15 March 2013

Earth Hour Indonesia

Posted by Fadly Indrawijaya , 40 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Earth Hour Makassar
Kampanye hemat energinya belum selesai nih teman, jika kemarin aku menulis tentang apa itu earth hour?, kali ini aku bahas earth hour lagi tapi lebih khusus tentang kampanye earth hour di Indonesia, negeri tercinta.

Teman-teman tau gak, tahun (2013) ini adalah partisipasi ke-5 Indonesia dalam earth hour loh. Tahun 2012 lalu, ada 26 kota/kabupaten yang berpartisipasi dalam kampanye earth hour dan tahun ini meningkat menjadi 33 kota/kabupaten. Apa saja kampanye yang dilakukan oleh relawan Earth Hour yang tersebar di Indonesia, yuk kita bahas sama-sama.

1. Hemat energi

Ini adalah kampanye utama Earth Hour yaitu aksi penghematan energi. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berperan serta dalam mengurangi dampak pemanasan global akibat gas karbon yang dihasilkan oleh pembangkit listrik. Selain itu, dengan menghemat penggunaan listrik kita menghemat tagihan listrik dan memberikan kesempatan untuk saudara-saudara kita yang saat ini masih kekurangan listrik untuk bisa juga menikmati terangnya cahaya lampu. Jadi tunggu apalagi, matikan lampu yang tidak terpakai yah :)

2. Membawa botol minum sendiri

Plastik adalah salah satu masalah lingkungan yang sampai saat ini masih sulit untuk diatasi soalnya plastik termasuk bahan yang tidak bisa diurai oleh alam dalam waktu singkat. Lalu apa hubungannya dengan membawa botol minuman sendiri? Dengan membawa botol minum sendiri, diharapkan jumlah limbah plastik yang dihasilkan dari air mineral itu berkurang, bayangkan betapa banyak gelas atau botol plastik yang kalian gunakan dalam sebulan hanya untuk minum padahal itu bisa diminimalisasi dengan membawa botol minum sendiri.

3. Diet kantong plastik

Selain gelas dan botol mineral, kantong plastik juga menyumbang banyak sekali limbah untuk lingkungan, kalau gak percaya silahkan ke supermarket atau pasar tradisional dan hitung sendiri ada berapa banyak kantong plastik yang beredar dalam sehari, itu baru sehari loh belum sebulan atau setahun. Cara yang biasa aku lakuin untuk menghemat penggunaan plastik adalah membawa tas sendiri, jadi lumayan barang bawaan bisa ditaruh di tas atau kalau memang barang belanjaannya sedikit, yah di pegang aja :) kalau memang terlanjur punya plastik disimpan aja, lumayan untuk digunakan lagi berikutnya :D

4. Menolak styrofoam

Apa itu styrofoam? Itu loh bungkusan makanan yang berwarna putih seperti gabus. Kenapa harus menolaknya soalnya ia juga tidak bisa diurai oleh alam sama seperti plastik selain itu, styrofoam juga berbahaya untuk kesehatan itulah sebabnya ia dikategorikan sebagai penghasil limbah berbahaya ke-5 parahnya lagi, dalam proses pembuatannya, styrofoam melepaskan 57 zat berbahaya ke udara.

5. Menggunakan transportasi umum

Kian hari kendaraan semakin banyak dan menimbulkan kemacetan, sebenarnya ada banyak kerugian yang dialami ketika terjadi kemacetan, diantaranya polusi udara dan bahan bakar yang terbuang percuma ketika terjadi kemacetan, belum lagi waktu yang harus terbuang. Mengapa tidak mencoba berjalan kaki atau bersepeda ketika tujuan kita itu dekat? Selain menyehatkan, berjalan kaki atau bersepeda dapat menghemat biaya :) . Gimana kalau lokasinya agak jauh? Kenapa tidak mencoba untuk menggunakan transportasi umum? Ada yang bertanya gak "Kok transportasi umum, kenapa tidak kendaraan pribadi aja?" aku menjawabnya pakai hitung-hitung aja :) misalnya ada sebanyak 7 orang yang menggunakan kendaraan pribadi ke kantor, kira-kira ada berapa banyak asap knalpot yang dihasilkan? belum lagi dampak kemacetan yang terjadi, berbeda jika ke-7 orang tadi sama-sama menggunakan transportasi umum, selain mengurangi macet juga mengurangi polusi asap kan? Kalau gak mau naik transportasi umum, gimana kalau menumpang dengan teman yang rumahnya searah?

Ini Aksiku! Mana Aksimu?

Kalimat diatas adalah slogan yang digunakan dalam setiap kampanye earth hour, alasannya kebanyakan dari kita berani mengajak orang tapi diri sendiri belum bisa melaksanakannya, dengan menggunakan slogan itu, para relawan earth hour dituntut untuk melakukan aksi penghematannya masing-masing sebelum mengajak orang lain.
Kumbang Earth Hour Makassar
Kumbang Earth Hour Makassar | dok. @EHmakassar
Perkenalannku dengan earth hour berawal pada bulan Februari yang lalu melalui sebuah info twitter, karena penasaran akhirnya aku mencari tahu hingga akhirnya diajak mengikuti KUMBANG (Kumpul Belajar Bareng) yang diadakan oleh Earth Hour Makassar. Disanalah ketertarikanku semakin besar untuk ikut bertindak dalam upaya pelestarian lingkungan. Jadi jika teman-teman bertanya aksi apa yang telah kulakukan, aku akan dengan jujur mengatakan bahwa aku membawa botol minum sendiri... yah meskipun pada awalnya dikit aneh juga untuk seorang cowok bawa-bawa botol minum (apalagi warnanya orange, lain kali baru cari yang warna biru) , aku juga hemat listrik loh teman-teman :D , kalau beli makanan juga nolak styrofoam dong (apalagi sekarang sudah tahu bahayanya untuk kesehatan) . Perubahan itu tidak bisa terjadi begitu saja, mulailah merubah diri sendiri baru kemudian merubah orang lain, ia kan?
Sebelum akhiri tulisan ini mari sama-sama menyaksikan serunya event earth hour di Indonesia....
Gimana seru kan videonya, jadi tunggu apalagi, marilah ikut menjaga bumi ini dengan sebuah aksi sederhana. Yuk ikut berpartisipasi dalam puncak acara earth hour tahun ini dengan memadamkan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai pada hari sabtu, 23 Maret 2013 jam 20.30 - 21.30 (waktu setempat). Lagi-lagi aku ingin mengingatkan juga nih, jangan lupa mendaftarkan aksi kalian yah dengan mengisi form berikut: Daftarkan Aksimu
Terima kasih telah membaca tulisan sederhana ini, semoga bisa memberikan inspirasi untuk semuanya. Ini Aksiku! Mana Aksimu?

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

40 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Replies
    1. Salut untuk apa nih teman? makasih kunjungannya :)

      Delete
  2. Replies
    1. Harus dong mbak... tapi tidak hanya ketika earth hour, budaya hemat harus terus dilakukan yah mbak :)

      Delete
  3. Waaah gerakan anak muda yang sangat bermanfaat. Ini termasuk tindakan adaptasi terhadap perubahan iklim juga ya. Tulisan2 tema ini bisa diikutkan lomba oxfam yang baru saja selesai. TUlisannya tdk diikutkan ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia kak, waktu lombanya Oxfam kok idenya malah sulit keluar yah, jadi cuma jadi draft aja... sekarang baru keluar idenya :)

      Delete
  4. waaaa salut dehhh :D
    salam kenal balik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok dari tadi ada yang bilang salut yah? *garuk2_kepala

      makasih untuk kunjungan baliknya :)

      Delete
  5. Hmmmm......., Kenapa hanya 26 kota ya.... Mana kota lainnya ??
    Kegiatan sangat positif, Sip banget kalo semua kawula muda mau mencontonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya di kota lainnya, belum ada relawan earth hour jadi hanya ada beberapa kota pendukung...

      Ngomong-ngomong, tidak hanya kawula muda yang harus mencontohkan, hal ini bisa dilakukan orang tua untuk memberikan contoh pada anaknya :)

      Delete
  6. saya tidur matiin lampu,
    termasuk hemat energi gak ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, itu termasuk kok. Lagian matikan lampu saat tidur itu juga bagus untuk kesehatan loh :)

      Delete
  7. Replies
    1. Thank you for visiting ... I hope you understand it

      Delete
  8. kalau bukan kita...harus siapa lagi ya mas..yg peduli :)
    #Great... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bukan kita, berarti harus semuanya dong :D

      Delete
    2. setuju dengan kang Budios19 yang ganteng ituh...makanya abis baca ini saya mau lebih peduli dengan earth ah.

      ngomong PEDULI jadi keingetan dengan PEDULI KPK dukung dong...halaaah

      Delete
    3. Ia kak Cilembu, Peduli KPK didukung kok... :)

      Delete
  9. hmm sangat jempol deh , salut banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih jempolnya mbak... semoga postingan selanjutnya juga dapat jempol :)

      Delete
  10. coba earth hour tiap hari dgn mati2in alat elektronik yg ga perlu juga, jgn cuman sekali setaun hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mbak, earth hour yang setahun ini kan cuma eventnya aja, untuk kelanjutannya bisa kita terapkan sendiri di kehidupan kita masing-masing :)

      Delete
  11. sepakat kawan...mari kita selamatkan bumi ini dengan beraksi pada 23 Maret nanti. satu langkah kecil kita akan menghasilkan langkah besar bagi bumi dan seisinya...ewako :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi di Makassar yah kak? jangan lupa datang yah di eventnya tangga 23 Maret 2013 jam 7 (mulainya 8:30) di Benteng Roterdam :)

      Delete
  12. Yupz, beraksi menyelamatkan negeri..
    Luar biasa..
    Salam kenal balik yaa..
    ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih...salam kenalnya.
      gambarnya polos banget, kliatan imut gituh...;o)

      Delete
    2. @Nayla Dyayu
      Makasih untuk kunjungan baliknya yah mbak :)

      @Cilembu thea
      Hayooooo... gambar yang mana nih mas? :D

      Delete
  13. Thanks for sharing :D semoga semua masyarakat Indonesia, khususnya yang di kota-kota besar bisa menjalakan aksi nyata dalam penghematan :D kampanye2nya juga berhasil heheh salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung saya orang desa, jadi ngga perlu kan?

      Delete
    2. @Ocky Fajzar
      Sama2 mbak, kita semua juga berharap seperti itu, bumi ini perlu dijaga, salah satunya dengan berhemat :)

      @Cilembu thea
      Sapapun harus hemat energi, tidak memandang orang desa atau bukan :D

      Delete
  14. Kalo belanja saya sudah lama tidak menerima plastik dari penjualnya, biasanya saya membawa tas sendiri dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, gitu dong baru btul mas. Lagian plastik itu salah satu penghasil limbah yang mencemari lingkungan

      Delete
  15. Jangan lupa hemat listrik setiap hari di rumah sendiri, percuma kalau hematnya cuma sejam doang selama setahun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuan utama dari kampanye ini memang seperti itu, agar masyarakat bisa hemat. Satu jam hanya awal, selanjutnya jadikan sebagai kebiasaan

      Delete
  16. kunjungi blog kami galery batik tulis klasik

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+