Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Template Baru BiluPing

Logo BiluPing
Jika blog ibarat rumah maka template blog ibarat desain dari rumah tersebut. Sebuah rumah terkadang perlu direnovasi ketika pemiliknya memerlukan suasana yang baru, termasuk juga pada tampilan blogku ini. Meskipun sebelumnya aku telah berganti-ganti template tapi belum ada yang menurutku cocok. Setelah beberapa bulan mencoba belajar dengan intensif tentang template blogger (meskipun belajar sendiri), akhirnya hari ini aku bisa menyelesaikan desain yang sesuai dengan harapanku.

Apa yang baru pada template biluping?

Template ini telah di perbarui kembali. Informasi perbaikan template terbaru dapat dilihat pada postingan : Template terbaru BiluPing

Skema Warna
Sekilas ketika melihat tampilan blog ini, kalian akan menemukan 2 warna utama yaitu biru dan pink. Konsep warna ini tidak berbeda pada tempate sebelumnya meskipun beberapa orang mengatakan itu terlalu lembut namun jika kalian memperhatikan keterkaitan antara nama blogku (biluping, bilu = biru/blue dan ping = pink) dan konsep warna yang kugunakan, kalian akan mengerti bahwa aku mencoba membangun ciri khas menggunakan nama blog dan konsep warna yang terkait.


Daftar Isi
Pada template sebelumnya, aku telah menggunakan beberapa navigasi untuk memudahkan pembaca dalam menelusuri isi blogku. Navigasi yang kumaksud adalah Breadcrumb, Google CSE, dan Widget Label. Kali ini aku menambahkan navigasi berupa “Daftar isi” yang muncul tepat dibawah header.

Artikel Terkait
Setelah membaca sebuah tulisan, terkadang muncul sebuah rasa penasaran untuk menelusuri tulisan lainnya. “Widget Artikel Terkait” yang muncul dibawah setiap postingan akan memberikan saran terbaik untuk bacaan berikutnya.

Jaringan Sosial
Bagikan informasi menarik yang kalian dapatkan pada blog ini kepada teman-teman dalam jaringan sosialmu. “Widget Jaringan Sosial” yang muncul disebelah kiri setiap postingan akan melakukan tugas ini jadi tak ada lagi kata “sulit” untuk berbagi.

Komentar Terbaru
Topik apa yang baru saja dibicarakan orang lain? Temukan hal ini melalui “Komentar Terbaru”. Widget ini menampilkan 5 Komentar terbaru pada blog ini.

Add Circle Follow
Ingin tahu siapa dibalik blog ini? Kenapa tidak mencoba mengenalnya melalui jejaring sosial. “Add Circle Follow” yang muncul pada sidebar adalah link profil jejaring sosialnya.

Setelah mengetahui apa saja hal yang baru pada blog ini, waktunya kita mengenal sosok belakang layar   yang telah menjadi inspirasi melalui tulisan-tulisan hebat mereka. Namun sebelumnya aku ingin menjelaskan bahwa template ini aku bangun dengan basis template minima dari blogger. Template minima adalah salah satu template yang sebelumnya disediakan oleh blogger namun setelah meluncurkan template tata letak, kini template tersebut (minima) dikenal sebagai template klasik.

Berikut beberapa sosok yang hebat yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk dunia blogger, terutama dalam penyusunan templateku ini.

Mohammad Mustafa Ahmedzai, melalui blognya My Blogger Tricks atau kadang juga disebut MBT, aku mempelajari banyak hal tentang template, Jika kalian melihat bagian header blogku yang terbagi menjadi 2, tombol share yang berada di sebelah kiri postingan, tombol jejaring sosial pada bagian sidebar serta halaman hasil pencarian yang muncul tanpa sidebar maka ia adalah hasil pembelajaranku dari blog hebatnya tersebut

Abu Farhan, ia adalah seorang perancang widget dan juga template. Aku senang karena ternyata dia berasal dari Indonesia, sama sepertiku. Meskipun aku mendapatkan scriptnya dari MBT namun tampilan daftar isi yang mengagumkan pada blog ini adalah hasil kreatifitasnya.

Blogger Plugins, ia menyajikan info yang menarik tentang widget dan template. Blog ini banyak menyediakan pernak-pernik blog yang unik. Navigasi breadcrumb yang muncul disetiap postinganku kupelajari disini.

Postingan tentang template ini cukup sampai disini. Pada kesempatan berikutnya, aku akan mencoba memberikan tutorial cara memasang widget-widget hebat tersebut. Semoga ini dapat menjadi langkah baruku dalam mengembangkan blogku sebagai salah satu media yane menyediakan informasi berkualitas tinggi dan mudah dipahami oleh pembaca.

16 komentar untuk "Template Baru BiluPing"

  1. tampilannya sederhana, tapi tetap enak dilihat :-)

    BalasHapus
  2. @zasachi
    Makasih untuk pendapatnya tentang tampilan terbaru blogku

    BalasHapus
  3. @Full Version
    thanks for the compliment, I'm just trying

    BalasHapus
  4. meski kurang suka dgn warna biru & pink, tapi ane tetep suka desain'y.. top bgt dah.. :D

    BalasHapus
  5. @darah tinggi
    Kalau masalah warna sebenarnya itu relatif, tergantung dari minat pribadi ^._.^
    Mungkin ada saran untuk template ini?

    BalasHapus
  6. wah, seger banget nih blog nya. makasih sudah berkunjung ke blog ku ya Fadly :)

    BalasHapus
  7. @yankmira
    Segar soalnya baru di renovasi jadi cat-nya masih baru :D
    makasih untuk kunjungan baliknya juga

    BalasHapus
  8. izin nyimak ya ..


    jangan lupa kunjungi kami !

    BalasHapus
  9. @agen trica jus surabaya
    Makasih sudah nyimak, terus setelah nyimak, apa nih saran untuk templateku? :)

    @Sang Cerpenis bercerita
    Templatenya habis mandi jadi seger :D

    @Fauzi uz-ay
    Memang tujuannya mau buat template yang simple tapi sesuai selera....

    BalasHapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan