21 December 2016

Fitur Smartphone Andromax R2 yang jarang digunakan

Posted by Fadly Indrawijaya , Komentar Pertama

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Andromax R2
Halo sobat blogger, setelah beberapa lama tidak terisi akhirnya saya memutuskan mengisi kembali blog ini dengan berbagai artikel, kali ini saya ingin posting tentang ponsel. Pada zaman ini, ponsel sudah menjadi barang yang tak bisa terlepas dari kehidupan manusia apalagi kita itu kan makhluk sosial sehingga kehadiran ponsel sebagai alat komunikasi memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan.

Ponsel awalnya hanya sebatas alat komunikasi sebelum akhirnya disisipi dengan berbagai fitur seperti pemutar musik, kamera, game dan berbagai kecanggihan lainnya yang akhirnya menyematkan gelar "Smart" pada ponsel. Tapi meskipun smartphone kian canggih dengan berbagai fitur-fiturnya namun sayangnya beberapa smartphone tak dimanfaatkan secara maksimal, ada beberapa fitur yang tak tersentuh oleh pengguna. Berhubung saat ini saya hanya menggunakan ponsel Andromax R2 maka saya akan menuliskan beberapa fitur yang terdapat dari ponsel keluaran Smartfren yang bekerjasama dengan Hisense ini tapi tak menutup kemungkinan fitur-fitur berikut juga ada pada smartphone selain Andromax R2

Jadwal Aktif dan Nonaktif
Saat tertidur, beberapa orang-orang membiarkan ponselnya tetap aktif bahkan ada beberapa yang malah tertidur saat sedang memainkan ponselnya entah itu bermain game, dengar musik ataupun streaming. Untuk mencegah energi ponsel terbuang percuma, boros kuota, ataupun paparan radiasi ponsel yang terus menerus saat tertidur maka ada baiknya kita mengatur kapan sebenarnya ponsel akan istirahat secara otomatis. Ada fitur luar biasa yang tertanam di hampir semua smartphone yaitu penjadwalan ON/OFF. Dengan fitur ini, kita dapat mengatur kapan ponsel akan menonaktifkan dirinya sendiri dan kapan akan aktif secara otomatis. Pada Andromax R2, kalian dapat menemukannya di menu:
Setelan > Sistem lalu pilih Dijadwalkan hidupkan dan matikan

Ketuk 2 kali membangunkan layar
Fitur ketuk 2 kali
Salah satu fitur yang saya sukai pada ponsel Andromax R2 ini adalah fungsi double tap to wake atau ketuk 2 kali untuk membangunkan. Berbeda dengan ponsel saya sebelumnya yaitu Andromax G2 LE dimana saya harus menekan tombol power untuk membangunkan layar, di Andormax R2 ini saya cukup mengetuk layar 2X saat layarnya dalam keadaan mati untuk membangunkan layarnya, selain mengurangi penggunaan tombol power, cara ini menurut saya lebih praktis. Namun ada kalanya layar ponsel menyala sendiri saat ditaruh di saku celana, kemungkinan karena sulit membedakan ketuk 2X dengan kontak yang terjadi di saku celana. Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian menemukannya di menu:
Setelan > Gerakan dan Isyarat > Gerakan > Ketuk ganda untuk terjaga

Selain membangunkan perangkat menggunakan tombol power dan double tap, masih ada satu opsi untuk membangunkan layar yaitu dengan menekan salah satu tombol volume, Kalian dapat mengaturnya di menu:
Setelan > Tombol-tombol > Lalu centang pada opsi Membangunkan perangkat

Ketuk 2 kali mematikan dan mengunci layar
Jika sebelumnya mengetuk layar 2 kali untuk membangunkan layar maka untuk mematikannya pun tak melulu menggunakan tombol power. Cukup ketuk 2x tombol home maka layar akan mati dan terkunci, Aktifkan fitur ini di menu:
Setelan > Tombol-tombol > pada opsi Aksi tap ganda pilih > Mematikan layar

Balikkan untuk mematikan suara
Ponsel kadang berdering disaat yang tak terduga, beberapa orang akan reflesk langsung menutupi speaker ponsel untuk meredam suaranya bahkan saya terkadang menutup bantal saat ponsel tiba-tiba berdering tengah malam secara tiba-tiba. Salah satu fitur Andromax R2 yang sangat membantu dalam kondisi seperti ini adalah Balikkan untuk mematikan suara, saat ponsel berdering entah karena ada panggilan, SMS ataupun alarm, cukup balikkan ponsel maka suara tadi akan segera lenyap. Aktifkan fitur ini pada menu: 
Setelan > Gerakan dan isyarat > Gerakan > Balikkan untuk mematikan


Itulah beberapa fitur yang jarang digunakan berdasarkan survey sederhana yang saya lakukan dengan beberapa pengguna Andromax R2. Sebenarnya masih banyak fitur lain yang terdapat pada ponsel Andomax R2 namun saya akan melanjutkannya pada tulisan berikutnya. Menurut kalian, fitur apalagi yang terdapat di ponsel namun jarang sekali digunakan?

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

0 comments:

bingungBingung? Jangan ragu untuk bertanya

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+