26 February 2011

Review novel 5 cm

Posted by Fadly Indrawijaya , 11 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Novel 5 cm
 
Hari ini lagi ada tugas review buku di kampus, setelah berpikir sejenak akhirnya dapat ide untuk posting juga hasil reviewnya agar para pengunjung rumah persahabatan punya resensi kalau suatu saat butuh buku yang menarik.

Untuk review pertama aku memposting novel favoritku. Sebuah novel karya Donny Dhirgantoro yang judulnya "5 cm". sekilas terlihat kalau bukunya sangat sederhana dengan sampul berwarna hitam polos dengan sebuah tulisan “5 cm” di tengahnya yang sangat menonjol dari tulisan lainnya.

Tapi sesuatu tak bisa di tentukan hanya dari tampilannya karena setelah aku mulai membaca lembar demi lembar maka tak sadar ungkapan perasaanku muncul (“ck...ck...ck... hebat” gumanku dalam hati). untuk memberi sedikit gambaran, berikut sinopsisnya...

5 cm menceritakan tentang persahabatan 5 orang anak manusia yaitu Zafran, Riani, Arial, Genta, dan Ian. Mereka memiliki mimpi masing-masing namun meskipun berbeda mereka mampu membuktikan bahwa perbedaan itu mampu menyatukan mereka.

Setelah 7 tahun bersama, sebuah perasaan jenuh muncul dalam benak mereka masing-masing dan muncullah sebuah ide untuk mengusir rasa jenuh itu. Meskipun sebelumnya Riani merasa berat melakukannya, akhirnya mereka sepakat untuk tidak berkomunikasi dan bertemu selama 3 bulan.

Selama 3 bulan tanpa komunikasi membuat mereka mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga 1 sama lainnya. Ian yag berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan perjuangan kerasnya, Arial yang akhirnya berhasil mengungkapkan perasaannya pada Indy, Riani yang berhasil memegang liputan meskipun ia baru saja magang, Genta yang berhasil menyelesaikan pameran komputernya dan Zafran akhirnya bisa berusaha mengungkap perasaannya pada adik Arial.

Bukan karena perpisahan yang membuat mereka semakin kuat tapi perpisahan itulah yang membuat mereka belajar untuk mandiri. Dengan impian dan rasa rindu pada sahabat-sahabatnya, akhirnya mereka kuat menghadapi masalah-masalah berat tersebut” (f4dLy, 2011)

Puncak dari perpisahan tersebut, akhirnya mereka berkumpul untuk bersama-sama melakukan perjalanan panjang bersama yaitu mendaki gunung tertinggi pulau jawa, Mahameru. Di perjalanan ini mereka melawan misteri dan hampir berhadapan dengan maut namun semua akhirnya terkuak dan terbuktilah kekuatan persahabatan mereka.

Menurutku, buku ini sangat baik sebagai hadiah untuk sahabat. Buku ini juga memberikan banyak cara pandang serta kutipan-kutipan dari orang-orang terkenal semisal Socrates dan Plato. Kutipan yang paling aku senangi adalah

“Jika kamu punya mimpi-mimpi, cita-cita, keyakinan, atau apapun yang kamu kejar maka taruhlah disini (kening) jangan menempel. Biarkan dia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening jadi dia tak akan pernah lepas dari matamu, dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, dan percayalah bahwa kamu bisa. Apapun hambatannya, maka bilanglah pada dirimu sendiri bahwa kamu percaya pada keinginan itu dan tak akan menyerah. Bahkan kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat apapun itu, segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri, biarkan keyakinan kamu 5 centimeter mengambang di depan kamu dan sehabis itu yang kamu perlukan hanya kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan  yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, leher yang akan sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa”

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

11 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Assalamualaikum sob...

    jiaah,, 5cm juga novel favorite ku, awalnya aku beli karena tertarik dengan covernya yang hitam,,, kesannya misterius gituuu...

    dan, setelah aku baca, mantaf juga pa lagi banyak di kutip lyrik2 lagu,, mantaf... oh ya, cerita ekspedisi ke mahameru buat obsesiku yg pingin naik gunung terpupuslah sudah.. karena itu, dah 3 ali aku ulang baca buku ini..hehehe

    tokoh Zafran yg paling aku suka, ,walau ngeyel buangget,, hahahaha

    ReplyDelete
  2. f4dLy > ternyata ada yang tertarik dengan artikel ini

    > Nelva
    silahkan kunjungi toko buku terdekat

    > Merliza
    lanjutan ceritanya silahkan baca di bukunya soalnya tidak seru kalau aku yang ceritain

    > Nyayu Amibae
    ternyata ada penggemar 5 cm juga nih... semua tokoh memiliki keunikan dan ciri tersendiri...

    ReplyDelete
  3. aku k0k gk selese mulu baca n0vel it ya..,brasa datar crtanya., :)
    emang bnr, tiap org pny ksukaan msg2.,,

    tp q suka kata2 motivasi s0al cita2 it, bkn smgt!
    :D

    ReplyDelete
  4. btw kalo boleh saran pusing gw baca blog lo... tuisan sama latarnya ga matching.. agak burem tulisannya... mending latarnya putih cuuy


    oot:
    eh kamu suka nulis yah??? suka nulis cerpen ga??? nyumbang ccerita yah untuk proyek buku kumpulan cerita anak yang lagi saya rintis

    klik aja

    [url]http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/02/naskah-yang-telah-saya-terima.html[/url]

    dateline : 15 maret 2011
    :):):):):)

    ReplyDelete
  5. > Rezkaocta
    yang menilai buku itu kan pembacanya jadi kalau menurut kamu tulisannya datar, itu jadi referensi baru untukku...motivasinya memang buat semangat apalagi mengenai percaya pada impian

    > Noeel-Loebis
    mksih atas sarannya, aku sudah pernah coba yang warna putih tapihasilnya malah silau apalagi kalau latarnya terlalau terang, mata pembacanya jadi cepat lelah...
    kumpulan cerita anak yah?kayaknya menarik yah...ntar yah aku coba...

    ReplyDelete
  6. maksudnya coba?
    silahkan membaca bukunya...dan mnenikmati pengalamannya...

    ReplyDelete
  7. Itu yah maksudnya.... sempat mikir lain :)

    ReplyDelete
  8. harus bersyukur sobat, aku aja ingin kesana tapi belum kesampaian...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+