Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa saya jadi blogger?

Pertanyaan ini kembali muncul di layar monitorku hari ini, beberapa jam saat saya terkoneksi di internet. "Mengapa saya jadi blogger?" ini seperti sebuah pertanyaan yang sakral bagiku, itu rasanya seperti seorang superhero yang baru saja menyelamatkan dunia kemudian ditanya "mengapa anda jadi superhero? mengapa tidak jadi karyawan misalnya?"

Blogger itu pilihanku

Hidup adalah pilihan, itulah jawaban pertamaku. Blogger adalah pilihanku, pilihan dari begitu banyak pilihan yang tersedia pada saat ini untuk menyalurkan isi pikiranku menjadi sebuah rangkaian kata. Alasan ini juga yang membuatku hanyut dalam dunia ini ketika mengenalnya pertama kali di akhir tahun 2008. Saat itu, saya melihat sebuah blog sebagai tempat untuk menulis dan itulah pilihanku.

Karena sayang dengan blogku

Kata sebuah pepatah, tak kenal maka tak sayang. Rasanya pepatah ini betul soalnya setelah mengenal blog, saya akhirnya sayang padanya. Dimasa-masa awal mengenalnya, upaya PDKT pun gencar saya lakukan, hampir tiap hari saya mendatanginya di warnet. Tentu saja saya harus berhemat juga sehingga kadang (bahkan lebih sering) saya hanya duduk kurang dari 20 menit di warnet kemudian pulang (saat itu, online 20 menit di warnet adalah Rp.1000), walaupun hanya sejenak tapi setidaknya rindu bisa terobati kan? (Melepas rindu juga harus hemat). Khusus untuk trik berhemat ini, saya biasanya menyiasati waktu ini dengan mengunjungi warnet sekitar 30 menit sebelum jam kuliah sehingga mau tak mau, saya tak boleh tinggal lama diwarnet soalnya harus ngejar waktu kuliah (ini akan mencegah keinginan online berlama-lama) :D Saking sayangnya dengan blog ini, saya bahkan komplain ke google ketika suatu hari blog ini tiba-tiba dihapus tanpa alasan dan tanpa pelanggaran, syukurlah ia akhirnya dikembalikan.

Blogger melatih kreativitas

Ya, blogger itu melatih kreativitas saya. Contohnya saja nama blog saya "BiluPing" ini adalah sebuah kreativitas saat saya bingung mencari nama untuk domain, saya akhirnya memutuskan menggunakan 2 buah warna yang begitu serasi, biru dan pink (merah muda), kebetulan warna biru adalah warna favoritku. Tapi sebelum memutuskan, saya kembali berpikir "biru dan pink adalah kata yang umum digunakan, ini akan sulit untuk dijadikan sebuah brand" akhirnya dengan membahkan sedikit kesan imut, nama "BiluPing" pun muncul. Gimana kreatif kan? :D

Tak hanya itu, menjadi seorang blogger "memaksaku" untuk terus mencari ide-ide baru untuk tulisanku. Bagaimana merangkum beberapa berita menjadi sebuah postingan yang dapat diperiksa kebenarannya dan juga bagaimana membahasakan isi pikiran yang sehingga muncul dalam bentuk kalimat. Saya terkadang bahkan mengibaratkan blogku itu seperti sebuah harian lokal yang mengejar deadline untuk segera menerbitkan berita dan saya wartawannya :D ini biasa kulakukan untuk kembali meningkatkan isi blogku. Setidaknya berkat blog, bakat menulisku terus diasah.

Blog mengajarkan banyak hal

Internet itu ibarat sebuah daerah yang sangat luas dan ditempat luas tersebut saya telah menemukan sebuah perkampungan yang bernama "Blog". Disanalah saya belajar banyak hal karena setiap warga di kampung ini memiliki ceritanya sendiri-sendiri, mereka yang tinggal diperkampungan ini adalah mereka yang suka bercerita, setiap hari selalu ada bahan untuk diceritakan, entah itu curhatan ala kadarnya, sampai nasehat-nasehat yang membangun salah satu contohnya adalah pengalaman Dg.Ipul, bagaimana ia mengambil keputusan penting untuk keluar dari zona nyamannya dimana ia bekerja begitu lama atau cerita tentang Kang Pakies, seorang blogger yang mengajarkan kesederhanaan hidup dan masih banyak kisah inspirasi lainnya yang tersaji tanpa henti di kampung bernama blog ini. Bukankah "pengalaman adalah guru yang sangat berharga?" termasuk pengalaman orang lain. Dari pengalaman-pengalaman merekalah saya mengenal banyak hal yang sebelumnya tak pernah saya ketahui, dari cerita-cerita di blog merekalah saya belajar banyak tentang cara memaknai hidup.

Blog "memaksaku" bersilaturahim

Menjadi seorang blogger, rasanya tak lengkap jika hanya posting tulisan. Ada sebuah tradisi turun temurun bernama "Blogwalking" yang harus dijalani seorang blogger. Blogwalking atau di dunia nyata kita menyebutnya sebagai silaturahim/bertamu adalah aktivitas dimana seorang blogger berkunjung pada blog orang lain untuk merespon postingan orang tersebut. Hal ini biasanya berlangsung timbal balik dimana orang yang dikunjungi akan berkunjung balik asalkan profil pengunjung menampilkan alamat blog dengan jelas. Blogwalking ini merupakan hal wajib bagi seorang blogger karena disitulah kita akan saling mengenal dengan blogger lainnya. Silaturahim ini tak hanya pada tahap blogwalking saja tapi bisa juga dengan KOPDAR (Kopi Darat) dimana blogger tersebut bertemu langsung di dunia nyata. Salah satu event KOPDAR terbesar adalah event KOPDAR Blogger Nusantara yang diadakan hampir setiap tahun (Baca: Kenangan Blogger Nusantara 2012)

Intinya, blogger adalah salah satu hal luar biasa dalam hidupku. Tak peduli meskipun saat ini gempuran jejaring sosial menjamur tapi rasanya tak ada yang dapat mengantikan posisi blog sebagai mediaku menyalurkan informasi. Itulah "Jawaban" dari pertanyaan "Kenapa". Selamat Hari Blogger Nasional :)

Sumber gambar:
Blogger | kenthoescahsolo.blogspot.com

44 komentar untuk "Kenapa saya jadi blogger?"

  1. Saya sepakat. Bagian "Silaturahmu" dan "mengajarkan banyak hal". Ini akan membuka wawasan kita terhadap lingkungan dan melatih kepekaan kita teradap nasyarakat yang berbeda buah pikiran dan pandangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kang Asep, setidaknya bersilaturahim sambil menambah wawasan adalah hal yang istimewah dari blogger. Cukup bekal blogwalking dan dapat banyak info.

      Kang Asep, komentar postingan sebelumnya tentang teleskop sudah saya respon :)

      Hapus
  2. banyak yang di dapat dari kegiatan ngeblog ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, ngeblog itu banyak sekali manfaatnya bagi diri sendiri dan orang lain :)

      Hapus
  3. kenapa saya jadi blogger?
    "sebrodo teiung..emangnya gue pikirin", ujarku sambil ngloyor masuk kedapur nyeduh kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mang Lembu, Sebrodo teiung itu apa toh? wong saya gak ngerti :)

      Hapus
  4. itu semua alasan saya ngeblog, meski blom konsisten :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2, meskipun belum konsisten tapi sedikit demi sedikit aja dulu. Saya juga masih belum konsisten postingnya :)

      Hapus
  5. Yup bener mas, ngeblog merupakan media kita buat belajar bicara :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Becara melalui tulisan dan bicara secara lisan mba :)

      Hapus
  6. memang benar sih,blog itu banyak mengajarkan kita untuk lebih banyak berfikir ,berkreasi,berimajinasi dan lainya yang sangat bermanfaat bagi orang banyak tentunya,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas, kita "dipaksa dan disuruh" untuk terus cari ide untuk postingan selanjutnya :)

      Hapus
  7. sepakat mas, blog itu mengajarkan kita banyak hal...
    belajar menulis dari sana, bahkan untuk bisa rajin membaca pun mesti dari sana :D
    salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, harus rajin membaca juga untuk menemukan ide-ide baru untuk bahan postingan berikutnya :)
      makasih kunjungan baliknya :)

      Hapus
  8. wow... sudah lama ya, ngeblog dr th 2008. Dgn ngeblog bnyk manfaat yg diperoleh dan yg ditebar ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat blognya memang udah lama mba tapi updatenya masih ala kadarnya, kadang posting kadang tidak :)

      Hapus
  9. selamat hari blogger ya :)

    ngeblog okeh dah, susah di kata-katain, maksudnya diwakilkan dengan kata-kata, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya ngeblog aja terus mas biarpun gak bisa diungkapkan dengan kata-kata :D

      Hapus
  10. Mantab nih mas alasanya, kalau saya sih alasanya menjadi bloger hanya memindahkan catatan Harian dari buku ke Online, sukur - sukur blognya menghasilkan dollar seperti sekarang ini ... hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi-bagi tipsnya dong mang Yono soalnya blogku malah belum dapat dollar nih :)

