27 August 2016

Ngobrol Bareng Blogger: Optimalkan Instagram dan Inovasi Dompet Elektronik

Posted by Fadly Indrawijaya , 6 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Ngobrol Bareng Blogger
Hari selasa, 9 Agustus yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara Ngobrol Bareng Blogger yang diadakan oleh Bblog bekerjasama dengan Bank BCA. Acara tersebut berlangsung di Bistropolis, salah satu resto berkonsep Western beralamat di jalan Sultan Hasanuddin, Makassar. Saat tiba di lokasi, saya diminta langsung melakukan registrasi serta pengambilan nomor undian dan juga password wifi.
Alunan suara musik langsung menyambut saat saya memasuki tempat acara. Karena masih banyak tempat yang kosong, saya memilih tempat duduk agak depan agar lebih mudah mengambil gambar. Beberapa pegawai BCA naik membawakan lagu sambil menanti pembukaan acara.  Tak lama setelah itu, MC segera mengambil acara dan mempersilahkan Bapak Iwan Isdawarman dari BCA memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Bapak Iwan mengatakan bahwa peranan blogger sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi yang mendidik sehingga BCA berusaha merangkul blogger, salah satunya dengan bekerjasama dengan Bblog membuat acara Ngobrol Bareng Blogger di berbagai daerah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi dari Al Hafsi yang merupakan seorang jurnalis muda harian Fajar sekaligus selebgram. Pemuda yang juga aktif dalam komunitas Instamakassar ini memberikan  beberapa tips seputar fotografi dan jurnalis. Menurutnya, untuk menghasilkan foto yang keren, kita harus memperhatikan komposisi, pencahayaan dan juga angel dari foto tersebut. Karena tidak semua hasil foto sesuai harapan bukan berarti kita harus menghapusnya begitu saja, masih ada aplikasi edit foto seperti Snapseed yang dapat membantu memaksimalkan foto tersebut. Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa didownload gratis di Playstore dan App Store yang dapat membantu memperbaiki dan membuat hasil foto semakin menarik.

Selain tips tadi, Al Hafsi juga memberikan rahasia tentang cara meningkatkan jumlah followers di instagram, salah satunya dengan memperbaiki caption sebuah foto karena foto yang baik harus didukung caption yang baik juga. Ia mengaku sering menggunakan caption yang puitis karena menurutnya kaum muda menyukai status yang sedikit galau.

Mba Diandra memperkenalkan Sakuku
Mba Diandra kemudian melanjutkan acara dengan memperkenalkan salah satu layanan inovasi dari BCA yaitu Sakuku. Sakuku bisa diibaratkan sebagai dompet elektronik sehingga kita tidak harus selalu membawa uang tunai. Selain dapat digunakan sebagai media pembayaran langsung, Sakuku juga memberikan banyak sekali kemudahan bagi pengguna seperti pembelian pulsa langsung, penarikan tunai di ATM BCA, transfer, maupun pembayaran belanja secara online. Ada satu layanan Sakuku yang begitu menarik menurut saya yaitu Split bill atau berbagi tagihan, layanan ini sangat cocok bagi mereka yang sering kumpul bersama teman namun tak membawa uang tunai sehingga nantinya biaya tersebut akan ditagihkan bersama-sama. Split bill ini mendukung kegiatan berbagi tagihan bersama 10 teman termasuk dirimu. Fitur lainnya yang juga begitu menarik adalah fitur isi pulsa dimana kita bisa mengisi langsung nomor kita, mengisi nomor teman atau meminta teman mengisikan pulsa kita. 2 fitur tersebut dapat sekaligus mengedukasi masyarakat untuk saling membantu satu sama lain.


Sakuku juga memberikan banyak sekali kemudahan bagi pengguna seperti pembelian pulsa langsung, penarikan tunai di ATM BCA, transfer, maupun pembayaran belanja secara online

Meskipun Sakuku merupakan aplikasi yang diberikan oleh BCA namun bukan berarti bahwa kita harus memiliki rekening BCA untuk membuat akun Sakuku, calon pengguna hanya perlu mendownload langsung aplikasi Sakuku di Playstrore dan App Store kemudian melakukan registrasi. 1 nomor telepon hanya dapat menggunakan 1 akun Sakuku, demikian sebaliknya. Bagi yang ingin mendapatkan fitur menarik lainnya seperti tarik tunai langsung di ATM BCA, Split bill dan juga transfer sesama pengguna Sakuku, kamu bisa mengaktivasi Sakuku Plus.

Penulis sempat mencoba mendownload aplikasi Sakuku namun terkendala saat proses registrasi, ternyata saldo pulsa tidak mencukupi untuk mengirimkan SMS 1x saja saat registrasi. Ada peserta lain yang juga mendownload aplikasi Sakuku saat itu namun tak bisa menjalankannya, setelah ditanyakan langsung pada Mba Diandra, ternyata aplikasinya memang tak bisa dijalankan karena perangkat tersebut sudah di root. Jadi untuk alasan keamanan, aplikasi Sakuku tak bisa digunakan pada perangkat yang telah di root ataupun di jailbreak

Menemani santap malam, Achi menghibur pengunjung dengan standup comedy yang bikin semuanya tertawa. Setelah itu pengunjung dihibur dengan penampilan D'Alfa, salah satu band indie asal Makassar. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Teknologi semakin berkembang, bank kini tak melulu sebagai tempat penyimpanan uang tapi harus terus berinovasi dan seirama dengan perkembangan teknologi. Sebagai pengguna, kita tentunya harus semakin belajar dan memanfaatkan kemajuan tersebut untuk kehidupan yang semakin baik.

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

6 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. ikutan juga yah bro, kita samaan dong tapi kok saya gak liat waktu di acara kemarin? apa saya yang terlalu jauh duduk didepan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di meja paling depan. Dekat tiang

      Delete
  2. Acara yang menambah wawasan ya Fadly.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak, memberikan banyak wawasan utamanya tentang instagram dan juga dompet elektronik

      Delete
  3. Wah asik banget ya bisa ikutan acara kaya begini..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+