18 February 2017

Memaksimalkan kamera ponsel di OPPO Selfie Tour

Posted by Fadly Indrawijaya , 14 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
OPPO Selfie Tour

Fotografi bukan lagi hal sulit di zaman ini, berbagai perangkat smartphone terlahir dengan kecanggihan teknologi kamera untuk mendukung penggunanya menangkap setiap moment, salah satunya OPPO F1s New Edition, variasi terbaru dari OPPO F1s

Hari selasa yang lalu (7/2), saya menghadiri sebuah acara keren bertajuk OPPO Selfie Tour 2017 Tour De Makassar, acara yang berlangsung di Boncafe, Jalan AP Pettarani Makassar ini mengangkat tema “Menjadi Selfie Expert lewat OPPO Selfie Tour”, Aryo Meidianto selaku Media Engagement OPPO Indonesia  memulai acara tersebut dengan memperkenalkan OPPO F1s New Edition. Perangkat ini sejatinya merupakan pembaruan dari pendahulunya OPPO F1s dengan peningkatan sisi RAM dan penyimpanan internal.

Menurut Aryo, upgrade tersebut merupakan hasil riset yang dilakukan pihaknya terhadap kebutuhan pelanggan dimana ada kecenderungan pengguna yang lebih suka menyimpan file fotonya dalam ponsel saja, beberapa bahkan tak pernah memindahkan filenya ke perangkat penyimpanan lain, untuk itulah OPPO F1s New Edition dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan bisa dipadukan dengan micro SD berkapasitas 128 GB sehingga total kapasitas bisa mencapai 192 GB, penyimpanan sebanyak itu tentunya akan sangat berguna untuk menyimpan banyak foto maupun video, apalagi saat ini vlog mulai trend, tentunya butuh kapasitas besar untuk menyimpan berbagai video.


Sisi RAM yang sebelumnya 3 GB juga ditingkatkan menjadi 4 GB dengan harapan agar ponsel terbaru OPPO tersebut dapat semakin bisa diandalkan saat multitasking karena saat ini ponsel tak sekedar alat komunikasi saja namun ponsel mulai “dibebankan” berbagai pekerjaan berat seperti seperti mengedit foto atau video, streaming sambil berjejaring sosial yang tentunya membutuhkan RAM lebih besar, dengan peningkatan RAM diharapkan pengguna semakin nyaman menggunakan ponselnya dalam berbagai aktivitas.

Aryo juga menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2016 lalu, OPPO yang kini lebih fokus di lini camera phone memperkenalkan berbagai produk seri Selfie Expert dengan kemampuan fotografi yang tinggi, hal tersebut ternyata menarik antusiasme yang tinggi dari masyarakat sehingga OPPO pun menghadirkan acara OPPO Selfie Tour agar masyarakat bisa mempelajari keunggulan lini Selfie Expert dengan bimbingan mentor-mendor handal yang dihadirkan.
Aryo Meidianto memperlihatkan OPPO F1s New Edition
OPPO F1s New Edition

Pada acara OPPO Selfie Tour 2017 di Makassar, OPPO menghadirkan 2 narasumber hebat lainnya yaitu Kristian Tjahjono, Managing Editor “YangCanggih.com” dan Fatimah Kartini Bohan, Jurnalis Kompas Tekno, keduanya memberikan tips seputar fotografi dan videografi menggunakan ponsel OPPO Selfie Expert

Fotografi dan Ponsel

Setelah briefing, sesi kedua pun dimulai dengan materi seputar fotografi yang dibawakan oleh Kristian Thahjono, beliau adalah Managing Editor dari YangCanggih.com, website yang membahas seputar komputer, gadget, maupun tips-tips seputar cara memaksimalkan teknologi. Saya begitu antusias mengikuti materi ini karena saya sangat menyukai fotografi apalagi materi tersebut berkutat tentang teknik fotografi menggunakan ponsel.

Kristian menceritakan pengalamannya menggunakan ponsel OPPO F1s dan juga OPPO A39 yang keduanya merupakan seri selfie expert, menurutnya kualitas kamera yang dimiliki ponsel OPPO tersebut sangat baik. Saat memotret di ruang terbuka yang cukup cahaya, ponsel tersebut mampu menentukan fokus yang diinginkan, demikian juga saat digunakan dalam kondisi low light, kedua ponsel tersebut tetap bisa menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik, itu tak terlepas dari fitur Expert Mode yang dimiliki varian selfie expert. Dengan expert mode pengguna bisa mengatur fokus secara manual, white balance, exposure, ISO dan kecepatan shutter.

Saat memaparkan materi tersebut, Kristian tak lupa menampilkan beberapa foto-foto yang ia ambil menggunakan kamera OPPO F1s dan A39, foto-foto tersebut membuat saya takjub apalagi foto sunset yang bisa ditangkap secara detail padahal terkadang agak sulit menangkap detail sunset karena ada bidang yang begitu terang dan gelap namun menggunakan kamera ponsel OPPO tersebut, cahaya keduanya bisa lebih seimbang sehingga foto sunsetnya lebih baik.
Kristian Thahjono berbagi seputar fotografi
"Closeup for detail" Kristian menampiilkan hasil kamera OPPO F1s

Belum habis rasa takjub saya dengan hasil dari kamera OPPO F1s dan A39, Kristian kembali menambahkan bahwa perangkat OPPO tersebut mendukung format RAW, format tersebut umumnya ditemui pada kamera sekelas DSLR. Sekedar diketahui, file RAW ibarat file mentah yang belum diolah sama sekali, berbeda dengan file JPEG yang sebelumnya telah melalui proses penyesuaian warna, pencahayaan, dan kompresi sehingga yang tersaji adalah file JPEG yang telah matang. Menggunakan format RAW akan membuat kita lebih leluasa dalam mengedit foto, mengatur whitebalance, highlight, dll.

Kristian mengakhiri materi yang dibawakannya dengan berbagi pengalaman seputar selfie menggunakan ponsel, menurutnya selfie adalah menangkap momen. Belum tentu apa yang kita temukan bisa muncul kembali sehingga harus bisa mendokumentasikan momen tersebut, salah satunya dengan selfie.

Ada beberapa tips fotografi yang dapat saya simpulkan dari pemaparan Kristian diantaranya:

1. Gunakan fokus manual saat objek terlalu kecil atau minim cahaya
Meskipun rata-rata ponsel telah memiliki fitur autofocus namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan penggunaan fokus secara manual, salah satu contoh yang disebutkan oleh Kristian adalah saat ia memotret semut, karena semutnya terlalu kecil maka saat menggunakan autofocus maka ponsel langsung berfokus pada latar belakang yang berupa dedaunan, bukan pada semut. Untungnya OPPO F1s dan A39 telah dilengkapi fokus manual yang terdapat di menu Expert Mode sehingga tidak akan sulit lagi memotret objek kecil seperti semut.

Kondisi lainnya yang menuntut penggunaan fokus manual adalah saat minim cahaya. Fungsi fokus otomatis biasanya kurang akurat dalam menangkap objek, itulah alasan mengapa butuh waktu yang lebih lama bagi kamera untuk mencari fokus saat kurang cahaya
Perbandingan Expert Mode dan Otomatis
Perbandingan foto menggunakan Expert Mode dan Auto | Sumber: YangCanggih.com

2. Saat kondisi minim cahaya, siapkan tripod
Selain kesulitan mengambil fokus saat kondisi cahaya yang kurang, pengaturan otomatis kamera umumnya akan berusaha menambah exposure agar bisa menghasilkan gambar yang baik, saat proses exposure tersebut, kamera memerlukan bidang yang stabil sehingga gambar yang dihasilkan tidak blur. Pada Expert Mode, kita juga dapat mengatur shutter secara manual, ini tentunya akan memberikan kita kontrol lebih untuk menghasilakan gambar yang baik dalam kondisi gelap.

3. Closeup for detail
Salah satu tips lainnya yang sangat bagus diterapkan dalam fotografi makanan adalah “Closeup for detail”. Saat memotret makanan, jika kesulitan memilih angel yang tepat maka cukup dekatkan kamera dari makanan yang akan dipotret (semakin dekat semakin baik), dengan demikian hasil foto akan lebih menonjolkan teksture dari makanan tersebut.

