18 September 2012

Tips Mengatur Keuangan

Posted by Fadly Indrawijaya , 23 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Mengatur Keuangan
Rintik hujan terdengar begitu merdu ditelingaku, kebisingan yang sangat kurindukan setelah beberapa bulan menghilang akibat musim kemarau. Tadi sore, aku sempat membaca sebuah koran lokal yang mengatakan bahwa daerah Makassar belum memasuki pergantian musim, mungkin sekitar bulan oktober, katanya. Tapi pada kenyataannya beberapa hari ini sering turun hujan meskipun dalam intensitas yang rendah.

Aku kembali terdiam disebuah kotak persegi panjang yang selama ini menjadi tempatku berteduh dari panasnya mentari serta dinginnya malam dan hujan. Tak terasa empat tahun kotak persegi ini menemaniku (atau mungkin aku yang menemaninya), kotak persegi panjang yang kusebut sebagai kamar kos ini menjadi saksi perkembanganku melewati banyak proses kehidupan, tahap demi tahap yang menjadi pelajaran berharga untukku.

Berstatus sebagai "Anak Kos" akhirnya membuatku sadar bahwa aku memiliki bakat menjadi seorang manajer keuangan, manajer dalam hal ini adalah mampu memanfaatkan uang seminimal mungkin untuk hasil semaksimal mungkin. Bukan pelit loh, mungkin lebih tepatnya disebut berhemat. Aku yakin semua yang pernah mengalami masalah ekonomi yang terbatas akan mengerti maksud dari "Berhemat" ini.

Kali ini aku akan memberikan tips mengatur keuangan ala Manajer Keuangan :)

Tips 1: Tentukan Tujuan

Ibarat taksi, beda tujuan beda juga biaya yang akan dikeluarkan. Demikian juga dengan pengeluaran, ada baiknya mencatat apa saja kebutuhan berdasarkan tingkat prioritas. Barang apa saja yang benar-benar dibutuhkan saat ini, itu prioritas utama, kemudian berlanjut pada barang-barang apa yang dibutuhkan tapi masih bisa ditunda sesaat. Mengapa harus menentukan tujuan? Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran karena membeli barang yang belum terlalu dibutuhkan.

Tips 2: Hitunglah kekuatan

Kekuatan disini artinya adalah kemampuan finansial, berapa pendapatan saat ini, berapa uang yang saat ini dipegang, berapa anggaran bulanan. Intinya adalah berapa rupiah kemampuan kalian. Jangan membiarkan pengeluaran bahkan lebih besar daripada kemampuan kalian, ini seperti pribahasa "Lebih besar pasak daripada tiang". Jangan biarkan utang malah melilit karena hal ini.

Tips 3: Menabung

Hal sederhana yang sering kali dilupakan adalah menabung. Tak peduli seberapa besar pendapatan kalian, menabung itu tetaplah penting. Tabungan bisa menjadi cadangan keuangan yang bermanfaat terutama ketika terjadi kejadian yang tak terduga misalnya sakit, tagihan tiba-tiba, dll.

Tips 4: Utamakan kualitas

Dalam membeli barang, utamakan kualitas. Lebih baik membeli sebuah barang dengan harga sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas baik dibandingkan membeli berkali-kali barang murah namun memiliki kualitas yang kurang. Jangan mudah terpengaruh terhadap obral atau diskon besar-besaran, teliti terlebih dahulu sebelum membeli. Jangan biarkan anggapan "Kebetulan harganya murah" malah menjadi penyesalan.

Tips 5: Konsisten

Salah satu hal yang sulit dilakukan adalah konsisten. Mungkin hari ini mengikuti daftar tujuan yang telah dibuat tetapi esoknya malah melupakannya. Berusahalah untuk tetap konsisten ketika telah menentukan tujuan agar keuangan sesuai rencana.

Demikian tips sederhana dariku. Semoga tulisan ini bermanfaat utamanya dalam mengurangi sifat boros atau membeli barang tetapi tidak terlalu dibutuhkan. Jika ada tanggapan atau mau menambahkan kekurangan dari tips diatas, jangan ragu-ragu untuk menyuarakannya melalui kotak komentar. Kami sangat menghargai setiap tanggapan anda.

Sumber gambar:
Mengatur Keuangan: themoneywhisperer20.blogspot.com

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

23 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. @bee1k
    Semoga tipsnya bisa bermanfaatnya...

