13 May 2014

Template Terbaru BiluPing

Posted by Fadly Indrawijaya , 18 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Blogger in draft
Akhirnya bisa posting lagi, berapa lama yah tidak posting? (Terakhir itu sebelum pemilu loh tepatnya 31 Maret). Sekarang sudah hampir pertengahan mei dan berarti bulan april lalu tidak ada postingan sama sekali, bukan tidak ada materi sih, sebenarnya ada di draft postingan tapi karena materinya masih kurang dan perlu beberapa data penunjang makanya tidak di post sampai sekarang :)

Sesuai judul postingannya, saya ingin sharing sedikit tentang pembaruan dari templateku ini. Hampir sebulan saya harus mengerjakannya menggunakan dasar template minima (salah satu template klasik blogger.com) dan itu juga menjadi salah satu penyebab postingnya tidak muncul-muncul karena fokus bergelut dengan HTML, CSS dan berbagai macam kompenen template ini.
Kalau berjalan lancar sih seharusnya tidak akan lama seperti ini tapi namanya juga saya baru belajar sehingga tentunya butuh waktu yang begitu banyak, ibarat siput yang berjalan (kok malah bawa-bawa siput yah, siputnya gak ikut bantu buat template kok). Sebagai pemula, tentunya akan banyak trial and error yang harus dihadapi kan, termasuk ketika templatenya sudah hampir selesai dan tiba-tiba kolom komentarnya hilang karena ada kesalahan kode. Mana tidak ingat kapan itu menghilang, terpaksa harus mengulang lagi dari awal. Tapi kegagalan demi kegagalan itu akhirnya berbuah manis semanis secangkir teh hangat yang menemaniku begadang :)

Apa yang baru?

Tentunya ini yang menjadi pertanyaan utama, apa yang baru dari templateku ini. Sebelum ada yang penasaran (memang ada yang penasaran yah?) saya akan bahas satu persatu-satu pembaruan tersebut:

1. Lebih rapi
Salah satu alasan sehingga saya harus merombak kembali tempateku dan memulanya dari awal karena saya merasa kalau templateku sebelumnya kurang rapi. Beberapa bagian malah sulit untuk dibaca karena ada ukuran yang huruf yang kecil dan sama dengan warna latar.

2. Mesin pencari lebih friendly
Sebelumnya saya juga menggunakan mesin pencari postingan di blogku namun pada mesin pencari sebelumnya, hasil pencarian akan muncul pada halaman yang berbeda dan menurutku ini terasa kurang nyaman apalagi jika tidak menemukan tulisan yang dicari. Pada pembaruan kali ini, hasil pencarian akan muncul langsung berbentuk dialog box yang dapat dengan mudah dibatalkan jika ingin kembali pada postingan sebelumnya. Ada lagi nih kelebihan mesin pencari baru ini soalnya sudah bisa support pencarian menggunakan suara, langsung klik saja gambar microfon di kotak pencarian dan ucapkan apa yang ingin kalian cari, tapi perangkat yang digunakan harus memiliki microfon yah :)

3. Follow Area
Follow Area
Nah follow area yang saya maksud itu gambar foto yang sebelah postingan itu loh. Follow area ini sengaja saya pasang untuk memudahkan teman-teman pembaca untuk berinteraksi dengan saya. Ada beberapa jejaring sosial yang biasa saya gunakan seperti facebook, twitter, google+ jadi silahkan dipilih mana yang lebih nyaman digunakan, Sedangkan pinterest itu jejaring sosial juga tapi hanya terfokus pada share foto dan video, sedangkan yang terakhir itu RSS feed untuk berlangganan postingan terbaru, tapi biasanya harus menggunakan aplikasi di browser dulu agar ketika posting baru muncul, browser akan otomatis memunculkannya. Ngomong-ngomong tentang silaturahim, Baginda Rasulullah sangat menganjurkan hal itu sesuai hadist berikut:

Dari Anas bin Malik radhiallahu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezkinya, dan ingin dipanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Al-Bukhari no. 5986)

4. Navigasi postingan
Untuk memudahkan sobat dalam membaca isi postinganku maka navigasi postingannya saya pindahkan tepat dibawah postingan dan sebelum kolom komentar. Navigasi postingan bawaan blogger biasanya munculnya di bawah komentar kan, ini sebenarnya tidak masalah jika komentarnya sedikit tapi bagaimana jika komentarnya sampai ratusan, kan harus scroll jauh kebawah dulu kan (tapi blog ini belum pernah sampai ratusan sih, berharap kedepannya bisa sampai segitu).

