09 December 2011

Biluping memasang iklan

Posted by Fadly Indrawijaya , 14 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Kawan, semalam jam menunjukkan pukul 11.30 saat aku menulis postingan ini di selembar kertas. Jam seperti itu harusnya aku sudah berada di alam mimpi dan membiarkan tubuhku beristirahat namun aku masih terjaga, sesekali aku menggaruk kepala dan berusaha berpikir. Hari ini, sepulang melaksanakan kewajibanku sebagai umat Islam untuk shalat Jum'at secara berjamaah, aku baru memindahkan tulisan ini dan siap mempostingnya agar kalian semua dapat membacanya.

biluping

Hari ini Rumah Persahabatan akan membahas tentang Wikipedia, aku yakin kalian mengenal nama ini atau paling tidak pernah mendengarnya. Wikipedia adalah ensiklopedi online terbesar saat ini namun aku tidak ingin membahas hal itu lebih detail tapi jika beberapa hari ini kalian mengunjungi situs tersebut maka kalian pasti tahu bahwa saat ini Wikipedia sedang mengalami masalah keuangan itulah sebabnya Jimmy Wales (pendiri Wikipedia) dan Bradon Harris (Programer Wikipedia) memohon donasi kepada kita semua, khususnya pengguna Wikipedia.

Apa yang saat ini di alami Wikipedia sepertinya aku alami juga. Sedikit kisah hidupku, Sebagai seorang calon penerus bangsa, aku harus tinggal jauh dari orang tua, meninggalkan kampung halamanku dan menetap di sebuah kota padat penduduk. Hal inilah membuat statusku berubah menjadi “Anak Kos”.

Tak perlu kuceritakan juga lebih jauh tentang kehidupan anak kos, tapi mungkin suatu saat aku akan menulisnya. Berusaha berhemat, Menerima dengan ikhlas, Sabar, Tidak banyak mengeluh adalah filosofi yang harus kami pegang sebagai seorang anak kos. Kawan, kami bisa saja makan Ayam goreng hari ini ditemani dengan beraneka ragam sop dan jus tapi bagaimana dengan besok? Apakah kami masih bisa makan? Daripada hari ini kami makan boros dengan makanan tersebut, lebih baik kami memilih makan tempe tahu, telur, ikan asing, dan mie instan asal kami bisa bertahan hingga kiriman uang/gajian datang mengisi kantong-kantong kami yang kering.

Kawan, terkadang kami hanya makan nasi dan kecap, terkadang juga kami harus menunggu tetangga kami bertanya apakah kami sudah makan atau tidak sehingga kami akan menjawab “belum” karena saat itu persediaan beras kami sudah habis.

Jika selama ini kalian bertanya mengapa aku jarang update blog atau blogwalking, itu juga karena aku harus menentukan keputusan “Apa aku beli lauk hari ini atau aku berusaha menjumpai kalian dan membuat kalian senang dengan komentar yang ku berikan pada blog kalian. Aku tahu bahwa kita itu saudara sehingga membuat kalian bahagia merupakan salah satu kewajibanku sebagai seorang manusia.

Aku terus berusaha hadir di antara kalian meskipun terkadang langkahku harus tertatih melewati hari yang rasanya lebih lama dari 24 jam ini namun aku tak pernah menyesal dengan hal tersebut kawan karena kutemukan suasana keakraban dan hangatnya persahabatan saat berada di antara kalian, kutemukan semangat yang kadang membuatku tersenyum dengan sendirinya saat kujumpai komentar-komentar kalian di postinganku dan saat kubaca kisah-kisah kalian yang penuh inspirasi untukku.

Jika saat ini aku tidak tersenyum, bagaimana kalian akan tersenyum saat melihatku?

Kembali pada topik kita, Jika dilihat dari sisi ekonomi, masalah biluping dan masalah Wikipedia tampaknya masalah yang sama, Wikipedia butuh bantuan uang untuk melanjutkan situs tersebut dan demikian juga denganku yang butuh beberapa rupiah agar aku mampu mempertahankan tiang-tiang Rumah Persahabatan kita sehingga ia masih mampu menjaga semua impian yang kuteduhkan dibawahnya. Namun aku bangga dengan apa yang dilakukan Wikipedia karena ia tetap pada komitmenya untuk tidak memasang iklan pada website tersebut, hal ini bertolak belakang denganku yang pada akhirnya harus memasang iklan di blogku dengan harapan akan ada sedikit rupiah yang mampu membuatku terus online di dunia maya ini.

Tenanglah kawan, disini aku akan tetap tersenyum untuk kalian, meskipun terdengar egois atau melebihkan diriku sendiri tapi inilah prinsipku “Jika saat ini aku tidak tersenyum, bagaimana kalian akan tersenyum saat melihatku?”

Maaf jika iklan tersebut mengganggu penglihatan kalian, tapi percayalah bahwa aku sedang berusaha agar iklan-iklan itu tidak mengganggu kalian saat membaca tulisan-tulisanku. Kuharap hal tersebut tidak menjadi sebuah pembatas untuk kita saling bertegur sapa satu sama lain.

Mungkin ini dulu tulisanku tentang Biluping memasang iklan, aku harap tulisan ini dapat memberikan sebuah harapan atau motivasi sederhana untuk terus menulis karena lewat tulisan itulah, kita para blogger mampu mengubah dunia. 

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

14 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. hehe, ga masalah. Kembali lagi ke niat untuk ngeblog sedari awal untuk apa :D

    ReplyDelete
  2. semoga berhasil dg iklan dan rumah sahabatnya ya :D

    ReplyDelete
  3. klo saya nyatai saja, dalam arti jika semua memungkinkan ya beli pulsa sambil senyum klo nggak ya offline sambil bersiul. makasih ttg info Biluping nya

    ReplyDelete
  4. Dilema banget nih, antara ngeblog dan perut.
    Semoga bisa bijak ya...
    Semoga sukses ya, pemasangan iklannya :)

    ReplyDelete
  5. Malam semakin larut namun aku masih mendengar rintik hujan ini

    > Iskaruji dot com
    Makasih atas komentarnya, memang masalah blog aku harus berpikir dengan keras, aku bukannya berpikiran materialis tapi aku hanya berusaha bertahan dengan semua ini

    > Ila Rizka Nidiana
    Aku ngeblog untuk saling berbagi informasi, dan saling sapa seperti yang saat ini kamu lakukan dengan cara mengunjungi blogku, makasih yah

    > Miawruu
    Lama yah tidak jalan kesini mia, makasih atas harapannya :)

    > Nyach
    Memang sih aku bisa saja seperti itu, kalau sehari dua hari sampai seminggu tidak ngeblog mungkin rasanya biasa tapi kalau lebih dari itu rasanya aneh juga, seperti ada hal yang kurang

    > Kakaakin
    Itulah hidup kawan, banyak dilema yang akan kita hadapi, Makasih untuk kunjungannya yah

    ReplyDelete
  6. Pasang saja sob,apalagi bisa menghasilkan,lumayan khan.Yang penting keberadaannya tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.Ane sudah suport tuh,semoga bermanfaat tuk sobat.Makasih sharingnya,happy blogging.

    ReplyDelete
  7. gak papa fadly nanti pasti ada manfaatnya hidup hemat seperti itu :)

    ReplyDelete
  8. wajarlah untuk penerimaan iklan untuk sebuah blog,semoga tetap exsis dan sukses dengan program iklannya ya sob,salam kenal dan salam persaudaraan.

    ReplyDelete
  9. emang seharusnya begitu sop...yang penting kreasinya mengacu pada pendidikan,,,terutama kebutuhan pelajaran kuliah, walaupun iklan to the imcom benefit for reward...
    sucses to blogger end kreativity biluping...by.

    ReplyDelete
  10. lama gak kesini..... tampilan baru ya...
    apapun keputusannya...yg penting terbaik bagimu sobat...

    ReplyDelete
  11. Kehidupan kos yang eperti ini yang memebuat saya serng senyum sendiri mengingat kejadian saat itu.

    ReplyDelete
  12. santai saja dulur, kita senasib sepenanggungan kok.. selama halal napa tidak kita manfaatkan blog kita. Setiap BWpun selain membaca artikel, saya juga selalu budayakan mengklik manakala ada iklan yang terpampang di blog orang.. Saya lakukan itu karena saya tahu betapa tidak mudahnya menjadi seorang pemulung di dunia maya...

    Semangat...........!

    ReplyDelete
  13. ahh, status kita sama kok sob, anak kost.. semoga iklan2 itu bisa terus membuat kita bisa untuk saling bertukar informasi.. semangaaattt!! pasti akan ada jalan terbaik.. :)

    ReplyDelete
  14. Lihat semua komentar di posting ini, aku semakin merasakan suasana kekeluargaan itu

    > Er'end
    Mksih yah sobat karena sudah di support

    > Ninda Rahadi
    Hidup hemat memang akan bermanfaat, baik bagi mereka yang memiliki apalagi bagi kami anak-anak kos

    > Darmanto
    Makasih atas kunjungan dan dukungannya yah

    > Ridwan
    Tenang aja sobat, aku memang berusaha jadiin blogku sebagai sarana pendidikan meskipun beberapa bagian juga harus menyinggung tentang hidupku

    > Haryanti Sukma
    Iya nih tampilan baru, cari yang ringan-ringan gitu tampilannya soalnya aku kan koneksi pakai modem jadi terkadang buka blog sendiri saja terasa berat jadi cari yang ringan aja

    > Nyach
    Kejadian inilah yang tidak akan terlupakan, iya kan?

    > Lozz Akbar
    Iya sobat, betul sekali tuh. Meskipun terkadang kita sudah tahu iklannya seperti apa, tapi hitung-hitung sedekah sesama blogger, iya kan?

    > Dnenok Habibie
    Makasih yah atas dukungannya sobat

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+