22 November 2015

Pengalaman pertama menggunakan GO-JEK

Posted by Fadly Indrawijaya , 17 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Go-Jek
GO-JEK nama ini memang sudah tak asing lagi di telinga apalagi untuk warga Makassar. Perusahaan penyedia aplikasi pemesanan ojek via online ini sebelumnya telah sukses di Jakarta dengan jumlah driver saat ini setidaknya 20 ribu orang. Sukses itu pun membuat gojek bersemangat untuk melebarkan sayapnya ke Kota Makassar. Kehadiran gojek tentu saja disambut baik masyarakat karena memberikan satu lagi opsi transportasi untuk kota yang mengejar gelar sebagai kota dunia ini.
Karena penasaran, saya pun akhirnya mencobanya. Saat ini saya memang belum memiliki kendaraan sendiri sehingga sangat bergantung pada kendaraan umum atau boncengan gratis :D Saat itu saya sedang di Mall Ratu Indah dan kalau dihitung-hitung biaya untuk pulang ke rumah sekitar Rp. 20.000 dengan rincian 2x Rp. 5000 untuk pete-pete dan Rp.10.000 untuk ojek masuk perumahan sedangkan saat memeriksa tarif Gojek hanya Rp. 15.000 jadi saya memutuskan untuk menggunakan layanan gojek. Berikut langkah-langkah menggunakan layanan gojek sesuai pengalaman saya:

1. Unduh aplikasinya
Memilih lokasi aplikasi gojek
Gojek menggunakan aplikasi di smartphone sebagai media transaksi sehingga untuk menggunakan layanan mereka terlebih dahulu harus mengunduh aplikasinya. Ukuran aplikasinya terbilang kecil dengan ukuran 10MB. Aplikasi juga sangat mudah digunakan karena semua layanan dimunculkan pada menu utama.
Ada beberapa layanan di menu utama diantaranya:
Go Send untuk pengiriman barang
Go Ride untuk layanan pemesanan ojek
Go Food untuk pemesanan makanan
Go Mart untuk berbelanja
Karena saya ingin dijemput maka saya memilih Go Ride. Lalu bagaimana jika tidak memiliki smartphone namun ingin memesan? Solusinya sederhana, cukup minta bantuan teman yang memiliki aplikasi gojek untuk dipesankan :)


2. Menentukan lokasi saat ini dan tujuan
Setelah memilih layanan, waktunya menentukan lokasi penjemputan dan juga lokasi tujuan. Gunakan bar pencarian untuk mencari lokasi atau gunakan google map yang tersedia agar lokasi lebih akurat. Setelah menentukan keduanya, aplikasi akan memunculkan jarak dan jumlah biaya yang akan dibayar. Disini saya mengisi lokasi penjemputan: Mall Ratu Indah dan lokasi tujuan: Jl. Kima. Jarak yang ditempuh 15,22 KM dan tarifnya adalah Rp. 15.000

3. Mau dijemput sekarang atau nanti?
Pengguna layanan gojek bebas menentukan waktu penjemputan. Hal ini akan sangat berguna jika suatu saat handphone lowbet sehingga bisa menentukan waktu penjemputan sebelum handphone benar-benar mati. Karena waktu itu saya ingin dijemput sekarang maka saya memilih “Pickup Now” kemudian pilih “Next”.

4. Membuat akun
Jika belum membuat akun Gojek maka saat pemesanan pertama, pengguna harus mendaftar dulu. Info yang dibutuhkan cukup email, nama pengguna, dan nomor yang akan dihubungi untuk konfirmasi pemesanan.

layanan aplikasi gojek
Setelah semua proses selesai akan ada notifikasi dalam bahasa inggris yang kira-kira berbunyi seperti ini “Kami akan menginformasikan jika ada pengendara (gojek) yang tersedia”. Tak lama setelah itu ponsel saya berbunyi.
“Halo ini Bapak Fadly?” tanyanya.
“Pesan Gojek di depan MARI yah? Saya menjemput di bagian mana?”

Kurang lebih seperti itulah telpon singkat dari pengendara gojek yang akan menjemput. Sekitar 5 menit atau lebih saya menunggu akhirnya ia datang.
“Bapak Fadly kan?” tanyanya memastikan. Saya awalnya tak mengenalinya soalnya pengendara gojek biasanya menggunakan jaket berwarna hijau, jaket khas gojek sedangkan yang datang menggunakan jaket hitam. Ternyata itu jaket hijau yang sengaja dibalik karena seharian telah digunakan sisi lainnya sehingga untuk menghilangkan bau jadi perlu di angin-anginkan :D
“Mau pakai masker?”
“Tidak usah, Makasih” jawabku.

Kami pun meluncur melewati jalan yang padat dengan kendaraan, maklumlah sedang malam minggu sehingga jalanan agak ramai oleh mereka yang menghabiskan waktu libur bersama orang-orang terdekat. Pengendara gojeknya sangat ramah, dia tak henti-hentinya menjawab pertanyaan-pertanyaan penasaran saya tentang layanan tersebut. Sesekali kami berpapasan dengan sepasang pemuda dan pemudi berboncengan atau sebuah keluarga yang sebuah keluarga dengan 2 orang anak yang dibonceng. Mereka malam mingguannya bersama seseorang yang disayang sedangkan saya masih boncengan sama tukang gojek :D Tak apalah itulah kehidupan. Saya cukup bersyukur dengan kehidupan ini, bersyukur karena tiba di rumah dengan selamat. Punya pengalaman dengan Gojek? Yuk bagi cerita juga di kolom komentar.

Download aplikasi GO-JEK disini:
google play


Sumber gambar:
GO-JEK - go-jek.com

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

17 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Asyikkk jadi fans gojek. Aku kmrn audit pake gojek. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya nanti senasib mba. Saya pun akan evaluasi pake gojek kalau lokasi agak jauh :)

      Delete
  2. Belum pernah menggunakan Go-Jek, baru menyaksikan lalu lalang mereka tiap hari dan beberapa hari lalu membantu salah satu Go-Jek (orang tua) menemukan alamat pelanggan yang menggunakan jasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali, mas cobain Go-Jeknya biar bisa merasakan pengalamannya :)

      Delete
  3. Replies
    1. Saya malah gak ngerti maksud komentarnya :D

      Delete
  4. Kalao lagi males kelua rumah dann pengen jajan tinggal pake Goofood deh di Gojek.. Benar-benar membantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, akan sangat membantu apalagi kalau lokasinya agak jauh jadi sangat membantu :)

      Delete
  5. wah saya malah belum pernah pakai gojek nih, hiks mana promo tarifnya udah berakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba dulu mba, meskipun promo tarifnya berakhir tapi setidaknya subsidinya belum dicabut full :D

      Delete
  6. di kota mana aza sich ada go-jek

    ReplyDelete
  7. Aku selama di Jakarta seringnya naik gojek. Femez banget deh pokoknya :D

    ReplyDelete
  8. murah ya dari Mari ke Kima cuman 15ribu.... itu tarif promo atau normal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu masih promo sih. Kalau sekarang tarifnya sudah agak tinggi, kalau gak salah terakhir cek untuk rute yang sama sekitar Rp.30.000

      Delete
  9. Belum pernah menggunakan GOJEK. Maklum hidupnya di kampung...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+