Dampak negatif kurang tidur


Kurang tidur

Aktifitas yang padat terkadang membuat manusia lalai terhadap waktu yang ia miliki sehingga terkadang waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat malah terkuras untuk bekerja. Tubuh ibarat sebuah mesin, jika mesin tersebut dinyalakan terus menerus maka suatu saat mesin itu akan mencapai titik puncak kemampuannya dan akhirnya ia akan rusak, begitu juga dengan tubuh yang terus dipaksa bekerja tanpa diistirahatkan, maka suatu saat tubuh tersebut akan drop.

Saat tubuh terasa lelah dan butuh istirahat, biasanya ia akan menunjukkan beberapa tanda sebagai indikator untuk segera beristirahat (Baca: Tanda tubuh butuh istirahat). Sebagai seorang yang bijak, kita seharusnya tak melalaikan tanda-tanda itu.

Apa dampak negatif kurang tidur?

Dampak yang sering dirasakan oleh mereka yang kurang tidur adalah merasa ngantuk pada keesokan harinya tapi apakah hanya itu dampak dari kurang tidur? Tentunya tidak, ada dampak yang lebih buruk lagi membayangi mereka yang kurang tidur. Berikut beberapa dampak negatif dari kurang tidur.

Merusak Mood

Kurang tidur akan menghambat efektifitas bekerja seseorang, tak hanya rasa kantuk yang berat tapi juga merasakan mood yang kurang baik. Hal lain yang juga dirasakan oleh mereka yang kurang tidur adalah selalu merasa jenuh melakukan sesuatu, terkadang lebih banyak melamun.

Meningktkan stres

Siapa sangka kalau ternyata kurang tidur malah memicu stres hal ini karena produksi hormon stres atau biasa disebut Kortison mengalami peningkatan. Itulah sebabnya mereka yang kurang tidur akan lebih sering mengalami stres. Bagi mereka yang sedang banyak masalah, dianjurkan untuk tidak mengurangi jatah waktu tidurnya agar lebih terhindar dari stres.

Nafsu makan tak teratur

Salah satu yang dihindari mereka yang sedang diet adalah makan berelebihan sehingga nafsu makan harus diatur dengan baik agar diet berjalan maksimal namun berbeda bagi mereka yang kurang tidur, ia akan merasa kesulitan mengontrol nafsu makan disebabkan hormon Leptin yang berkurang. Hormon Leptin adalah hormon yang mengatur nafsu makan sehingga ketika hormon ini berkurang maka nafsu makan akan susah dikendalikan hingga tercipta pola makan yang berlebihan.

Tampak lebih tua

Siapa yang ingin tampak lebih tua? Tentunya tak ada yang ingin seperti itu. Setiap orang mendambakan kulit yang cerah, halus dan tidak berkeriput sehingga tak heran jika selama ini di layar kaca dihiasi oleh berbagai iklan perawatan kulit. Salah satu hal yang menyebabkan seseorang tampak lebih tua adalah produksi Kolagen dalam tubuh. Produksi kolagen menjadi kurang maksimal saat seseorang kurang tidur. Jadi jika ingin memiliki kulit yang indah, harus menjaga tidurnya lebih baik.

Sistem kekebalan tubuh menurun

Dampak jangka panjang bagi mereka yang kurang tidur adalah sistem kekebalan tubuh yang menurun, hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam sehari beresiko tiga kali lipat lebih mudah terserang flu.

Serangan penyakit kronis

Jika sebelumnya dikatakan bahwa tidur kurang dari 7 jam sehari dapat meningkatkan resiko terserang flu, bagaimana dengan mereka yang tidur kurang dari itu? Tentu saja dampaknya lebih buruk, semakin kurang waktu tidur maka penyakit-penyakit berat akan lebih membayangi. Tidur kurang dari 6 jam sehari beresiko terserang penyakit kronis, antara lain peradangan kronis, serangan jantung, diabetes, osteoporosis.

Itulah tadi beberapa dampak negetif dari kurang tidur, semoga saja kita lebih bijaksana mengatur waktu sehingga tak ada lagi korupsi untuk jatah waktu. Biarkan tubuh tidur pada waktunya.

