17 November 2012

Kenangan Blogger Nusantara 2012

Posted by Fadly Indrawijaya , 19 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Blogger Nusantara
Ada banyak kenangan dalam hidup ini, selembar kertas putih tak akan pernah mampu menjadi media untuk menuliskan seluruhnya tetapi ia mampu menjadi simbol bahwa setiap manusia pada awalnya seperti kertas yang putih, kosong dan menunggu ukiran tinta tergambar diatasnya. Hari ini tanggal 16 November 2012 ketika aku kembali mengenang acara kopdar blogger nusantara 2012.

“Kopdar (Kopi darat)?” itu pertanyaan yang muncul dibenakku beberapa tahun yang lalu ketika pertama kali menemukan kata itu disebuah blog, setelah search dan membaca beberapa tulisan dari teman-teman blogger akhirnya aku dapat mengambil kesimpulan bahwa kopi darat itu semacam pertemuan di dunia nyata setelah terjadi sebuah keakraban di dunia maya. Sebenarnya kadang muncul iri dalam hatiku (iri dalam arti positif) ketika kulihat teman-teman blogger posting hasil kopdar mereka, melihat keakraban yang terpancar dari mereka, “Aku juga ingin kopdar, tapi tidak ada yang mengajakku :'( ” kadang aku bercanda seperti itu dengan diriku, ada rasa penasaran tersendiri menanti saat-saat kopdar pertamaku.

Blogger Nusantara
Menyanyikan "Indonesia Raya" | bloggernusantara.com
Rasa itu akhirnya terbayar, ketika sabtu 10 November 2012, aku duduk diantara para blogger menghadiri event kopdar terbesar yang diadakan di Makassar (Blogger Nusantara 2012). Ada rasa haru tersendiri yang muncul dalam diriku ketika kusaksikan dengan mataku sendiri betapa banyaknya ekspresi bahagia yang terlukis dari wajah para blogger, mereka melambai meski masih berjauhan, tertawa, berjabat erat, berpelukan dan bahkan menangis haru bersama, mereka ibarat sebuah keluarga atau teman lama yang bertahun-tahun tidak pernah bertemu.

Tari Pa'raga
Tari Pa'raga | bloggernusantara.com
Rasa haru itu semakin bertambah ketika rombongan pemuda yang menurut pandangan sebagian orang dikatakan “tidak sempurna” tapi masih memiliki semangat untuk menulis (blog), sebuah semangat Sang Pahlawan yang dirayakan tepat pada hari itu (10 November). Apakah rasa haru itu hanya sampai disitu? Tidak! Hatiku semakin teriris oleh haru ketika dua orang gadis masuk dalam ruangan (tempat berlangsungnya acara), salah seorang nampaknya menoleh kearahku (aku ke-ge-er-an dikit tidak apa-apa kan?), aku kemudian berusaha tersenyum semanis-manisnya tapi ia tak memberi respon hingga akhirnya aku sadar bahwa ia (maaf) tunanetra. Pertanyaan yang saat itu muncul dalam hatiku “Apakah gadis tersebut memiliki blog?” jawaban itu kutemukan sendiri ketika coffe break. Aku berdiri tepat dibelakangnya dan kudengar ia meminta teman (yang sejak tadi mendampinginya) untuk menulis alamat blognya pada daftar peserta. Saat itu, aku malu pada diriku sendiri, seseorang yang dianggap tidak sempurna oleh beberapa orang justu punya semangat tinggi untuk menulis, bagaimana denganku? Bagaimana dengan kalian? Kuharap ini dapat menjadi sebuah motivasi abadi untukku.

Ada banyak kenangan yang pernah hadir dalam hidupku, kenangan ini adalah salah satu yang (mungkin) akan sulit terlupa dalam hidupku. Ia akan terus tersimpan dalam otakku dengan judul “Kenangan Blogger Nusantara, Kisah tentang Kopdar pertama yang penuh rasa haru”. Aku yakin kalian juga memiliki kenangan yang sulit (terlupakan) seperti kenanganku.

Update:
17 November 2012
Menambahkan foto. Foto lainnya terkait Kopdar Blogger Nusantara 2012 dapat diakses di bloggernusantara

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

19 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. @Ami
    Ketahuan nih mbak belum tidur padahal udah larut...
    Foto2nya nanti menyusul mbak, lagi edit-edit dulu biar ukurannya kecil :)

    ReplyDelete
  2. Enak ya kalo pas kopdaran gitu... jadi bener-bener tau gimana para pelaku pengeblog an di dunia nyata....

    Selamat ya bwt copdarannya.,

    ReplyDelete
  3. kasi donk satu foto kopdarnya mas..

    ReplyDelete
  4. wah asyik ya kak bisa kopdar.. aku gak pernah. :(
    salut sama gadis itu, dia bisa nulis blog dengan kekurangannya..

    my little cream button♥

    ReplyDelete
  5. kenangan itu memang hal terindah yangtak akan pernah terllupa ya sob

    ReplyDelete
  6. @Ikrom Rahmadi
    Makasih kunjungannya... :)

    @Ayang
    Ia mbak, sekaligus sarana untuk silaturahim sesama blogger :)

    @Yudi Darmawan
    Udah di update kok postingannya... sekarang udah ada fotonya :)

    @Adeayu
    Sama dong dengan pengalamanku (sebelum ikut kopdar), jaling keakraban aja dulu dengan teman2 blogger yang sama daerah, terus atur deh kopdarnya ^._.^

    @obat asam urat
    Kenangan terbagi menjadi 2 macak kawan, ada yang baik dan ada juga yang buruk. Yah... mungkin ini adalah salah satu jeangan indah yang tidak terlupa :)

    ReplyDelete
  7. pagi sobat fadly,,,waduh sayang yaa saya tidak hadir disana dulu,,,

    ReplyDelete
  8. muanteb benar, kopdar pertama langsung akbar

    ReplyDelete
  9. saya belum pernah mengalaminya sodara, wow...andai ada kesempatan

    ReplyDelete
  10. @HAYARDIN
    Pagi juga, tapi ini udah malam lagi :)
    Kok tidak hadir?

    @Djangkies
    Alhamdulillah, Mungkin itu buah dari kesabaran yah kang ^._.^

    @aydacibubur2
    Salam blogger juga :)

    @Muhammad A Vip
    Kesempatan itu selalu ada kok mas cuma itu dia, ambil keputusannya harus tepat mas :)

    ReplyDelete
  11. Wuiihhh... serunyaaa... Aku belom pernah loh ikutan kopdar sesama blogger, rasanya pengen banget bisa ketemu ama teman2 sesama penyuka dunia tulis menulis.
    Dulu pernah sih kopdar, tetapi sesama teman forum dunia maya gitu, seru juga ^0^

    ReplyDelete
  12. wah keren tuh.. cara ikut komunitas blogger kyak gitu gimana ya? ane newbie nih..:)

    ReplyDelete
  13. salam blog walking, tampilan blognya unik joss deehh

    ReplyDelete
  14. kenangan yang terindah juga nih kayanya :")

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+