Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah Ramadhan, apa lagi?

Idul Fitri
Idul Fitri
Ramadhan akhirnya berlalu dengan segala kenangan dan pelajaran yang akan kita manfaatkan untuk menjalani 11 bulan berikutnya. Awal bulan syawal menjadi penanda dimana seorang manusia yang benar-benar berpuasa dengan baik akan di RESET dosa-dosanya sehingga ia seperti seorang bayi yang baru saja lahir, bersih dari dosa.

Ramadhan berakhir bukan berarti apa yang selama ini kita perjuangkan saat ramadhan juga berakhir. Ketika ramadhan kita dilatih untuk menunda waktu makan, bukan berarti sekarang kita bebas makan sepuasnya, tapi makna utama yang harus kita ambil adalah bagaimana kita makan secukupnya dan memberikan waktu pada lambung untuk mencerna makanan kita dengan baik.

Jika sebelum ramadhan, kita lebih sering shalat sendiri maka ramadhan mengajarkan untuk memperbanyak shalat berjamaah. Tak hanya itu, ramadhan melatih kita untuk terbiasa bangun ditengah malam untuk sahur dan setelah ramadhan, kita bisa membiasakan diri bangun tengah malam untuk melaksanakan shalat lail.

Ramadhan tak lepas dengan Al-Qur'an. Jika saat ramadhan kita sering membaca Al-Qur'an maka marilah membiasakan rutinitas membaca Al-Qur'an mulai dari saat ini.

Ramadhan melatih jiwa sosial kita dengan mencoba merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang kadang tak makan akibat keterbatasan ekonomi. Tak hanya itu, pelajaran sosial yang diajarkan oleh ramadhan adalah bagaimana agar kita mau berbagi pada sesama, baik itu ketika memberikan hidangan berbuka puasa ataupun ketika melaksanakan zakat fitrah.

Sekali lagi, Ramadhan telah berlalu dan marilah kita bersama-sama menanamkan dalam hati agar semangat tersebut masih terasa pada sebelas bulan berikutnya, amien....

9 komentar untuk "Setelah Ramadhan, apa lagi?"

  1. semoga setelah ramadhan semangat ibadahnya tidak kendor. Maaf lahir batin ya

    BalasHapus
  2. Om jadikan blog sahabat dong :(
    Http://Upi-jkt48.blogspot.com

    BalasHapus
  3. rindunya aku dengan ramadhan :(

    BalasHapus
  4. Many thanks for sharing this one.

    BalasHapus

  5. Bagi anda yang sedang ada masalah berat badan kini tersedia Obat langsing yang aman dan cepat hasilnya dalam menurunkan berat badan menjadi ideal terbuat dari bahan herbal asli Indonesia terbukti khasiatnya mengecilkan perut buncit dan lemak di tubuh lihat laman terkait

    BalasHapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan