12 March 2013

Apa itu Earth Hour?

Posted by Fadly Indrawijaya , 47 Komentar
Location: Indonesia

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Logo Earth Hour
Earth Hour | wikipedia.org
Lampu itu masih terus menyala meskipun tidak ada aktifitas di kamar itu. Dengan perlahan kakek itu melangkah ke kamar dan mematikan lampu diikuti protes dari cucunya.
“Kok kakek matiin lampu kamar sih? Kan gelap.” protes si cucu.
“Itu untuk menghemat energi cu, lagian kamarnya juga tidak digunakan jadi lebih baik dimatikan. Cucu tau gak, jika kita matikan satu lampu yang tidak terpakai, itu sama saja dengan memberikan kesempatan untuk mereka yang kesusahan listrik untuk mendapatkan penerangan.”
“Kalau gitu aku juga mau matiin dispenser dan AC di ruang tamu yah kek, kan tidak terpakai juga” ucapnya sambil berlari mengambil remote AC dan menekan tombol OFF.
Ngomong-ngomong tentang hemat energi, kali ini aku akan bahas tentang Earth Hour. Apakah Earth Hour itu? Mari kita bahas sama-sama di postingan ini.

Apa itu Earth Hour?

Earth Hour itu kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya jam bumi, mungkin bisa disimbolkan sebagai waktu yang diberikan oleh manusia untuk memperhatikan keadaan bumi ini. Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak terpakai selama 1 jam pada setiap hari sabtu terakhir minggu ketiga bulan maret setiap tahunnya.

Tujuan utama dari kampanye ini adalah mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah yaitu hemat energi karena ketergantungan manusia terhadap listrik terus meningkat dari waktu ke waktu sedangkan sebagian besar dari pembangkit listrik itu berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang menghasilkan gas rumah kaca pemicu pemanasan global.

Nah pemanasan global ini berdampak pada cepatnya proses pencairan es di kutub sehingga memicu naiknya permukaan air laut jadi tidak heran jika daratan rasanya semakin tenggelam. Selain itu, pemanasan global juga menjadi salah satu pemicu kebakaran hutan, pemutihan karang, perubahan iklim dan peningkatan potensi kepunahan keanekaragaman hayati terutama yang hidup di daerah tropis.

Sejarah Earth Hour

Sydney Earth Hour
Sydney Earth Hour | benmyall.com
Earth Hour berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF – Australia, Fairfax media, dan Leo Burnet untuk mengurangi gas rumah kaca di Sydney, Australia sebanyak 5% pada tahun 2007. Kolaborasi ini dimulai pada tahun 2004, saat itu WWF Australia mengadakan pertemuan dengan sebuah biro iklan, Leo Burnet untuk membicarakan solusi untuk menanggulangi masalah perubahan iklim yang semakin parah dan cara melibatkan warga Australia dalam kampanye isu perubahan iklim.

Tahun 2005, mereka mengembangkan sebuah konsep yang diberi nama “The Big Flick”. Inilah cikal bakal dari konsep Earth Hour. Pada tahun 2006, konsep ini kemudian diterapkan pada Fairfax media yang mendukung kegiatan ini. Akhirnya Earth Hour pertama dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2007.

Setelah itu, bulan Maret tahun berikutnya Earth Hour terus dilaksanakan sampai saat ini. Inilah catatan pelaksanaan Earth Hour dari tahun ke tahun.

Earth Hour 2007 (31 Maret 2007)
Earth Hour 2008 (29 Maret 2008)
Earth Hour 2009 (28 Maret 2009)
Earth Hour 2010 (27 Maret 2010)
Earth Hour 2011 (26 Maret 2011)
Earth Hour 2012 (31 Maret 2012)

Untuk tahun ini, Earth Hour dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2013

Earth Hour Panda
Earth Hour 23 Maret 2013 | viva.co.id

Apa yang harus dilakukan untuk mendukung Earth Hour?

Ada banyak hal sebenarnya, tidak terbatas pada kegiatan Earth Hour saja tapi kalian dapat berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour dengan memandamkan lampu dan alat elektronik yang tidak kalian gunakan pada tanggal 23 Maret 2013 jam 20.30 sampai 21.30 (waktu setempat), cuma 60 menit kok (bisa lebih kalau kalian mau). Tapi aksi penghematannya tidak cuma pada tanggal itu, jika sekarang kalian ingin menerapkan konsep hemat energi, kenapa tidak? Aksi peduli lingkungan lainnya yang dikampanyekan oleh Earth Hour adalah penghematan limbah plastik, membawa botol minum sendiri, naik angkutan umum, menolak styrofoam, dan berbagai aksi lainnya. Penjelasan terkait hal ini akan aku bahas pada postingan-postingan selanjutnya.

