14 December 2012

Refleksi 4 Tahun Mahasiswa

Posted by Fadly Indrawijaya , 22 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

SarjanaKemeja putih, celana hitam, dasi dan jas melekat di tubuhku siang itu ketika aku dan beberapa mahasiswa fakultas ekonomi dipanggil ke sebuah ruang yang menjadi puncak evaluasi dari perjuanganku selama 4 tahun di kampus. Dekan dan beberapa dosen telah duduk menanti kami yang berbaris meskipun tidak teratur. Semuanya terlihat tegang menanti waktu itu.

Setelah beberapa saat protokol membuka acara, wakil dekan segera mengambil alih acara sambil menyebutkan hasil perolehan nilai ujian skripsi yang dilaksanakan sehari sebelumnya. “Alhamdulillah, semuanya lulus” ucapnya sesaat setelah menatap kertas yang ia pegang. Ia kemudian melanjutkan dengan membacakan nama mahasiswa satu persatu diikuti nilai ujian skripsi dan indeks prestasi kelulusan (IPK). Air mata membuat mata ini berkaca-kaca ketika namaku perlahan disebut meskipun ia tak sampai menetes dan meleleh membasahi pipi, ada rasa tersendiri yang menjalar disekujur tubuhku saat itu karena hari itu terakhir kalinya aku memakai status sebagai seorang mahasiswa.

Refleksi 4 tahun perjalananku sebagai seorang mahasiswa pun berputar dalam pikiranku mengingatkan semua perjalanan itu.. Saat ini, 2 huruf kapital melekat dibelakang namaku menggantikan statusku sebagai seorang mahasiswa, 2 huruf yang harus kucapai dengan begitu banyak perjuangan (Baca: Bangkit setelah Terjatuh). Tapi... ibarat sebuah jam, ia tak akan mampu berputar jika roda-roda kecil yang menjadi komponennya tidak berputar dengan baik demikian juga dengan apa yang saat ini aku dapatkan, aku tak akan bisa seperti ini tanpa “Mereka” yang menjadi “roda-roda kecil” pemutar langkahku. Lewat tulisan sederhana ini, aku ingin menulis besarnya rasa terima kasih itu, besarnya rasa yang membuat mataku masih berkaca-kaca ketika mengingat semua ini.
Tak ada keberhasilan tanpa kerja keras dan tak ada kerja keras tanpa kesabaran
Orang tuaku, Dua sosok yang begitu berpengaruh dalam perjalananku sebagai seorang mahasiswa, Dua sosok yang rela membanting tulang demi keberhasilan anaknya, Dua sosok yang membuatku meneteskan air mata tiap kali aku mengenang perjuangan mereka untukku. “Ma... Pa....apa yang saat ini aku raih tidak ada apa-apanya jika dibanding dengan perjuangan kalian padaku”. Adik-adikku, 3 orang yang menjadi penyemangat dan sumber motivasiku, semoga apa yang saat ini aku raih dapat menjadi semangat kalian untuk terus belajar dan lebih baik dari apa yang saat ini aku capai. Bunda, Gadis yang kukenal pada tahun-tahun pertama perkuliahan adalah sosok yang begitu berpengaruh dalam perjuanganku di masa-masa kuliah hingga saat ini. Aku masih ingat saat-saat dimana aku malas kuliah atau mengerjakan skripsiku dia akan menjadi orang pertama yang marah padaku dengan ekspresi cueknya. Teman-temanku, aku tidak bisa menyebutkannya satu persatu tapi kalianlah yang membuat hari-hariku dikampus begitu berwarna dengan canda, tawa dan keunikan yang  kalian miliki. Teman-teman blogger, facebook, google plus, twitter, dan berbagai layanan lainnya di dunia maya yang tak mungkin kusebutkan satu persatu, yang selalu memberikan masukan, saran dan komentarnya saat aku mengalami masalah. Keberhasilan ini adalah keberhasilan kalian juga.

Sebelum aku akhiri tulisan ini, aku punya sebuah pesan sederhana untuk para pembaca “Tak ada keberhasilan tanpa kerja keras dan tak ada kerja keras tanpa kesabaran” jadi jika kalian ingin berhasil maka kalian harus bekerja keras dan setelah bekerja keras jangan terburu-buru memvonis diri sendiri bahwa kalian gagal tapi bersabarlah dan kemudian perbaiki diri.

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

22 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. alhamdulillaah, selamat yah, udah beres kuliahnya, semoga berkah dan bermanfaat ilmunya.. sebaik-baik orang yg menuntut ilmu, adalah yg mengimplementasikannya, dan berguna bagi banyak orang :)

    ReplyDelete
  2. selamat ya tinggal melanjutkan setelah ini ya

    ReplyDelete
  3. @diniehz
    Amin... Makasih untuk doanya yah :)

    @Lidya
    Ini baru awal dari perjuangan hidup sesungguhnya :)

    ReplyDelete
  4. wow pasti ddlm ruangan itu rasanya campur aduk yaa... hihi..
    Pasti akhir tahun ini saya jg akan rasakan hal yg sama nih ddlm ruangan sprti itu... :D

    ReplyDelete
  5. keberhasilan itu adalah untaian dari beberapa kegagalan. jd jgn pernah putus asa saat satu kegagalan menghampiri kita. belajarlah dari kegagalan itu.

    SEMANGAT!! (^_^)b

    ReplyDelete
  6. dari tulisan ini saya paling terkesan dengan quote : Tak ada keberhasilan tanpa kerja keras dan tak ada kerja keras tanpa kesabaran

    sepertinya begitu sobat, sama seperti ungkapan "Man jadda wajada"

    ReplyDelete
  7. selamat ya sob!, smg kedepanx enteng jodoh dan enteng dpt kerja Aamiin.... *smile

    ReplyDelete
  8. wah wah mantap sekali pengalamannya gan..:)

    ReplyDelete
  9. Selamat aja deh sob? Hidup di kampus dan di masyarakat itu beda lho? Di masyarakat lebih kompleks dan penuh tantangan. Di sana, gelar sarjanamu diuji oleh penguji yang sesungguhnya. salam:)

    ReplyDelete
  10. Kita butuh perjuangan untuk mencapai keberhasilan dan tak ada sesuatu yang bisa didapat secara gratis

    ReplyDelete
  11. @aydacibubur2
    Udah mau selesai juga yah? selamat menanti saat-saat itu juga yah :)

    @Penghuni 60
    Betul sekali sobat, kegagalan itu justru sebuah pengalaman yang membuat orang semakin sukses :)

    @Muro'i El-Barezy
    Semoga kata-kata itu bisa menjadi sebuah motivasi yah :)

    @Rohis Facebook
    Amin... makasih untuk doanya. Enteng pembaca blog juga :D

    @Supercoolzz
    Tiap orang memiliki pengalaman sendiri sobat, aku yakin sobat juga punya pengalaman yang lebih menarik :)

    @Ibrahim Sukman
    Betul itu sobat, ini baru awal dari semuanya. Tantangan sebenarnya justru menanti di depan :)

    @Halaman Putih
    Ia sobat, semuanya butuh usaha... tak ada keberhasilan tanpa perjuangan :)

    ReplyDelete
  12. mari kita menapak kehidupan baru.. :)

    ReplyDelete
  13. Wah.. selamat yah.. sdh jadi sarjana nih..
    Sudah siap terjun kedunia kerja khan sob ?? Good luck yah, semoga sukses.. :)

    Btw, sdh aku cari di edit HTML, tp ga ada tuh situs blooging-style.com... harus cari dimana lg yah sob ?

    ReplyDelete
  14. @air.st
    Memulai perjuangan dunia sebenarnya... :)

    @Lina Marliana
    Insyaallah siap... :)
    Masalahnya bukan hanya di HTML sobat, bisa saja dia ada di widget/gadget.... :)

    ReplyDelete
  15. waah selamat yaa kawan,,semoga sukses selalu merangkul hari hari kita semua...Amin

    ReplyDelete
  16. jalan2 siang.., salam dr jl. Pettrani makassar *smile

    ReplyDelete
  17. selamat masbro... saya kuliah malah lebih dari 4 tahun :(

    ReplyDelete
  18. mantap bro. selamat udah lulus. success bro.

    ReplyDelete
  19. @Hayardin Blog
    Ia nih... akhirnya bisa nyusul juga :)

    @Rohis Facebook
    Jadi ternyata di Makassar juga yah? kalau gitu kapan-kapan kopdar yah :)

    @Tomi
    Harus segera diselesaiin yah bro biar bebannya berkurang :)

    @Pesta Ulang Tahun
    Sama-sama... gimana dengan agenda pesta ulang tahunnya? Kok sarannya tidak di respon yah? :)

    @Bayu Hidayat
    Sama-sama bro, lulus sih tapi tantangan berikutnya menanti nih :)

    @Obat Tradisional Asam Urat
    Sama-sama tapi Info apa nih :D

    ReplyDelete
  20. selamat ya.... bagus. untuk isvirasinya

    ReplyDelete
  21. bru liat postingan ini,,,,
    Twaa bgtu besar pengaruh orang2 terdekatnya.....
    salut buat bundanya yg begitu berpengaruh dri awal kuliah hingga saat ini...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+