4. Gunakan file RAW
Meskipun ukuran file yang dihasilkan cukup besar dibanding file JPEG, format RAW memiliki beberapa kelebihan dalam hal mengolah gambar. Beberapa orang enggan menggunakan file RAW karena menurut mereka sedikit repot karena harus mengolahnya kembali di aplikasi pengolah grafis seperti Adobe Lightroom namun ternyata menurut Kristian, sekarang beberapa aplikasi pengolah gambar di ponsel seperti Snapseed sudah bisa melakukan olah gambar file RAW. Untuk masalah ukuran file RAW yang agak besar, OPPO F1s New Edition telah dibekali penyimpanan internal yang besar untuk menampung hasil foto RAW tersebut.

Tips videografi menggunakan ponsel

Sesi ketiga dilanjutkan setelah istirahat makan siang, materinya tentang videografi. Fatimah Kartini Bohan yang lebih akrab disapa Tini mengawali materi yang ia bawakan dengan menampilkan tren selebgram, selebtweet dan vlogger/youtuber yang semakin meningkat bahkan sekarang tren pengguna internet cenderung ke arah youtuber. Mungkin itulah alasan OPPO Indonesia sengaja menghadirkannya untuk menambah wawasan peserta OPPO Selfie Tour dalam menciptakan konten video yang menarik, apalagi OPPO F1s New Edition dibekali kamera depan 16MP mampu menghasilkan video 1080p sehingga sangat mumpuni untuk merekan video berkualitas tinggi.
Fatimah Kartini Bohan berbicara tentang videografi
"Kreativitas yang utama, alat hanyalah pelengkap" demikian Tini memotivasi peserta

Tini melanjutkan dengan menampilkan video yang ia buat saat bersiap dari ke Jakarta ke Makassar,  sekilas video tersebut sangat sederhana karena berupa rekaman saat packing, berangkat, hingga tiba di Makassar, namun karena diolah dengan baik menggunakan editor video maka video tersebut menjadi lebih menarik, inilah salah satu kunci membuat video yang menarik, harus pintar memoles video tersebut agar tak monoton, bisa dengan menambahkan backsound, mempercepat beberapa adegan, bahkan mengulang-ulang adegan yang dirasa lucu.

Secara garis besar, ada 3 tahapan menurut Tini yang harus dilakukan untuk membuat video yang menarik yaitu:

Persiapan
Tahap persiapan ini meliputi pemilihan ide seputar video yang akan dibuat, membayangkan alur videonya, penentuan durasi, tempat maupun perangkat yang akan digunakan. Tahap ini merupakan tahap yang penting utamanya jika video yang akan dibuat memiliki batasan durasi sehingga harus direncanakan secara matang.

Produksi
Setelah merencanakan ide, tahap selanjutnya adalah “action” di depan kamera. Meskipun ide telah direncanakan dengan matang namun banyak yang merasa kesulitan pada tahap ini, salah satu masalahnya karena kepercayaan diri. Beberapa orang kadang kurang percaya diri tampil sebagai diri mereka sendiri sehingga cenderung untuk tampil seperti gaya orang lain saat membuat video padahal menurut Tini, menjadi diri sendiri itu lebih baik karena setiap orang punya karakter khas yang kuat. Ia pun mencontohkan dengan menampilkan video beberapa youtuber terkenal seperti Pita’s Life dan Cindercella yang tetap tampil sederhana dengan ciri khas mereka bahkan menggunakan logat kedaerahan saat merekan vlog.

Pasca produksi
Setelah merekan video, tentu akan lebih bagus jika mengedit dulu video tersebut. Pengeditan bertujuan untuk memperbaiki beberapa bagian video atau menambahkan hal yang menarik. Dan bagian terpentingnya adalah percaya diri dengan menshare video tersebut pada semua jejaring sosial yang dimiliki, soalnya percuma buat video kalau tidak ada yang nonton, ia gak?

Catatan: Untuk menghindari klaim pelanggaran hak cipta sekaligus menghargai karya orang lain, gunakan musik yang berlisensi bebas/dibagikan secara gratis. Beberapa website menyediakan layanan musik gratis, salah satunya “Youtube Audio Library”.