      Hapus
  11. Hihihi alasanku jadi blogger adalah .. self healing ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyembuhkan diri gimana mba, mungkin bisa bagi tipsnya :)

      Hapus
  12. dengan ngeblog memang bertambah banyak temen sih..
    hehe..semangat update blog..semoga tidak saat euforia hari blogger nasional saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ikut mood juga sih ngeblognya jadi gak bisa dibilang euforia :D

      Hapus
  13. Kurang lebih sama.. Kalok aku sih karena pengen punya banyak temen.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Beby udah dapat teman kan? Salah satunya saya :)

      Hapus
  14. Hola blog bilupink...iya..jd blogger akhirnya mengasah kemampuan kreatifitas kita dan mengajak kita selalu beraktifitas drpd manyun .. iya gak...? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, blog juga memberikan kita waktu untuk sejenak menyibukkan diri dibanding cuma manyun :D

      Hapus
  15. Hai, ini kunjungan perdanaku juga..., kunjungan balik neh...hehe! Aku baru ngeh ternyata 'BiluPing' itu Biru dan Pink, kirain nama daerah atau apa gitu, hihi. Aku jadi blogger sejak 2004 dan sampai sekarang juga masih sih walaupun jarang nulis juga, hehe, sibuukk...! Dan, menurutku, jadi blogger banyak untungnya sih, selain cuma sekedar mengasah kemampuan menulis, dan lebih dari itu. Keep blogging yah! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama juga yah mba. Udah 10 tahun ngeblognya. Ia mba, blogger banyak untungnya, bisa dipakai untuk menyimpan kenangan juga :)

      Hapus
  16. Kita bisa saling kenal krn kita punya kesamaan, yaitu sebagai blogger. ;) keep blogging Fadly. Btw, aku juga suka biru ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh mbak Nurul mampir sini. Makasih kunjungannya mbak.
      Betul sekali, kita kenalnya di dunia nyata gara-gara blog :)
      *Tos dulu yang suka biru*

      Hapus
  17. Tetap konsisten menulis dan nge-blog ya..., biar bisa jadi penyemangat bagi blogger-blogger yang kadang masih mood-mood an buat nulis seperti saya ini. Saya juga membuat blog di blogspot tahun 2008, tapi karena kesibukan jadi agak seret nulis. Sepertinya harus banyak belajar ini.
    Kunjungan balik ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, saya juga perlu belajar soalnya kadang posting kadang juga beberapa hari/minggu malah tidak posting. Makasih kunjungan baliknya :)

      Hapus
  18. denga ngeblog kita bsa berbagi wawasan dan iformasi terbarunya , serta dapat menambah lbh banyak teman lagi ,, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas. Makasih untuk kunjungannya :)

      Hapus
  19. Mengapa saya jadi blogger?

    Dulu suka nulis diary, pas SMP nemuin teknologi blog jadi suka ngeblog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah SMP nemuin blog berarti termasuk generasi muda yah mbak :)
      Makasih kunjungannya.

      Hapus
  20. kalau saya kenapa ya, jadi blogger?
    seperti saya belum bisa disebut blogger beneran, karena cuma ngisi sisa-sisa waktu, walaupun ada niat untuk belajar menekuninya. entahlah.

    saya cuma ingin lebih banyak belajar nulis, itu barangkali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, meskipun saya punya blog tapi rasanya juga belum bisa disebut blogger karena postingannya sangat jarang :D

      Hapus
  21. menjadi seorang blogger , karena saya sendiri ingin berbagi suatu hal , bukan hanya materi melainkan informasi dan hal yang jarang diketahui orang.

    dengan adanya blog , kita mampu untuk merangkai kata-kata yang baik dan lugas yang dapat kita bahas.sebenernya banyak tujuan saya dari ngeblog , tapi yang ingin saya utamakan adalah berbagi , cuman itu saja simple tapi luas maknanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan blog, kita tak hanya menjadi seorang penikmat informasi tapi sekaligus penulis informasi

      Hapus
  22. Nama blognya imut juga.. Ahh.. Saya rasa masih kalah imut dengan penulisnya. :) .. Gaya pembawaan penulisnya menandakan orisinalitas , begitu juga ide-ide yang tertuang didalamnya. Oia, tak lupa saya ucapkan salam perkenalan dari seorang blogger pemula beralamat di http://kiatkiat.com . Thanks a lot kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, terima kasih sudah mampir

      Hapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan