21 August 2011

Manajemen Waktu

Posted by Fadly Indrawijaya , 23 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Manajemen waktu

Waktu adalah hal yang sangat berharga karena sedetik saja ia berlalu maka ia tak akan mampu kembali lagi. Waktu adalah cerminan hidup dimana baik buruknya masa depan kita itu ditentukan dari masa lalu dan masa yang saat ini kita jalani. Terkait dengan waktu, aku mencoba membuat sebuah kisah yang kuharap bisa mengilustrasikan betapa pentingnya waktu itu, berikut kisahnya.

Ridwan dan Toni sama-sama anak petani, keduanya bersekolah disekolah yang sama. Setiap pagi, Ridwan selalu bangun pagi dan ke kebun memetik sayur-sayuran. Setelah itu ia bersiap-siap kesekolah, sayur-sayur tadi kemudian dibawa oleh ibunya kepasar untuk di jual. Sepulang sekolah, Ridwan ke sawah membantu orang tuanya, di tengah-tengah kesibukannya, Ridwan masih menyempatkan membawa buku pelajaran dan mengerjakan beberapa tugas sekolahnya. Malam harinya ia tidur lebih awal setelah merasa semua tugas-tugasnya telah selesai.

Berbeda dengan Toni, setiap malam ia sering begadang berkumpul dengan teman-teman sebayanya sehingga terkadang ia bangun terlambat, saat di sawah, ia lebih sering bermain (Baca : Menyayangi binatang) dengan kerbaunya dan melupakan buku pelajarannya, baginya belajar itu di sekolah, di rumah itu untuk istrahat. Pada malam hari sepulang berkumpul dengan teman-temannya, Adi sudah merasa ngantuk sehingga tak sempat lagi untuk mengurus masalah pekerjaan rumah hingga terkadang ia harus mendapat hukuman dari gurunya karena tidak mengumpulkan tugas rumah.

Sekarang apa yang salah dari hal tersebut? kalau kalian menjawab bahwa Toni yang salah berarti pemikiran kita sama, kesalahan Toni karena ia tidak memanfaatkan waktunya dengan baik, berbeda dengan Ridwan yang berusaha memberikan manfaat disetiap waktunya sehingga waktu yang berlalu itu tidak sia-sia. Sekarang, mari kita sama-sama merenungi diri kita, setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu 86400 detik setiap harinya, dan yakinlah bahwa tidak ada orang yang diberikan waktu hanya 3000 detik atau bahkan 999000 detik. Waktu kita semuanya sama tapi mengapa sebagian dari kita mampu melakukan banyak hal dengan 86400 detik tersebut dan sebagian yang lain tak mampu melakukannya sambil berkata “ Aku tidak memiliki waktu yang cukup” atau mengatakan “Dia itu sukses karena dia punya banyak waktu”

"Waktu adalah cerminan hidup dimana baik buruk diri kita di masa depan ditentukan oleh masa lalu dan masa yang saat ini kita jalani" (Andi Fadly Indrawijaya, 2011)

Semuanya kembali pada diri kita sendiri, intinya adalah bagaimana cara kita mengatur waktu itu agar ia dapat kita gunakan disaat yang seharusnya, bukan hanya terbuang begitu saja seperti air yang mengalir. Inilah pentingnya Manajemen waktu, sebuah teknik yang digunakan untuk mengatur penggunaan waktu kita. Aku hanya berharap, setelah kalian membaca tulisan ini, tidak ada lagi yang merasa bahwa dirinya tidak memiliki waktu. Semuanya punya waktu yang sama namun itu semua kembali pada diri kita, bagaimana cara kita memanfaatkannya.

Demikian postinganku tentang “Manfaat Manajemen waktu”, jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini kepada keluarga atau teman-teman kalian dengan memilih salah satu jejaring sosial di bawah.

