30 March 2012

Menulis sebuah impian

Posted by Fadly Indrawijaya , 57 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Meraih impian
Dinginnya pagi masih terasa di kulitku saat tangan ini menari dengan indah dengan sebuah pena di atas kertas putih bergaris. Alunan kicau suara burung yang menyambut pagi juga tak kalah dengan kokok ayam jantan di pagi ini. Sesaat kutatap jendela kulihat beberapa anak sekolah, mereka adalah generasi muda pejuang bangsa yang akan menjadi ujung tombak bangsa ini kedepannya. Aku berpikir sejenak, “hari ini aku menulis apa yah?” tanyaku dalam hati sambil menggaruk dagu. “Aku menulis tentang impian aja deh” jawabku kemudian.

Impian atau mimpi itu apa sih?

Mimpi atau impian sebenarnya dua kata yang berbeda namun memiliki persamaan makna jika merujuk pada sebuah hal yang belum tercapai (mimpi) tapi ingin dicapai (impian), setidaknya begitu menurutku.

Apakah setiap orang memiliki impian?

Ya, begitulah menurutku. Setiap orang setidaknya memiliki sebuah impian bahkan ada yang memiliki belasan, puluhan, bahkan ratusan mimpi. Mimpi atau impian itu adalah hak untuk setiap manusia jadi tak ada yang mampu memaksakan atau membatasi seseorang untuk bermimpi.

Aku termasuk salah seorang yang memiliki banyak impian. Salah satu dari mimpi terbesarku adalah ingin menjadi seorang penulis yang hingga saat ini masih terus kukejar. Dan jika kalian bertanya padaku tentang mengapa aku ingin menjadi seorang penulis,? Aku juga tak bisa memberikan jawaban pastinya, aku hanya tahu bahwa terkadang perasaan terdalam mampu dirangkai oleh pikiran melalui sebuah tulisan.

Mengapa kita harus memiliki impian?

Jika kalian bertanya hal ini padaku, kalian sama saja jika bertanya “Mengapa engkau harus bermimpi menjadi seorang penulis? Mengapa tidak langsung saja menjadi seorang penulis?”

Kawan, hidup itu terkadang tidak semudah dan sesulit yang kita bayangkan selama ini, ada sebuah proses antara kita dan dunia ini yang akan menjadi penentu apakah hidup ini mudah atau sulit. Tak ada impian yang bisa diraih begitu saja tanpa sebuah pengorbanan. Mengapa kita harus bermimpi dulu? Karena dengan bermimpi kita menjalani sebuah proses, menyulam mimpi, merasakan dorongan semangat yang seakan berbisik “Ayo kejar terus... jangan menyerah... ayo bangkit”. Proses bermimpi inilah yang akan membuat tekad kita sekeras baja yang tak akan hancur hanya karena benturan kegagalan.

“Jika kamu punya mimpi-mimpi, cita-cita, keyakinan, atau apapun yang kamu kejar maka taruhlah disini (kening) jangan menempel. Biarkan dia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening jadi dia tak akan pernah lepas dari matamu, dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, dan percayalah bahwa kamu bisa. Apapun hambatannya, maka bilanglah pada dirimu sendiri bahwa kamu percaya pada keinginan itu dan tak akan menyerah. Bahkan kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri, biarkan keyakinan kamu 5 centimeter mengambang di depan kamu dan sehabis itu yang kamu perlukan hanya kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, leher yang akan sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa”

Jadi jawabannya bisa ditangkap kan? Intinya, mimpi itu mampu membuat manusia lebih bersemangat, lebih tegar dalam menghadapi setiap rintangan yang memisahkan ia dari impiannya, kalau bahasa kasarnya sih “Impian itu mampu membuat seseorang menjadi tahan banting atas setiap hal yang membatasi langkahnya.

Demikian tulisan sederhanaku berjudul "Menulis sebuah impian" semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca yang saat ini mencari apa arti sebuah impian

Ini impianku, apa impianmu?

Sumber gambar: 
Sukses: http://phoenix41.blogspot.com

.: Tulisanku tentang menulis lainnya :.


foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

57 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. jadi inget sama kayak bucket list.. udah pernah nonton filmnya?.. kisah seseorang yang hampir mati, tapi punya banyak keinginan gila.. dan satu persatu akhirnya semuanya tercapai.. berawal dari sebuah keinginan.

    dream it, live it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotonya lucu ya..

      kalo diliatin bikin orang lain jadi tambah semangat!!!

      Delete
    2. Aku belum pernah liat tuh sobat filmnya.. atau aku pernah liat tapi gak tau judulnya...
      Menurutku gak apa2 saat kita memiliki impian yang gila, terkadang sebuah hal luar biasa itu muncul dari ide-ide yang gila

      Delete
    3. @Fauzi.. komentarnya baru muncul nih... kok komentarnya masuk di kotak spam yah?

      Delete
  2. setuju gan, klo ga punya mimpi terasa ga punya tujuan. hampa, dengan mimpi kita menjadi bersemangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Impian itu adalah motivasi untuk kita dan seperti kata kawan blogger bahwa tanpa impian, kita akan sulit menentukan tujuan

      Delete
  3. setau ane mimpi itu membuat kita memiliki tujuan hidup, membuat menjadi kita ingin bergerak terlepas tercapai atau tidaknya mimpi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kawan, mimpi itu membuat kita terus melangkah meskipun tak tahu apakah mampu meraihnya

      Delete
    2. mimpi adalah ruhnya kehidupan, klo ga punya mimpi, ga punya ruh artinya ga hidup.

      Delete
    3. Tapi tetap aja tujuan hidup manusia itu harus ada sobat...

      Delete
  4. mengenjar impian, setidaknya itu salah satu alasan mengapa kita bernapas, akurrr sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau impiannya sama dengan orang lain, bisa lebih akur nih :)

      Delete
  5. mempunyai impian adalah suatu hal yang harus buat penyemangat hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara tak sadar, impian itu akan terus membuat seseorang terus berusaha tanpa menyerah...

      Delete
  6. impian memberikan kita energi dan motivasi utk melewati semua halangan yg menghadang..dream will come true if we pursue them

    ReplyDelete
    Replies
    1. Impian itu membuat kita sadar bahwa ada kekuatan hebat dalam diri kita saat kita memiliki sebuah impian... bahkan impian bisa membuat orang yang sebelumnya malas menjadi disiplin

      Delete
  7. Makasih, telah berbagi Kang, Motifasi yang baik buat kami. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2... informasi itu baru bermanfaat kalau dibagiin... kalau tidak dibagiin, tidak akan ada manfaatnya

      Delete
  8. aku juga punya impian,
    fufufu..smg bakal tcapai nantiny
    aamiin
    btw, backgroundny bs gak dbuat gak transparan, soalny bikin pusing waktu baca tulisanny
    =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. mksih yah doanya...
      Mksih juga atas sarannya tentang templateku.. transparanya dah diganti jadi latar putih :)

      Delete
  9. Everyone has dream but not all of them are achieved. I hope mine would come true.

    Thanks for visiting my blog. Have a nice day.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for visiting my blog.
      I've put a translation tool if you do not understand my language

      Delete
  10. kalo judul postingan ini menulis sebuah impian
    maka impian chika adalah terus menulis^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus seperti itu de'.. jangan pernah berhenti menulis jika itu memang impianmu.. terus menulis...dan menulis

      Delete
  11. waahh wktu itu pengen baca buku 5cm punya tmn tp gk jadi hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok tidak jadi? aku malah mencari buku itu tapi sekarang udah tidak dijual lagi di gramedia :'(

      Delete
  12. terima kasih sudah berbagi.. impian memang perlu untuk lebih berkreasi dan tujuan dalam hidup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udah berkunjung.... impiannya apa nih?

      Delete
  13. Semoga impiannya tercapai ya... :) terus usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih untuk semangatnya... sobat juga harus terus berusaha yah mengejar impiannya

      Delete
  14. .keren sob ..
    .kejar lah cita"mu setinggi" nya .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setinggi apapun cita-cita itu, yakinlah bahwa tekad lebih tinggi dari itu... ia kan?

      Delete
  15. Mimpi adalah kunci untuk menggemgam dunia, maka bermimiplah, beda lho mimpi dengan mengkhayal, kalo bermimpi, kita harus mencapainya, sedangkan mengkhayal, hanya lewat semata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghayal itu sebenarnya bagian dari mimpi... saat manusia menghayal, ia sedang merangkai mimpi itu dengan susunan yang tepat..

      Delete
  16. i like it.
    z lngsung ingat prkataan Andrea Hirata dlm bukux yg mngatakan "bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pujiannya.. kok tidak masukkan nama biar bisa saling silaturahmi...

      Delete
  17. setelah dituliskan, mari kita kejar impian itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan menuliskan impian, maka ia akan lebih terencana... berbeda jika hanya disimpan dalam pikiran...

      Delete
  18. Replies
    1. Komentar yang mana kawan? karena ada beberapa komentar yang di masukin blogger ke kotak spam tapi tadi udah aku cek tapi tidak ada kok...

      Delete
  19. tanpa impian dan cita cita hidup kita hampa sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu, ibarat berjalan tanpa tujuan kan? :)

      Delete
  20. jangan sungkan untuk bermimpi. karena mimpi adalah awal sebuah tujuan yang ingin di capai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu... kalau sudah ada mimpi, sudah ada tujuan. Ada tujuan berarti ada target :)

      Delete
  21. semua kesuksesan meamng berawal dari mimpi, tinggal bagaimana kita untuk menggapai mimpi itu :D

    Jasa SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... ngomong-ngomong, lain kali tidak usah pake link hidup yah buat komentarnya :)

      Delete
  22. mimpi itu indah,apabila dijadikan spirit agar menjadi nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, mimpi itu adalah bahan bakar semangat biar bisa melaju :)

      Delete
  23. bagus kata katanya, motivasi nih buat kita semua, btw boleh copas ke blog saya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok mas, tapi etikanya tetap dengan cantumkan link sumber :)

      Delete
  24. Ka aku ijin copas yang teks warna ungu nya ya, dan terimakasih blog kaka benar-benar menarik..
    Jangan lupa mampir ya ke blog aku di 👉 http://orangqyuutpastimampirdiblogahmadkahfi.blogspot.co.id/2016/01/blog-post.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia silahkan. Kutipan itu juga ambilnya di novel 5CM kok :)

      Delete
  25. Memang benar...

    Dulu saya sangat takut memiliki impian. Tapi semenjak belajar meyakini bahwa impian kita pelan-pelan terwujud, akhirnya kini saya berhati-hati dengan impian...

    ...sebab entah bagaimana caranya Allah bisa mewujudkannya dengan berbagai cara.

    Mimpilah yang indah.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+