Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melawan keraguan

Daun
Daun | BiluPing
Hari ketujuh bulan Februari, akhirnya aku kembali lagi di Makassar setelah berminggu-minggu melepaskan rindu pada tanah kelahiranku, Kabupaten Barru (Baca: Pulang Kampung). “Apa nih ole-ole dari Barru?” Tanya seorang temanku. Dengan tersenyum aku menjawab kalau ole-olenya adalah diriku sendiri yang sampai disini dengan selamat :)

Karena sekarang aku sudah di Makassar, fasilitas untuk berselancar di dunia maya komplit lagi, maklum saja sebelumnya aku kesulitan menjangkau jaringan wireless, kalaupun ada, kekuatannya dibawah 50% (jadi kepikiran beli modem nih).

... Kadang jika anda menunggu sampai seluruh rencana anda ditemukan dan diselesaikan, dunia akan bergerak terus dan melewati anda

- John Wood -

Sebagai janjiku untuk pada Sahabat BiluPing yang menanti foto-foto perjalananku, aku menyertakan sedikit gambar yang kuambil di kampung halamanku, tapi jangan kecewa yah soalnya ini hasil foto di halaman rumahku :)
Lumut
Lumut | BiluPing

Bunga
Bunga | BiluPing
Gimana foto-fotonya, keren kan? Sekarang kembali pada inti postingan ini. Selama di kampung halamanku, aku jarang keluar rumah (soalnya keasyikan nonton berita) itupun kalau keluar cuma pergi shalat jumat atau beli pulsa. Jangan salah sangka lagi yah, aku tidak malas-malasan kok, aku kebanyakan merenung memikirkan hidup (merenung loh, bukan bertapa). Ditengah perenungan itu, aku akhirnya mendapatkan e-ktp ku setelah berbulan-bulan menunggu, oops! salah, maksudnya dalam perenungan itu aku menyadari betapa pentingnya memulai sesuatu tanpa keraguan.

… seorang pelari terhebat sekalipun tidak akan pernah mencapai garis finish ketika ia tidak mulai berlari melewati garis start

- Fadly Indrawijaya -

Selama ini kita memiliki impian, cita-cita, ambisi atau mimpi yang ingin diraih namun kita sendiri selalu ragu untuk memulai, selalu ada banyak tanda tanya sehingga kita hanya berjalan di tempat, tidak memulai sama sekali. Contoh sederhananya seperti ini, Ada seseorang yang ingin menjadi seorang blogger tapi sebelum membuat akun blog, ia selalu bertanya dalam dirinya “Apakah aku bisa menjadi seorang blogger? Apakah aku bisa terus menerus posting tulisan? Gimana kalau aku tidak menemukan topik tulisanku?” pertanyaan-pertanyaan keraguan itulah yang akhirnya menjadi penghambat sehingga ia akhirnya tidak memulai membuat sebuah blog, menyerah sebelum bertanding.

Lalu bagaimana cara melawan keraguan itu?

Pertanyaan itu akan kujawab sesuai pengalamanku selama ini, Jangan pernah ragu untuk memulai. Optimislah dan yakinkan pikiran bahwa pertanyaan-pertanyaan keraguan yang selalu muncul adalah sebuah penghambat yang membuat diri kalian hanya berjalan di tempat. Lawanlah rasa ragu itu. Ingatlah baik-baik, seorang pelari terhebat sekalipun tidak akan pernah mencapai garis finish ketika ia tidak mulai berlari melewati garis start, Sebaliknya seekor siput yang dianggap lambat, suatu saat akan mencapai garis finish asal ia mau terus berjalan meskipun perlahan.

