05 June 2014

Suara baru, Suara.com

Posted by Fadly Indrawijaya , 2 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Suara.com
Era semakin maju, demikian juga teknologi yang seperti tidak pernah lelah berinovasi. Informasi menjadi salah satu media yang terkena dampak positif kemajuan ini. Ketika dahulu berita hanya dapat diakses melalui surat kabar yang terbit pagi dan sore, kini kemajuan teknologi memaksa semuanya dapat langsung dipantau secara realtime dalam genggaman, dengan bantuan internet tentunya. Berita online menjadi salah satu dari sekian banyak situs yang menjadi tempat perhentian onliner utamanya di pagi hari.

Berbicara tentang berita online, saat ini ada begitu banyak situs yang menyediakan layanan berita, salah satunya Suara.com. Dari segi desain, suara.com menyajikan tampilan yang interaktif.
Berita terkini dimunculkan dalam bentuk slideshow yang langsung menjadi perhatian karena ukurannya agak besar dan muncul diawal halaman sedangkan berita yang disarankan dimunculkan di header halaman dalam bentuk thumbnail. Menu navigasi yang mengarah ke kanal berita juga disusun dengan sederhana namun informatif ketika mouse diarahkan menyorot salah satu kanal tersebut.

Kanal Tekno

Secara pribadi, saya menyukai berita tentang teknologi dan iptek sehingga hal yang pertama saya kunjungi dihalaman ini adalah kanal tekno. Di kanal Tekno terdapat 4 subkanal yaitu Gadget, Internet, Sains, dan Tekno. Diantara subkanal tersebut, Sains dan Tekno menjadi salah satu favoritku. Saranku untuk kanal ini adalah subkanal gadget dipecah menjadi beberapa seperti tentang fotografi, handphone, games, komputer, dll.

Kanal Lifestyle

Subkanal Food&Travel yang berada di kanal Lifestyle suara.com berisi informasi terkait destinasi wisata dan kuliner mancanegara sayangnya karena masih versi beta sehingga belum banyak informasi yang disajikan terkait subkanal ini tapi saya yakin kedepannya kanal ini dapat menjadi salah satu referensi destinasi wisata. Subkanal Health juga akan melengkapi pengetahuan kita tentang berita kesehatan dan tips kesehatan. Subkanal Komunitas justru menjadi tanda tanya padaku, awalnya saya pikir hal ini berisi tentang kegiatan komunitas tertentu tapi tampaknya malah membahas lifestyle. Seperti Kanal Tekno, seharusnya ada subkanal Lifestyle yang membahas lifestyle dan subkanal Komunitas yang membahas kegiatan komunitas.

Ada kelebihan tentunya ada juga kekurangan. Akses berita merupakan salah satu hal utama dalam sebuah media informasi, tidak menampilkan kotak pencarian berita dalam situs merupakan salah satu kekurangan utama suara.com meskipun sebenarnya disediakan indeks berita tapi menurutku ini tidak seefektif ketika melakukan pencarian menggunakan judul berita tertentu. Kekurangan lainnya yang saya dapati adalah tidak adanya saran berita untuk kanal yang terkait, contohnya saja ketika saya membaca berita tentang Samsung yang memperkenalkan smartphone tizen pertamanya, berita yang muncul dibawahnya justru terkait politik, bola dan ekonomoi tak ada satupun yang berhubungan dengan gadget apalagi teknologi. Pada kanal Multimedia juga ditemukan subkanal Higlight Bola padahal ada Kanal bola, meskipun Highlight bola mungkin mengacu pada multimedia tapi sebaiknya subkanal itu tetap disatukan dalam kanal bola. Terlepas dari itu semua, berita yang disajikan suara.com dapat dikatakan singkat, padat dan bermanfaat sehingga setiap berita selesai dibaca sebelum memunculkan efek bosan.

Tagline: Singkat, Padat, dan Bermanfaat.

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

2 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. suara.com lumayanlah lah yaaa meski baru tapi bagus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi masih ada beberapa yang harus masih perlu diperbaiki mbak :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+