling oleh mereka yang memiliki minat yang sama denganku maka aura astronot akan semakin terasa dikehidupanku.

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”
(HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Saya sangat takjub ketika tahu bahwa di Indonesia ada begitu banyak komunitas astronomi, salah satu yang terbesar dan tertua di Indonesia adalah Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), komunitas ini dibentuk pada tanggal 21 April 1984 (saat ini usianya genap 30 tahun). Meskipun saya bukan orang Jakarta tapi saya sudah lama tergabung di grup tersebut, ada begitu banyak ilmu tentang astronomi yang dapat memuaskan rasa ingin tahu saya sekaligus menambah kecintaan dan rasa penasaran saya pada astronomi. Saya akhirnya berpikir dengan Makassar, kota yang saat ini menjadi tempat tinggalku "Apakah di Makassar ada komunitas Astronomi?". Saya pun mencoba browsing dan menemukan sebuah komunitas astronomi bernama SCASTRON (Seventeen Club of Amateur Astronomy). Klub ini dipelopori oleh siswa siswi Tim Olimpiade Astronomi SMAN 17 Makassar yang saat itu mengikuti Olimpiade tingkat provinsi. Namun saya harus menelan ludah ketika tahu keanggotaan klub tersebut hanya untuk siswa/siswi SMA Negeri 17 Makassar. Saya tidak kehabisan akal, berbekal pengalaman sebelumnya ketika membentuk Komunitas Blogger Unismuh (Koloni Makassar) + ilmu ketika tergabung di HAAJ + koneksi yang saya miliki dalam bidang astronomi maka saya memutuskan membentuk Komunitas Astronomi di Makassar (tentunya yang terbuka secara umum).

Saya mulai mengajak satu persatu temanku, grup facebook dan akun twitter menjadi media awalku untuk memulainya. Proses ini tentunya tidak berjalan semulus yang direncanakan. Berbagai pandagan miring tentunya menghadang seperti: "Susah bentuk komunitas seperti itu di Makassar soalnya alat-alatnya kurang", "Kurang kerjaan aja buat komunitas seperti itu" dan beberapa komentar lain bernada sama kerap kutemui tapi disinilah sifat egois dan keras kepalaku berfungsi maksimal, kuacuhkan komentar negatif tersebut apalagi diwaktu yang sama ada begitu banyak dukungan dari komunitas astronomi lain yang terus memotivasi. Seiring waktu, follower twitter dan jumlah anggota di grup bertambah sedikit demi sedikit.

" ... disinilah sifat egois dan keras kepalaku berfungsi maksimal, kuacuhkan komentar negatif tersebut ..."

Pertemuan Perdana 15 Juni 2014 (kemarin) yang bertempat di Gedung IPTEK UNHAS menjadi moment bersejarah untuk komunitas ini sekaligus untukku. Sesuatu yang awalnya hanya mimpi bagiku akhirnya bisa terwujud. Saya ingat dimasa pembentukan komunitas ini pernah menulis "Hal utama adalah bagaimana aku, kamu, dan mereka bersatu menjadi kita" dan ini benar-benar terwujud ketika kami akhirnya bersatu membentuk Astronom Amatir Makassar. Apa yang dulunya kami anggap impian telah bersatu menjadi sesuatu yang nyata.

Sebagai sebuah komunitas yang baru saja terbentuk, tentunya kami masih jauh dari kata sempurna, masih ada begitu banyak proses yang harus kami lalui, masih banyak tantangan yang harus kami hadapi, masih ada begitu banyak masalah yang akan menanti tapi kami yakin bahwa itu semua adalah proses yang akan mendewasakan kami, proses yang akan membuat jalinan silaturahim antara satu sama lain semakin akrab sehingga komunitas ini tak hanya sebagai komunitas tapi mampu menjadi sebuah keluarga, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

24 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. mantap gan infonya kunjungi balik www.jibonlog.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga untuk kunjungannya :)

      Delete
  2. Aku sama sekali buta tentang astronomi, Bang.. Heheh..

    Semoga komunitas baru ini bisa berkembang ya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang biasanya harus punya minat dulu mbak. Misalnya coba mbak mulai deh menyukai langit malam dengan bintang2nya, terus mulai pelajari tentang planet2nya... insyaallah kalau minatnya tumbuh, rasa tertarik di astronomi akan tumbuh juga...

      Makasih doanya :)

      Delete
  3. Harus punay peralatan apa aja ya buat jadi astronom amatir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus dengan alat kok mas soalnya manusia sudah dibekali optik yang paling canggih yaitu mata. Lagian secara teori, astronom amatir itu adalah mereka yang mendalami astronomi berdasarkan minat dan hobi mas :)

      Delete
  4. Replies
    1. Coba aja dipahami sedikit demi sedikit mbak, entar akan ngerti kok :)

      Delete
  5. saya selalu tertarik sama hal-hal seputar astronomi, meskipun selalu menyisakan kebingungan tapi seru aja bacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingungnya dimana mbak? kalau besok-besok bingung lagi, yuk sharing2 disini :)

      Delete
  6. Keren Fadly, yang penting bermanfaat, cueki saja komentar orang2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak, untung saya punya bakat egois dan keras kepala sejak kecil jadi bisa saya manfaatkan sekarang :)

      Delete
  7. semoga komunitas astronom makassar bisa berkembang dan mencapai kesuksesan ya....
    blog astronom-nya diisi dong...jangan dibiarkan kosong...
    keep happy blogging always...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih doanya mas.
      Blog komunitasnya yah mas? itu masih tahap desain mas, kemarin cuma amankan subdomain dulu :)

      Delete
  8. Subhanallah! mas fadly! hebat banget,

    terharu IShmah :')

    salam ya buat anggota Astronom Amatir Makasar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak terlalu muji.. saya cuma berusaha aja mbak sesuai dengan kemampuanku. Lagian ini untuk ilmu pengetahuan yang tentunya dapat bermanfaat untuk orang banyak :)

      Delete
  9. Replies
    1. Makasih de... sering-sering hadir yah di kegiatannya Astronom Amatir Makassar :)

      Delete
  10. sama-sama kak, inshaAllah hadirrrrrrrrrrrr soalnya masih perlu belajar banyak lagi dengan kakak dan semuanya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 belajar kok. semoga komunitas ini semakin baik lagi kedepannya :)

      Delete
  11. Sukses selalu.. Ikutan kumpul komunitas 31 Agustus besok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpulnya dimana? dalam kegiatan apa?

      Delete
  12. Saya tertarik, bagaimana saya bisa ketemu dengan astronomi amatir makassar yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan langsung bergabung di grup facebook Astronom Amatir Makassar. Informasi tentang kegiatan akan dishare disitu

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+