Gimana Sahabat BiluPing, sekarang kalian sudah mendapatkan gambaran betapa pentinganya memulai kan? Untuk menambah keyakinan kalian, aku mengutip salah satu pendapat John Wood (pendiri Room to Read)  dalam bukunya ia pernah berkata, "... Kadang jika anda menunggu sampai seluruh rencana anda ditemukan dan diselesaikan, dunia akan bergerak terus dan melewati anda". Jadi jangan menunggu sampai kalian benar-benar yakin, takutnya kalian malah kehabisan waktu :)

Ini dulu yang bisa aku bagikan pada kalian, tapi jangan berkecil hati yah insyaallah aku akan berusaha terus hadir dengan postingan-postinganku yang unik dan bersahabat jadi jangan bosan untuk sering-sering berkunjung kesini, tenang saja meskipun tarif parkir sudah naik, kalian tidak akan dikenakan tarif untuk berkunjung kesini kok :) Terima kasih sudah membaca postinganku yang sederhana ini, kalau bermanfaat, jangan lupa di share yah...

23 komentar untuk "Cara melawan keraguan"

  1. sabar, berikhtiar dan tawakal juga menjadi bekal yang indah dalam melawan keraguan akan sesuatu yang belum kita alami.
    Apa kabar Kang ? semoga sampean selalu dimudahkan dalam segala urusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali kang, yang pertama kita harus optimis dan ikhtiar kemudian berusaha, berdoa dan bersabar... setelah semua itu barulah kita tawakkal.

      Alhamdulillah kabarku baik-baik aja kang... Makasih doanya :)

      Hapus
  2. memulai. yuk kita memulai dari hal-hal terkecil dahulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa juga jika ingin memulai dari hal yang besar asalkan tekad sudah mantap... lagian tidak ada gunung yang tak bisa didaki kan, asal ada usaha, "pasti bisa".

      Hapus
  3. Haii maaf baru semapat mapir lagi kesini :)
    ehh iya kabupaten Barru itu dimana ya?

    Kalau menurutku "memulaui" adalah kata kunci untuk kesuksesan, kalau kita ragu terlebih dahulu tanpa mau memulai kita gak akan tahu apa yang terjadi kedepannya, kalau sukses itu yang kita harapkan tapi kalau pun gagal, yaa teruslah berpikir, berikhtiar dan tawakal... karena Allah SWT mencintai orang2 yg mau berusaha,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabupaten Barru itu di daerah Sulawesi Selatan.
      Memang harus mengambil resiko untuk memulai, tidak usah tunggu waktu berlalu begitu saja...

      Hapus
  4. ok Fadly...jgn coba ragu utk memulai ya. tengkyu motivasinya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak... itulah keindahan berbagi, jadi motivasinya tidak dirasakan sendiri tapi juga dirasakan orang lain :)

      Hapus
  5. Betul itu. Kalau kita tak mencoba untuk memulai kita tak tahu garis finish atau hasil sesuai kita inginkan terlebih dunia dan waktu terus berputar meninggalkan kita. Nice! Inspiratif! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... makanya jangan takut untuk memulai. Setiap sesuatu itu ada resikonya.. :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ia dong mbak...tidak boleh pesimis hadapi sesuatu...

      Hapus
  7. Wah, setuju bgt nih sama postingan kamu.. Bagaimana kita tau hasil akhir kalau kita tidak memulainya?
    Mantaaappp ^^

    http://ahayurumicecream.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak mencoba, kita hanya akan terus penasaran tanpa tahu sejauh mana kemampuan kita... :)

      Hapus
  8. mantap nii motivasinya.. jadi seger nii malem :) makasii kang iia ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kang... syukurlah kalau memang bisa menjadi motivasi :)
      Semoga memotivasi juga untuk sering mampir kesini

      Hapus
  9. sebagai peragu, bolehlah pituahnya. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia dong kang... jangan selalu menjadi orang yang ragu... susah loh menghadapi dunia kalau tidak mau ambil resiko

      Hapus
  10. setuju, berpikir matang bukan berarti berpikir terlalu lama.. selama kita sudah siap, jangan takut dibilang nekad karena setiap keputusan itu punya peluang yang dapat diukur.

    http://oldsunday.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. terus semangatlah mas pokoknya :)

    BalasHapus
  12. Intinya kalau udah muncul kata yakin, yah langsung aja eksekusi yah? Hehehe

    BalasHapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan