24 September 2012

Tips Mengatasi Kurang Tidur

Posted by Fadly Indrawijaya , 27 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Tidur
Pagi kembali menyambutku, membiarkan tubuh ini sedikit kedinginan. Aku mencoba mengingat kejadian semalam, sebelum mataku terlelap mengistirahatkan tubuh yang lelah. Semalam seorang temanku menuturkan bahwa ia sulit untuk tidur. Hal ini memang menjadi masalah serius bagi sebagian orang terutama yang ingin beraktifitas pada pagi harinya.

Meskipun semua orang mengetahui bahwa kurang tidur itu berbahaya (BacaDampak Negatif Kurang Tidur) namun ternyata ada sebagian orang yang kurang waspada terhadap hal ini. Kurang tidur bahkan menggeser jadwal tidur secara perlahan sehingga kita tidak menyadari bahwa kian hari, kita semakin terlambat untuk tidur. Misalnya saja hari ini tidur jam 10 malam namun ketika itu berlanjut menjadi sebuah kebiasaan, mungkin saja minggu berikutnya malah tidur jam 11, jam 12 hingga dan kondisi paling parah adalah sulit tidur hingga mentari akhirnya menyapa dengan kehangatannya.

Bagaimana mengatasi kurang tidur?

Ini menjadi pertanyaan besar untuk kita semua dan juga untukku secara pribadi :) Hari ini, Rumah Persahabatan akan membagikan tips mengatasi kurang tidur berdasarkan pengalamanku sebagai orang yang kurang tidur.

Optimalkan kegiatan

Alasan utama yang sering diucapkan oleh orang yang kurang tidur adalah aktifitas malam hari, entah itu mengerjakan tugas, browsing mencari informasi, atau berbagai kesibukan lainnya sehingga faktor ini yang harus dihindari. Cara yang paling efektif adalah dengan mengatur waktu dengan baik (Baca: Manajemen Waktu). Langkah utama yang harus dilakukan dalam tips ini adalah memindahkan aktifitas "tengah malam" pada pagi hari atau pada waktu lainnya.

Kurangi Kafein

Sering mengkonsumsi kopi? Kopi memang memiliki cita rasa yang istimewah sehingga orang-orang menyukainya namun selama ini kita juga tahu bahwa kopi digunakan sebagai menangkal kantuk. Hal ini yang harus dihindari oleh mereka yang ingin memiliki waktu tidur yang optimal. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi mempengaruh sistem metabolisme tubuh sehingga membuat tubuh lebih waspada, inilah alasan mengapa orang cenderung terjaga (sulit tidur) ketika mengkonsumsi kopi.

Perhatikan Pola Makan

Pola makan juga mengganggu pola tidur terutama jika mengkonsumsi makanan berat seperti makanan berlemak. Berarti tidak boleh lagi makan makanan yang berlemak? Makanan makanan berlemak tidak dilarang kok asalkan porsinya cukup, jangan berlebihan dan usahakan waktu makan malam memiliki selisih yang jauh dengan waktu tidur. Biarkan makanan yang telah dikonsumsi dicerna terlebih dahulu sebelum mengistirahatkan tubuh karena hal ini berdampak ketika terbangun dari tidur. Jangan tidur jika baru selesai makan

Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah yang Mahatinggi dan shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”.
(HR. Abu Naim dengan sanad dha’if)

Kucing Tidur
Kondisi lingkungan

Ketika telah mengatur jadwal tidur dengan baik, telah mengatur jadwal makan dan menghindari kafein, tapi tetap saja merasa sulit untuk tidur, hal ini bisa saja karena faktor lingkungan yang kurang nyaman. Usahakan membuat tempat tidur kalian terasa senyaman mungkin. Jika masih banyak barang seperti pakaian atau buku yang berserakan di tempat tidur maka bersihkanlah terlebih dahulu untuk memberikan kenyamanan sebelum tidur.

Tenangkan pikiran

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menenangkan pikiran. Salah satu hal yang terkadang aku lakukan untuk menenangkan pikiran sebelum tidur adalah berwudhu atau membasuh muka meskipun sebagian orang menganggap bahwa membasuh muka justru membuat lebih sulit untuk tidur, tapi aku meyakini bahwa kondisi pikiran lebih berperan penting dalam tidur. Berbeda loh antara membasuh muka untuk menghilangkan kantuk dan membasuh muka untuk menenangkan pikiran.


Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.
Q.S. Ar-Rum (30):23

Gimana para Sahabat BiluPing, sudah siap untuk tidur tepat pada waktunya? Jika masih ada kendala sebelum tidur, silahkan berbagi informasinya disini. Semoga tulisan ini bermanfaat

Sumber gambar:
Tidur: radioe7na.com
Kucing Tidur: gatag.net


foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

27 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Assalamualaikum BP

    saya suka hadis2 tu...

    ReplyDelete
  2. saya juga sering mengalami susah tidur di saat malam hari, mungkin karena disiang hari pekerjaan kurang optimal, perlu di optimalkan neh jadinya terasa capek dan tidur malam bisa lelap, terima kasih tipsnya...

    ReplyDelete
  3. kalau saya malah kadang2 habis magrib sudah sering menguap, sudah ngantuk, kenapa yah?

    ReplyDelete
  4. @atuk
    Walaikumsalam... Itu adalah salah satu pedoman hidup kita :)

    @agus bg
    Biasanya karena tubuh yang kurang istirahat sehingga sulit konsentrasi saat beraktivitas :)

    @Uniknya Layang-Layang
    Berarti waktu tidurnya memang seperti itu sobat... kalau tidur jam segitu, bangunnya jam berapa? ^._.^

    @PTIK UNM
    Cuma berusaha berbagi yang terbaik kok :)

    @obat stroke herbal
    Alasan kurang tidurnya apa sobat? :D

    ReplyDelete
  5. wah masih kesulitan nih untuk tidur tepat waktu ... makasih infonya ... TFS

    ReplyDelete
  6. kapan kapan bisa di terapin nih tipsnya sobat,,dari kemarin kemarin saya sudah ping feeburnernya tapi tetap begitu. Tapi saya lihat semua blog yang saya kunjungi feedburnernya jadi Nol semua, apa komputer saya yang error yaa,,,?

    ReplyDelete
  7. Memang sangat berbahaya bila kita kurang tidur. Kadang saat sedang naik motor pun saya merasa mengantuk :(

    ReplyDelete
  8. saya nggak punya masalah dengan ini sebenarnya, termasuk kondisi yang digambarkan di atas. tapi kalo malem sabtu dan malem minggu, bener2 saya baru bisa tidur pagi2.

    ReplyDelete
  9. saya nggak bisa membayangkan bagaimana rasanya gak bisa tidur itu

    ReplyDelete
  10. ikut baca dan mencernaki...tp aku orangnya gampang tidur

    ReplyDelete
  11. Kalau untuk saya, yang paling mendominasi adalah lingkungan dan pikiran. :)

    Kacau rasanya kalau kurang tidur, hoam2 terus di kelas. :lol:

    ReplyDelete
  12. makanya jgn suka nonton bola, mending malam langsung tidur aja :D

    ReplyDelete
  13. @Wong Cilik
    Usahain yah biar tidak kesulitan, tipsnya udah aku susun semudah mungkin loh :)

    @HAYARDIN
    Kok kapan-kapan sih? masalah kesehatan tidak boleh ditunda-tunda loh... di forumnya blogger juga banyak yang laporin gitu jadi bersabar aja yah... saran untuk saat ini adalah menyembunyikan dulu widget feedburnernya sampai ia kembali normal :)

    @kakaakin
    Bahaya tuh sobat... harus istirahat biar tidak ngantuk saat membawa kendaraan...

    @zachflazz
    Ada kesibukan yah kak jadi tidurnya pagi?

    @Rizki Pradana
    Makasih pujiannya... cuma berusaha menyeimbangkan dunia dan akhirat ^._.^

    @Muhammad A Vip
    Rasanya gelisah.... terus pas bangun itu terasa lemas, kurang semangat, badan terasa menggigil... (pengalaman pribadi) ^._.^

    @Mbak Iis
    Syukurlah mbak kalau gitu... soalnya banyak loh yang sulit untuk tidur :)

    @Masjid Al Mashun
    Kurangi dong kak, biar istirahatnya lebih rileks dan tenang :)

    @Idah Ceris
    Seperti pada poin 4, Berarti harus perbaiki kondisi lingkungannya biar tidurnya rileks :)

    @catatan-r10.com
    Tidak nonton bola kok kak.... maklum anak kos-kosan (tidak ada tv)

    ReplyDelete
  14. Kurang tidur hanya pada saat-saat tertentu saja, dan biasanya jika saya mengalami kurang tidur ini, saya mengatasinya dengan cara minum lebih banyak air putih, saya rasakan itu cukup membantu. Selain dengan minul air putih yang banyak, cara saya mengatasinya ya dengan tidur :D

    ReplyDelete
  15. kalau kebanaykan tidur,, nanti gak ada waktu buat BW :-D

    ReplyDelete
  16. moga ja dengan membaca ini tidur bisa pulas..

    ReplyDelete
  17. aku datang lagi sobat...iya langsung di praktekin nich...btw, count feedburner saya sudah kembali normal. Ternyata web browser mozilla saya yang error,setelah saya instal ulang count feedburner saya langsung kembali normal.

    ReplyDelete
  18. kayaknya masalahku di pola makan sama pikiran ini mah...

    hmmmm...

    Nice info!
    :)

    ReplyDelete
  19. @Rudy Arra
    Banyak minum air putih dan menjaga kondisi perut dalam keadaan kenyang adalah salah satu hal yang dilakukan ketika kurang tidur...
    Terus cara kedua, aku setuju bahwa kurang tidur dapat diobati dengan tidur :)

    @Lidya - Mama Cal-Vin
    Kan bisa Blog Walking dulu mbak ketika bangun tidur :)

    @win3
    Asal dilakukan dengan baik tentunya harus ada niat ^._.^

    @HAYARDIN
    Makasih untuk kunjungannya kembali... kayaknya karena memang sudah fix masalahnya soalnya aku juga sudah kembali seperti semula tanpa instal ulang ^._.^

    @AuL Howler
    Sekarang atur dulu pola makannya yah kemudian tenangkan pikiran :)

    ReplyDelete
  20. wah ini penyakit gua banget ni kurang tidur, kalo lagi ga ada kerjaan malah suka begadang juga apalagi blogging huahahahahah. duh musti ketatin manajemen waktu juga nih. *iket kepala pake kain*

    ReplyDelete
  21. iya gan tidur memang sangat penting,,, terima kasih tips nya,,,

    ReplyDelete
  22. @Audrey Subrata
    Kalau begadangnya gara-gara blogwalking sih harusnya bisa ditunda paginya aja saat pikiran terasa segar, jangan samapai mengambil jatah tidur :)

    @karim
    Sama-sama... jangan sampai begadang yah :)

    @tukarinspirasi
    Sama seperti Audrey, bedanganya ditunda aja dulu, entar paginya baru blogging :)

    ReplyDelete
  23. betul sekali...penyakit kuu ini mii...

    ReplyDelete
  24. Asslamualikum, kalau pada kondisi orang yg kebasaan bangun tengah malam kemudian sulit untuk tidur lagi ... apa ada solusinya pak makasih .....

    ReplyDelete
  25. Kurang tidur banyak masalah yang ditimbulkan buat kita. setuju sekali mas. Nice blog.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+