Kreativitas yang utama, peralatan hanyalah pelengkap”  demikian Tini yang saat ini aktif sebagai jurnalis KompasTekno mengakhiri materinya

Spesifikasi OPPO F1s New Edition

Secara umum, spesifikasi OPPO F1s New Edition sangat mirip dengan OPPO F1s, perbedaannya hanya dari segi RAM yang ditingkatkan menjadi 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB

Efek bokeh kamera OPPO
Foto ini saya ambil saat mencoba efek bokeh kamera OPPO A39
Saya berkesempatan untuk menguji pakai OPPO F1s dan juga A39, karena keduanya mengusung konsep “Camera Phone” maka fokus pengujian saya hanya pada sisi kamera namun secara fisik tampilan kedua ponsel ini simple dan elegant, bodi ponsel yang berbalut metal juga memberikan kesan premium. Layar berukuran 5,5” dan sensor fingerpring menghias bagian depan OPPO F1s sedikit berbeda dengan OPPO A39 yang cukup menyematkan layar 5,2” tanpa sensor fingerprint. Saya sempat berbincang-bincang dengan Angga, moderator acara OPPO Selfie Tour hari itu, menurutnya tak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya, OPPO A39 bisa dikatakan versi ekonomis dari OPPO F1s makanya di A39 tidak dilengkapi fingerprint. Lanjut ke bagian kamera, F1s yang bergelar “Selfie Expert” menggunakan kamera selfie 16MP, berbeda dengan “Unstoppable Selfie” atau A39 yang dibekali kamera depan 5MP namun kedua kamera tersebut sangat bisa diandalkan untuk melakukan swafoto apalagi dilengkapi fitur Beautify 4.0 yang meningkatkan hasil selfie dan tetap menjaga aspek natural dari foto tersebut. Kamera belakang 13MP sama-sama menghiasi bagian belakang ponsel bersanding dengan LED flash yang sangat membantu memotret saat minim cahaya. Kisaran harga F1s dan A39 agak jauh namun kedua ponsel ini sama-sama memiliki fitur Expert mode, OPPO sepertinya berusaha memaksimalkan sisi kamera untuk lini produk mereka apalagi dengan tagline “OPPO, Camera Phone”.

Foto-foto lain yang saya ambil menggunakan OPPO A39 bisa dilihat langsung di instagram: @fadlybiluping

Akhirnya sampai juga ditahap kesimpulan, acara OPPO Selfie Tour ini begitu menyenangkan apalagi dengan bimbingan mentor-mentor yang berpengalaman dibidang teknologi yang memberikan banyak sekali ilmu baru bagi peserta yang hadir, semoga acara tersebut tetap dihadirkan dengan materi yang lebih beragam. Mengenai OPPO F1s New Edition, secara umum saya sangat menyukai varian selfie expert dari produk OPPO ini apalagi saya memang lebih banyak menggunakan smartphone untuk fotografi dibandingkan fitur lainnya sehingga dengan expert mode yang terdapat pada OPPO F1s New Edition serta penyimpanan internal yang begitu besar maka kebutuhan fotografi saya akan semakin dimanjakan. Varian warna yang ditawarkan emas, abu-abu, dan pink padahal versi hitam yang diluncurkan dengan tag “Raisa phone” terlihat begitu menggoda bagi saya.

Gimana, tertarik dengan camera phone yang satu ini?

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

14 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. OPPO memang keren kameranya. Makasih tipsnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, apalagi pengaturan manualnya itu sangat menggoda bagi saya yang suka fotografi menggunakan ponsel

      Delete
  2. Pengen hpnya tapi terkendala di dananya beli indomie aja susah apa lagi beli hp oppo hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yah, namanya rejeki kadang tak bisa ditebak. Hari ini gak ada tapi malah mlimpah esoknya

      Delete
  3. kereeen oppo nya sama yang pegang hape nya hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salah fokus ke yang pegang hp rupanya mas :D

      Delete
  4. Mantap bro. Saya juga ada diacara ini kemarin. Hehe

    ReplyDelete
  5. Kemaren pas coba oppo f1s kameranya bagus banget.. enak dipake buat kamera andalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kameranya memang bagus mas apalagi fitur expert mode untuk memgatur secara manual

      Delete
  6. Langsung cek akun instagrammu ah buat tahu hasilnya. Kayaknya Oppo lagi banyak bikin acara serupa di beberapa kota. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kegiatan OPPO Selfie Tour memang sedang dilakukan di beberapa daerah, Makassar termasuk diantaranya :)

      Delete
  7. spesifikasinya oke bangeeet ya ..looks great!

    ReplyDelete
  8. HP ku juga OPPO, masalah selfie pastinya keren banget dehhh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+