Kenapa harus hari sabtu akhir bulan Maret?

Earth hour dilaksanakan pada hari sabtu agar tidak mengganggu aktivitas rekan-rekan pada hari kerja, kan gak lucu matiin lampu di di kantor ketika hari-hari sibuk. Lagian hari sabtu biasanya digunakan sebagai hari untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga jadi setiap anggota keluarga juga bisa ikut melakukan aksi penghematan ini. (Baca: Hal seru bersama keluarga ketika pemadaman listrik)

Lalu mengapa pada akhir bulan Maret? Soalnya pada akhir Maret sebagian besar negara di seluruh belahan dunia mengalami pergantian musim sehingga suhunya cukup nyaman jika pendingin maupun pemanas ruangan dimatikan sejenak selama Earth Hour. Tidak ada yang kedinginan dan tidak ada yang kepanasan :) Alasan lain memilih akhir bulan Maret lagi-lagi karena sebagian besar negara di seluruh belahan dunia sudah cukup gelap sekitar pukul 20.30 – 21.30 sehingga efek pemadaman lampu saat Earth Hour lebih terasa, berbeda jika dilakukan pada pertengahan tahun dimana beberapa negara tertentu masih terang pada jam 8 malam, efek gelapnya tidak terasa :)

Setelah satu jam, jadikan gaya hidup

Arti logo Earth Hour

Eiffel Tower Earth Hour
Eiffel Tower | yabbedoo.wordpress.com
Pasti ada yang bertanya nih, sebenarnya apa arti logo 60+ yang digunakan oleh Earth Hour? Logo itu pada awalnya hanya berupa angka 60 bermotif bumi loh melambangkan 60 menit waktu yang digunakan untuk berpartisipasi dalam Earth Hour namun sejak 2011 logo tersebut mendapat tambahan tanda “+” (plus). Tanda plus itu sebagai simbol bahwa penghematan itu tidak hanya dilakukan selama sejam, tapi setelah itu kita bisa melakukan aksi penghematan tambahan. Kata magic dibalik angka 60+ itu adalah “Setelah satu jam, jadikan gaya hidup

Bagaimana serunya aksi Earth Hour? Yuk saksikan Official Video untuk Earth Hour 2013 berikut...

Sebelum mengakhiri postingan ini, yuk daftarkan aksi penghematan yang telah kalian lakukan melalui form berikut: Daftarkan aksi
Semoga tulisan ini bisa memotivasi khususnya dalam penghematan energi dan kepedulian terhadap lingkungan. Jangan lupa follow akun twitterku (@FadlyBiluPing) untuk tahu aksi-aksi apa yang telah aku lakukan bersama teman-teman earth hour... ini Aksiku, Mana aksimu?

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

47 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. betul sekali mas,
    satu jam saja,
    dan jutaan energi akan ter "aman" kan,
    kadang kita berfikir energi yang kita pakai ini tidak akan ada habisnya, padahal kenyataannya tidak demikian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 jam saja secara bersama-sama, efeknya akan terasa... lagian ini moment untuk saling mengingatkan bahwa energi itu perlu di hemat :)

      Delete
  2. tahun kamrain aq juga nulis ini hihi, tahun ini juga ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dong mbak, soalnya kalau cuma aku sendiri yang kampanyein, kan kewalahan juga :) Hemat energi itu tidak dinikmati sendiri manfaatnya tapi juga dinikmati oleh orang lain jadi jangan pernah berhenti berbagi...

      Delete
  3. Walaupun hanya satu jam, tetapi kalau dilakukan dibeberapa negara secara bergantian, efeknya pasti bisa terlihat.
    Saya ikutan daftar aah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, apalagi kalau event global kayak gini jadi lebih gampang mengajak yang lain untuk ikut berpartisipasi... Makasih sudah daftar mas, jangan lupa matikan alat elektronik yang tidak terpakai yah :)

      Delete
  4. kalo orang hindu ngadainnya pas di hari raya nyepi, pas tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. ia juga sih mas tapi lebih bagusnya ketika dilakuinnya bersama-sama... apalagi sampai saat ini udah ada 33 Kota di Indonesia yang mendukung, jadi jangan sampai ketinggalan...

      Delete
  5. satu jam yang akan sangat berpengaruh nii... dukung terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu jam itu hanya permulaan, setelah satu jam, perbaiki pola penggunaan listrik dan terus hemat energi :)

      Delete
  6. Sebaiknya tidak tanggal tertentu saja ya, selama tidak terpakai atau tidak ada gunanya lebih baik dimatikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... tujuan utamanya memang untuk mengajak agar masyarakat itu memulai kebiasaan hemat energi setelah itu... Earth Hour itu hanya permulaan dan setelah itu giliran kita yang melanjutkannya :)

      Delete
  7. Replies
    1. Malam minggu tanggal 23 Maret 2013 sobat.. kira2 10 hari dari sekarang :)

      Delete
  8. hmmm satu jam sangat mementukan sekali yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya satu jam mbak.. tapi setelah itu kita juga harus memulai hidup hemat energi :)

      Delete
  9. Replies
    1. Makasih kang untuk kunjungannya... sekarang kan udah tau jadi waktunya untuk di praktekin yah :)

      Delete
  10. unik jg tuh sob.., klo seluruh dunia gelap., penerangnya hny bintang dan bulan.., berbau romantis jdix *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak semua juga kok yang matiin lampunya sobat, cuma yang mau aja ikutan... jadi gimana, tertarik ikut gak?

      Delete
  11. Pesannya mungkin bukan penghematan energi kali ya Mas..Kalau cuma satu jam dalam satu tahun, seberapa banyak sih yg dihemat? Kampanye ini kayaknya lebih banyak untuk mengetuk kesadaran kita bahwa pemakaian energi itu sebetulnya bisa dihemat ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak, kampanyenya itu cuma berusaha mengajak orang-orang untuk sadar betapa pentingnya penghematan energi jadi tidak cuma saat event earth hour saja tapi setelah itu juga :)

      Delete
  12. Ya kita harus hemat energi. Matikan lampu2 dan alat elektronik yg tidak perlu. Hemat energi juga bisa mengurangi biaya listrik yang makin mahal ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali tuh mas, memang harus mematikan alat elektronik yang tidak perlu, untuk apa juga coba membuang2 listrik kalau tidak terpakai?

      Delete
  13. perlu dipublikasikan terus-terusan nih, supaya meningkatkan kesadaran kita semua tentang penghematan energi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia dong mbak, penghematan itu tidak boleh berhenti setelah event ini tapi harus menjadi sebuah kebiasaan... :)

      Delete
  14. tiap tahun ada yg nulis tentang ini, tiap tahun juga Indonesia tercinta berpartisipasi dalam earth hour.. baik earth hour dengan kesadaran sendiri dan terjadwal begini, maupun earth hour yg 'dijadwal' oleh PLN :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pemadaman bergilir itu sih karena kelebihan pemakain mbak, makanya kita harus hemat :)

      Maaf mbak, baru balas komentarnya :D waktu itu kelewatan waktu komentari...

      Delete
  15. Tau sih eart hour tp bru tw detailny waktuny skrng..
    Thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau tulisan ini bermanfaat mbak :)

      Delete
  16. Wah pas banget, baru aja ngedampingin anakku belajar, kls 2 sd, bsk mo ulangan science ttg saving energy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya diajak untuk hemat energi juga yah mbak... biar menjadi kebiasaan sejak dini :)

      Delete
  17. Terima kasih sudi singgah di blog saya..

    sokong earth hour :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung balik... Terima kasih untuk dukungannya :)

      Delete
  18. wah, keren nih mas.. hemat energi, untuk masa depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma untuk masa depan mbak, tapi untuk tagihan listrik bulan depan :)

      Delete
  19. jadi makin tau, sobat ttg jam bumi! Gmn ttg jam akherat? Di kampung gue biasanya pake ini buat jam sholat, skitar stngah jam lebih cpt dari jam biasanya. Hehehd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam akhirat juga tidak boleh diabaikan dong.... harus saling bersinergi satu sama lain :)

      Delete
  20. kamu pernah laksanainnya ga? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dong nuel... sebelum mengajak, kita sendiri yang harus memulainya pada diri sendiri, selengkapnya dapat dibaca di postingan berikutnya http://www.biluping.com/2013/03/earth-hour-indonesia.html

      Delete
  21. Salam ziarah..

    Waa bagus infonya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungannya mbak... semoga betah berkunjung :)

      Delete
  22. Jika semua manusia menyadarinya, 1 jam saja sangatlah berarti bagi bumi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu jam hanya permulaan, setelah itu mari menjadikannya sebuah gaya hidup

      Delete
  23. Satu Jam yang sangat berarti untuk Bumi kita yang tercinta ini ! Subhanawloh O:)

    ReplyDelete
  24. min minta ijin untuk mengutip tulisannya ya.. untuk digunakan sebagai bahan penelitian tentang earth hour pada aktivitas kelas perkuliahan Informatika Sosial berjudul High Impact Social Project..
    sangat bermanfaat min, sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan. jangan lupa sumber tulisan yah :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+