    ReplyDelete
  2. terima kasih tips keuangannya,...singkat tapi menginspirasi sy untuk mengatur ulang keuangan saya yg agak sedikit berantakan akhir2 ini.

    ReplyDelete
  3. @IrmaSenja
    Tips itu juga kugunakan dalam kehidupanku... semoga aja bisa menjadi ekonom ^._.^

    ReplyDelete
  4. repotnya, kalo duit lagi di tangan biasanya akal bisa tak terpakai. kalo lagi miskin sering muncul itung-itungan, tapi giliran duit segembol napsu merajalela

    ReplyDelete
  5. biasanya anak kos itu jago ngatur keuangan dikala kiriman gak datang-datang

    ReplyDelete
  6. @Arriyadh Prayugo
    Betul itu... kalau tidak merencanakan sekarang, berarti keuangan harus kembali tertunda pengaturannya :)

    @Muhammad A Vip
    Itu sebabnya ketika memiliki uang banyak, orang malah tidak sadar ketika tiba-tiba uangnya sudah berkurang begitu banyak soalnya gak sadar belanjaannya ^._.^

    @Gusti ajo Ramli
    Hahaha.... setuju sekali kalau yang itu, maklum pengalaman pribadi :D

    ReplyDelete
  7. manteb Kang, segala sesuatu jika di manajemen dengan baik,Insya Alloh hasilnya juga baik dan kita bisa memprediksi segala sesuatunya

    ReplyDelete
  8. Prinsip mengatur keuangan saya simple kok: beli sesuatu karena kemampuan dan membutuhkan. Jd kedua syarat tersebut harus ada jika memutuskna untuk embelanjakan uang

    ReplyDelete
  9. @Djangan Pakies
    Sesuatu itu harus diatur kang, soalnya kalau tiba-tiba lagi banyak uang malah beli barang yang belum dibutuhkan :D

    @ririe
    Kan sama dengan tips yang diatas... ingat nabungnya jalan terlupa yah :)

    ReplyDelete
  10. tipsnya bagus, apalagi no 5 susah melakukannya

    ReplyDelete
  11. @fitri2boys2
    Itu yang terpenting... meskipun sudah terencana tapi kalau tidak konsisten juga akan sia-sia ^._.^

    ReplyDelete
  12. @Lidya - Mama Cal-Vin
    Meskipun berat, harus diusahain yah... :)

    ReplyDelete
  13. heheh, selamat jadi anak kost gan. heheh, tips sederhana dari saya, ya utamankan pembayaran yang paling penting dulu. kaya bayar kost, bayar spp dan lain sebagainya, sisanya baru kita urus sambil jalan.

    ReplyDelete
  14. @cerita anak kos
    Kebtulan nih, masternya anak kos datang :D
    Betul sekali, pembayaran kuliah dan kos itu penting... itu prioritas utama ^._.^

    ReplyDelete
  15. wah bener banget kak.. itu sarannya.. untuk nabung masih agak sulit nih.. :( sering kepake :p jadi gak nabung-nabung..
    oya tambahan tips, kalau bisa cari kerjaan kecil kaya mengkopi tugas-tugas, ngeprint-in tugas temen, bikin-bikin sesuatu buat dijual. + berbagi dengan yang kurang mampu alias sedekah..

    visit my little cream button♥

    ReplyDelete
  16. @Adeayu
    Makasih yah de' untuk sarannya, sebenarnya sih sebelumnya terpikir juga tentang itu cuma judulnya kan "Tips Mengatur Keuangan" dalam artian bahwa memanfaatkan uang yang dimiliki saat ini... Mungkin dutulisan berikutnya tips tersebut akan kutulis :)

    ReplyDelete
  17. masih terus belajar untuk hemat :) nice post

    ReplyDelete
  18. @Uli kerenzia
    Belajarlah mulai dari hal yang sederhana hingga akhirnya dirimu tak sadar bahwa kini dirimu menjadi luar biasa

    ReplyDelete
  19. oh iya ya ka.. tentang mengatur keuangan, bukan memanfaatkan uang :D kalau memanfaatkan uang, mungkin sedekah masuk juga :D

    ReplyDelete
  20. @Adeayu
    Ooh...iya de'. Kalau sedekah itu harus diusahain...
    Sedekah ketika lagi kekurangan justru lebih baik de' :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+