.: Baca juga tulisan lainnya :.
1. Lihat sisi positifnya
2. Kalau cinta, jangan takut ditolak
3. Tubuh juga perlu istirahat

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

23 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. kadang mengatur waktu/ mempergunakan waktu secara tepat adalah hal yang lumayan sulit n butuh pembiasaan yah??

    apalagi kalo kita termasuk org yg pemalas.. mhm.. bener2 sesuatu yg sulit tuh..

    bener kata kamu.. kembali ke diri kita masing-masing, mau apa ngga, bisa atau ngga tergantung niat dan usaha kita yah.. :D nice post.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih untuk responnya, maaf baru sempat balas sekarang.
      Meskipun mengatur waktu itu sulit tapi bukan berarti tidak bisa kan?

      Delete
  2. betul sekali sob, waktu adalah hal yang sangat penting, banyak orang yang sukses karena tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak penting dan mampu memfaatkan waktu dengan baik,, salam kenal kembali sob!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia nih sobat, harus bisa menentukan mana prioritas waktunya... semoga kita semua bisa menentukan mana prioritas yang tepat :)

      Delete
  3. "Waktu adalah cerminan hidup dimana baik buruk diri kita di masa depan ditentukan oleh masa lalu dan masa yang saat ini kita jalani" baru dengat, mantab.

    Sering aku tidak bisa mengatur waktu sehingga terkadang yg meski dilaksanakan tepat waktu jadi molor ga karuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju tuh sobat dengan kata-katanya.
      Masalah mengatur waktu, harus direncanakan dengan baik sobat biar gak molor :)

      Delete
  4. barangkali aku nih orangnya nyanteee banget. Cuman aja, sebetulnya sih, banyak mbantuin orang lain, banyak tersenyum, banyak makan enak... hidup itu indah kok. soal masalah serahkan pada Allah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak tub mbak soalnya nyatee aja jadi gak banyak pikiran kayak aku...
      Makasih untuk tips hidupnya yah mbak :)

      Delete
  5. salah satu harta yang tak ternilai itu sebetulnya waktu.
    waktu seperti halnya minyakbumi. tidak bisa didaur ulang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali mas, waktu itu sangat tidak ternilai, bahkan sedetik yang berlalu saja gak bisa terganti

      Delete
  6. iya bener banget.
    karena waktu nggak bisa diputer ulang.
    karena waktu yang udah lewat nggak akan bisa balik lagi.
    thx postnya yg udah ngingetin aku betapa berharganya satu detik itu.

    hmm, btw itu kok tb2 ada nama Adi muncul ya di cerita Toni? hehe :p
    "Pada malam hari.. Adi sudah merasa ngantuk sehingga tak sempat lagi....'

    met lebaran :D minal aidzin walfaidzin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... penulisnya gak konsen kepikiran ma mbak jadi namanya salah deh :D

      Syukurlah mbak kalau tulisannya bisa bermanfaat

      Delete
  7. demi masa, sesungguhnya kita dalam keadaan merugi...

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita merugi ketika tidak memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan baik kan mbak?

      salam kenal juga mbak :)

      Delete
  8. Waktu yang berlalu tak kan pernah kembali, umur yang diberi tak kan mungkin terganti..

    Gunakan sisa usiamu untuk beramal shaleh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, waktu dan umur itu gak akan pernah kembali sampai kapanpun jadi harus dimanfaatkan dengan baik :)

      Delete
  9. yepp, bner banget.
    waktu yg diberikan ke tiap2 orang sama. tinggal bagaimana kita menggunakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak, waktu yang kita miliki itu sama cuma cara kita yang mengaturnya yang membendakan antara mana orang yang merasa waktunya sedikit, mana yang merasa waktunya bermanfaat :)

      Delete
  10. makasih mas fadly karna sudah mengunjungi blog saya..
    Menurut saya Waktu kita tinggal di BUMI ini smakin berkurang mas, Jadi persiapkan diri ini Untuk waktu yg lebih lama..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu yang lama itu di akhirat yah mas, itu yang harus disiapin bekalnya :)

      Delete
  11. KARENA WAKTU ADALAH PEDANG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super sekali jawabannya *ikutin cara bicara Mario Teguh :)

      Waktu itu menjadi senjata ampuh ketika dimanfaatkan dengan baik :)

      Delete
  12. Ini yang masih sulit kulakukan sampai sekarang... mudah2an kedepannya lebih baik setelah baca postingan ini...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+