5. Saran tulisan
Saran tulisan
Tak hanya navigasi postingan sebagai jalan satu-satunya berkeliling di blog ini, dibawah navigasi postingan saya juga menambahkan Saran postingan yang dihiasi dengan gambar sehingga terlihat lebih menarik. Widget ini akan menampilkan postingan yang disarankan secara acak. Tapi beberapa kali saya mencobanya, widget ini ternyata menampilkan foto saya, mungkin ada kesalahan dalam membaca gambar :)

6. Widget Twitter
Twitter

Di sebelah postingan, saya menambahkan widget Twitter dengan pertimbangan bahwa twitter salah satu media update informasi yang cepat dan sederhana. Secara pribadi, saya terkadang menulis informasi atau kejadian penting melalui jejaring sosial ini. Harapan saya, ketika teman-teman berkunjung ke blog dan membaca beberapa tulisan, bisa sekaligus update informasi terbaru yang saya bagikan melalui twitter.

7. Kategori
Sebelumnya saya tidak menampilkan kumpulan label di blog ini soalnya saya belum mampu memilih label dengan tepat tapi di template terbaru ini saya telah menambahkan kumpulan label dengan desain yang lebih menarik menurutku (itu menurut saya yah, soalnya tiap orang beda-beda dalam persepsikan kata menarik) :)

8. Terbang
Ada yang penasaran gak dengan kata "Terbang" dibagian bawah blog ini? Tombol/Link ini adalah navigasi utama untuk kembali ke bagian awal halaman. Jadi jika teman-teman telah selesai membaca postingan dan berkomentar, silahkan klik "Terbang" dan teman-teman akan segera terbang ke bagian awal halaman. Pada template sebelumnya, saya telah menggunakan link seperti ini tapi pada pembaruan kali ini saya menggunakan javascript sehingga "Terbangnya" lebih mulus keatas :)

9. Atribusi berbagi
Dibawah postingan, teman-teman akan bertemu dengan kolom atribusi berbagi. Itu adalah lisensi Creative Commons, mirip dengan hak cipta. Blog saya menggunakan Lisensi "Atribusi-BerbagiSerupa" ini menyataan bahwa materi di blog ini bisa disebarluaskan, di edit atau digunakan sebagai referensi tapi dengan catatan bahwa ketika berbagi harus menyertakan sumber atau dengan kata lain link kembali pada tulisan itu. Keterangan lebih lengkap bisa dilihat dari tautan atribusi tersebut.

Sepertinya tulisan saya sudah terlalu panjang dan malam juga sudah terlalu larut menanti saya segera berbaring apalagi hujan tampaknya mulai memainkan iramanya diatas seng kamarku (moment terbaik untuk tidur), esok mentari indah akan menampakkan diri dan saya tidak ingin melewatkan itu. Oh iya, yang tertarik dengan widget-widget diatas, insyaallah akan saya tulis cara pembuatannya pada postingan-postingan berikutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu disini, bagaimana template terbaru ini menurut kalian?

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

18 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. saya mencatat satu point. tentang silaturahim, yang kini tidak hanya tersedia dalam area tatap muka, tapi juga bisa via media seperti blog ini. indah sekali Mas, top banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, silaturahim tidak hanya tentang tatap muka tapi lewat media yang semakin canggih kita bisa terus silaturahim dengan siapapun dan dimanapun tanpa adanya pemisah jarak :)

      Delete
  2. semoga template barunya mmebuat semangat ngeblog lagi y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak, apalagi kalau buatan sendiri kan lebih semangat lagi. Pembaruan templatenya juga biar yang mampir baca lebih betah :)

      Delete
  3. Saya kirain tadi ini website-nya Bhinneka.com lho. Soalnya begitu full loading, yang menarik perhatian saya justru gambar Bhinneka-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... mbak bisa aja. Mungkin waktu baru loading malah muncul iklannya Bhineka jadi dikirain itu :)

      Delete
  4. nice blog :)
    emang suka walna bilu sama pink ya?
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih pemilihan nama dan warnanya itu karena menurut saya warna biru dan pink itu serasi jadi sekalian dipadukan. Salah satu alasannya biar punya ciri khas tersendiri :)

      Delete
  5. template-nya keren, kakak... kalo aku masih pake template download... :D masih amatiran banget soalnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pujannya mbak. Buat aja satu blog lagi mbak terus belajar utak atik disitu, sedikit demi sedikit nanti akan mengerti juga kok mbak :)

      Delete
  6. semoga sukses dengan template barunya.. loadingnya juga lumayan cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah mas untuk tanggapannya tentang loading halaman :)

      Delete
  7. makin manteb saja dalam memoles template nih Kang. Komplit, lengkap, keren dan lumayan ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pujiannya kan pakies, ini masih belajar juga. Semoga betah untuk selalu mampir kesini :)

      Delete
  8. Replies
    1. Apanya yang berisi mbak? masih baru belajar mbak, masih banyak kekurangan :)

      Delete
  9. template nya asyik nih!
    salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  10. template baru, pastinya harus membawa semangat baru untuk terus menulis dan berbagi informasi bermanfaat untuk orang banyak :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+