Sumber gambar:
  • Kurang tidur : tahesta.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

35 Komentar untuk "Dampak negatif kurang tidur"

  1. Balasan
    1. Aku juga serem sebenarnya...soalnya aku pada dasarnya termasuk orang yang kadang melalaikan waktu istirahat

      Hapus
    2. Woii..pas banget neh, dua malam ini saya tdr dr sore lho...

      Hapus
    3. Mungkin itu karena kecapaian karena di paksain bekerja terlalu lama

      Hapus
  2. owwwhhhh tidakkkk...??!!!
    mulai ntr mlem,qu mesti cpet bobok nih,,,


    MAMPIR yah....
    kunjungan prtma,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus diusahain waktunya yah..
      Kok kunjungan pertama sih?kan postingan sebelumnya udah berkunjung, lupa yah.....

      Hapus
  3. hikz hikz saya sering nih kena dampak kurang tidur :(

    makasih artikelnya fadly, bermanfaat sangat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu, mulain sekarang tidurnya harus teratur yah...jangan sampai terkena dampaknya lagi karena kurang tidur..

      Hapus
  4. astaga... seram juga dampaknya :s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi jangan sampai tidurnya kurang yah de'... harus bisa atur waktunya

      Hapus
  5. bener~
    harus tidur yaaaahh 5-8 jam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok ada 5-8 jam sih? tidur yang optimal itu 8 jam jadi jangan sampai hanya 5 jam, itu berbahaya

      Hapus
    2. habisnya kan belum tentu bisa 8 jam.. setidaknya 5 jam sudah ok.. begitu.. hehehe #ngeles

      Hapus
  6. Wah menakutkan sekali kalau kita kurang tidur,,,kalau gitu saya mau tidur dulu deh Mas Fadly hehehe...

    oh ya lama gak mampir kesini nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa kawan, mungkin aku yang udah lama tidak blog walking jadi tidak dapat jatah kunjungan deh :)

      Hapus
  7. Semua butuh keseimbangan sobat. Justru dengan tidur yang cukup, stamina tetap terjaga. Bekerja pun akan lebih semangat kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, semua butuh keseimbangan, Sudah bekerja, istirahat jangan dilupakan

      Hapus
  8. Kunjungan hari senin pagi naih sobat

    BalasHapus
  9. terjumpa info ni, juga pasal kurang tidur… sharing is caring :) - Kanser Angkara Kurang Tidur

    BalasHapus
  10. Berarti tahulah kenapa emak2 yang punya bayi itu kadang keliatan kusut dan kusam yaaaa >_< *ngaca di cemin*

    BalasHapus
  11. chika sering banget kurang tidur hikss :(

    BalasHapus
  12. sering banget kurang tidur kalu lagi hari-hari latihan tonti :(
    makasih ya mas infonya :)

    BalasHapus
  13. Saya termasuk orang yang hobby begadang... istirahat hanya 3-4jam sehari. wedewww --"

    BalasHapus
  14. Hadoh., banyak banget, mana ngeri-ngeri lagi sob, apalagi yg bikin cepet tua tuh, gimana nih sob? Ane sring banget kurang tidur, ane tidur jam 21.00 lalu bangun jam 03.35 untuk tahajud dan ngeblog sampe pagi, gitu setikap harinya sob.... #cemas

    BalasHapus
  15. banyak ya efeknya... saya sering juga begadang, wah harus mengurangi neh...

    BalasHapus
  16. uww kalo gw kadang suka kena penyakit kebanyakan tidur. hmmmm malah kebalikan nya nih bro. hehhe

    makasi yah info nya

    BalasHapus
  17. wah..kalau merusak mod memang sering saya rasakan :)

    BalasHapus
  18. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus
  19. bener tuch, kadang kalo kurang tidur, kepala jadi puyeng..

    BalasHapus
  20. wah serem juga efeknya kalau kurang tidur. mulai sekarang harus tidur lebih awal

    BalasHapus
  21. hati-hati lhooo....sudah tau resiko q masih begadang teruuuussss....utamanya yg punya blog ini....

    BalasHapus
  22. jaga kesehatan ya deeee........

    BalasHapus
  23. Ngeri juga ya mas dampaknya.

    BalasHapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel