08 April 2012

Objek Wisata Sulawesi Selatan

Posted by Fadly Indrawijaya , 63 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki jutaan pesona. Lautan dan pegunungan yang menghiasi wajah negeri ini memberikan berjuta maha karya indah, memberikan perbedaan yang semakin membuat warganya sadar bahwa perbedaan itu bukanlah faktor pemisah tapi perbedaanlah yang membuat kita saling melengkapi satu sama lain di bawah sebuah semboyan “Bhineka Tunggal Ika

Budaya, bahasa, adat,  suku, kekayaan alam dan jutaan warisan berharga lainnya telah diberikan oleh tanah pertiwi dan semua itu menjadi hak kita untuk menjaga dan melestarikannya hingga ia dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Sayangnya sebagai warga negara, kita cenderung terlupa dengan keindahan alam yang dimiliki oleh bangsa ini. Kita dibuat takjub oleh keindahan-keindahan alam yang dimiliki oleh negara lain hingga tak heran jika warga negara kita berbondong-bondong keluar negeri hanya untuk refreshing, entah hanya ingin melihat air terjun, mandi air panas, menikmati pegunungan, padahal negara kita juga memiliki keindahan yang lebih baik dari itu.

Menurutku, salah satu kelemahan yang dimiliki oleh objek wisata di negeri ini adalah kurangnya dalam hal pemeliharaan, perawatan dan pengawasannya sehingga banyak objek wisata berkurang nilai keindahannya. Untuk itulah perlu perhatian bukan hanya dari pemerintah tapi juga dari warga sekitar objek wisata agar objek wisata tersebut terjaga kelestariannya.

Apa yang akan terbayang dalam benak kita saat seseorang bertanya “Apa saja objek wisata di Indonesia?” aku yakin sebagian besar akan menjawab “Candi Borobudur, Danau Toba, Pantai Kuta, Taman Laut Bunaken dan Pulau Komodo” dan menurutku jawaban itu wajar karena objek wisata tersebut terkenal tak hanya dalam negeri tapi juga di luar negeri namun apakah hanya itu objek wisata yang kita miliki? Tentunya tidak, tanah air tercinta memiliki jutaan objek wisata indah namun hanya sebagian besar yang terkenal secara luas, sedangkan sisanya hanya dikenal oleh masyarakat lokal.

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang juga memiliki objek wisata indah. Dengan luas sekitar  62.482,54 km²  dan terbagi menjadi 24 Kabupaten/Kota, tentunya Sulawesi Selatan tak lepas dari berbagai objek wisata antara lain wisata pantai, hutan, pegunungan, permandian air panas, peninggalan bersejarah, hingga kuliner yang bermacam rasa melengkapi keragaman warisan tanah pertiwi.

Berikut beberapa jenis wisata yang dapat dijumpai di Sulawesi Selatan

Pantai Kupa

Pantai Kupa

Pantai Kupa terletak di Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Panorama alam pasir putih akan menjadi pemandangan yang menyambut pengunjung saat mendatangi objek wisata ini. Tak hanya itu, ekosistem wisata lainnya yang dijumpai di daerah ini adalah taman laut yang tersebar di tiga pulau yang berada di sekitar pantai Kupa, yaitu Pulau Dutungeng, Pulau Batu Kalasi dan Pulau Bakki.

Wisata Alam Bantimurung

Air Terjun Bantimurung

Taman Wisata Bantimurung adalah salah satu objek wisata yang menjadi primadona di Kabupaten Maros. Tak hanya dikenal oleh masyatakat lokal namun Bantimurung dikenal hingga keluar negeri sebagai "Kingdom of Butterfly". Sebutan sebagai kerajaan kupu-kupu ini diberikan karena Bantimurung merupakan habitat alami kupu-kupu, lebih dari 250 spesies hidup disini. Selain itu, bantimurung juga dikenal dengan air terjunnya yang menjadi objek wisata permandian.

Pantai Lumpue

Pantai Lumpue

Pantai Lumpue adalah panorama pantai pasir putih yang membentang luas yang dihiasi oleh pohon-pohon kelapa dan bukit batu yang terjal letaknya di Kecamatan Bacukiki, sebelah selatan jantung kota pare-pare.

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam adalah sebuah benteng yang di bangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa X. Pada awalnya benteng ini bernama Benteng Ujung Pandang. Di dalam benteng ini terdapat rumah panggung khas Gowa tempat Raja dan keluarganya tinggal namun pada akhirnya benteng ini direbut oleh Belanda atas perjanjian Bongaya pada tahun 1667. Setelah itu Belanda menata ulang benteng ini dengan arsitektur Belanda dan diubah namanya menjadi Fort Rotterdam.

Mesjid Jami Palopo

Mesjid Jami Palopo

Mesjid Jami Palopo merupakan salah satu objek wisata sejarah yang berada di Kota Palopo. Mesjid ini merupakan masjid kerajaan Luwu yang didirikan pada tahun 1604 M oleh Raja Luwu yang bernama Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe. Sebuah kepercayaan yang diyakini oleh sebagian masyarakat Kota Palopo bahwa seseorang belum dikatakan resmi menginjakkan kaki di kota Palopo apabila dia belum menyentuh tiang utama Mesjid Tua Palopo.

Pisang Epe

Pisang Epe

Pisang Epe adalah salah satu makanan khas kota Makassar. Makanan ini banyak dijumpai di sekitar Pantai Losari menjelang senja dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner. Sepeti namanya, makanan ini terbuat dari pisang raja/pisang kepok yang dibakar. Namun tak sembarang pisang yang digunakan, harus yang belum terlalu masak dan tidak lembek. Setelah dibakar, pisang tersebut ditekan hingga gepeng kemudian dilumuri dengan saos. Saos tersebut terbuat dari gula merah/gula aren yang dicairkan namun seiring perkembangan zaman, saos tersebut kini semakin bervariatif.

Pisang Ijo

Pisang Ijo

Selain pisang epe, wisata kuliner yang bisa dijumpai di Makassar adalah Pisang Ijo, makanan ini merupakan hasil olahan dari Pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau dengan saos yang terbuat dari santan yang dicampur daun pandan dan disajikan dalam keadaan dingin. Pisang hijau sangat banyak dijumpai pada bulan ramadhan karena teksturnya yang lunak dan tersaji dalam keadaan dingin membuatnya sebagai salah satu hidangan primadona untuk berbuka puasa

Sumber Gambar:
  • Pantai Kupa : archive.kaskus.us
  • Air Terjun Bantimurung : dandanhamdani.wordpress.com
  • Pantai Lumpue : beritadaerah.com
  • Fort Rotteram : aryrisdijawan.multiply.com
  • Mesjid Jami Palopo : anak-palopo.blogspot.com
  • Pisang Epe : infokilat.com
  • Pisang Ijo : kaskus.us

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

63 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. pisang ijo...nyam...love it
    =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera di santap.... Pesan brapa nih?

      Delete
  2. aaaaaaaaaa pengen liburan, pengen jalan2, pengen kemari!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah udah, tunggu apa lagi...segera kesini de'...

      Delete
  3. ihh, olahan pisangnya bikin nafsu, hahaha, bagi dong :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja kok... buruan kesini... mumpung pisangnya masih berjejer di pantai losari...

      Delete
    2. wuiih pisang ijonya bikin ngecessssss

      tempat wisatanya juga keren2 he he he kalo promosi ada penginapan gratis ga ya??? xixiix gretongan digede gedeiin

      Delete
    3. Promosi penginapan gratis? dimana yah... (berpikir)
      nanti ini bisa di atur deh :)

      Delete
    4. berfikirnya jangan kelamaan keburu karaten he he he

      Delete
    5. Soalnya penginapan gratisnya sih bisa di rumahku tapi tempatnya jauh dari objek wisata tersebut.. bagusnya sih kumpul dulu ma blogger lain terus rencanain kesana..pasti seru deh

      Delete
  4. Woo pantai Kupanya ajib banget *_____*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang ajib, bisa nih di planning untuk kesana suatu saat nanti...

      Delete
  5. wah lebih asri daripada pulau jawa sepertinya... mantap..
    kapan ya saya bisa kesana.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah asri sebenarnya tidak bisa dibandingkan kawan, soalnya persepsi kita berbeda... kadang orang sulawesi bilang jawa itu asri, tapi orang jawa malah bilang sumatra/kalimatan asri, bahkan kadang juga orang irian dan maluku mengatakan sulawesi asri...semua tergantung persepsi kita tentang ke"asri"an tersebut.

      Delete
    2. ou gitu ya kawan, iya juga ya. tapi kalo menurutku ini bersih, lebih bersih dari tempatku. heheh, hayo di jawab apa?

      Delete
    3. Apa yah.... (berpikir)
      Menurutku, masalah kebersihan itu tergantung dari penanganan petugas dan warga yang seharusnya ada disana

      Delete
  6. semoga tetap lestari, ini bukan warisan. ttetapi titipan untuk anak cucu kita nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga yah kawan... itu bukan warisan soalnya kalau warisan berarti sudah hak kita jika ingin menghabiskannya...mungkin namanya bisa titipan beruntun... yang akan dititipkan turun temurun hingga generasi terakhir

      Delete
  7. wuiihh...
    indah* banget ya tempatnya...
    sayang jauh banget dari sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak bukan rintangan loh kalau memang hal itu telah menjadi impian.. memang tinggalnya dimana?

      Delete
    2. iya juga sih...
      tapi kan kalo jauh butuh waktu ma biaya xg cukup bnyak...
      hehehehehhe

      ak di Malang...

      Delete
    3. Di Malang yah... jauh juga sih...
      Kalau gitu aku nitip doa aja deh "Semoga suatu saat kawanku ini bisa menginjakkan kakinya disini dan berteriak Aku di Sulawesi"

      Delete
  8. gw mwwwwwwww,,,
    liburan ke sittuuuuuuuuu....
    pasti seru,,,

    MAMPIR ke blog qu yah,,,
    selamat mnikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah banyak teman-teman blogger yang lain yang juga mau liburan kesini...jadi atur rencana aja dengan blogger yang lain biar bisa berangkat bersama

      Delete
  9. sukses yah ngontes nya, aku juga lagi ikutan ngontes Pesona Sumatera Selatan. Ikutan juga yok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih untuk semangatnya... Memang boleh yah ikut kalau berasal dari luar Sumatra?

      Delete
  10. haha... keren, saya paling sering ke benteng rotterdam ji kodong.hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngappamoe... tidak lepasmi logatnya...
      makasih dah berkunjung yah... kalau sy malah jarang ke rotterdam... biasanya di benteng somba opu ma losari....

      Delete
  11. indah wisatanya.. pisangnya itu yang ingin nyoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesini aja kawan,biar bisa menikmati kulinernya...

      Delete
  12. great, sulawesi selatan memang kaya dengan aneka ragam potensi wisata-nya, selamat berlomba kawan, salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berlomba juga yah... tak hanya sulawesi kawan, tapi seluruh pelosok negeri tercinta ini memiliki keanekargaman potensi yang luar biasa

      Delete
  13. Wahh, kebetulan sobat saya juga tinggal di Sulawesi Selatan di daerah Palopo sobat..

    Salam silaturahmi sobat!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal yah kawan kalau gitu...sesama blogger sulawesi dong...sebenarnya aku juga mau nulis tentang permandian latuppa yang ada di Palopo tapi karena infonya kurang jadi cuma nulis mesjidnya

      Delete
  14. Subhanallah!
    Bantimurung suatu hari nanti Insya Allah aku akan kesana, gak kebayang deh begitu banyak kupu2 disana *pengen tingkat tinggi*

    Pisang Ijo di kotaku Pekanbaru, ada juga yang jual, tapi aku gak yakin se-original dan se-enak di Makassar pastinya dong ya? Slurp ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia...ini salah satu objek wisata yang tak pernah terlupakan untukku...aku pernah nginap disana beberapa hari, dan pertama kalinya dalam hidupku aku di hinggapi kunang-kunang di malam yang gelap...
      Masalah pisang ijo, tentunya rasanya berbeda tergntung suasana kawan... seperti es krim, kalau makannya di malam yang dingin, pasti momentnya tidak klop berbeda jika makannya di siang hari yang panas... padahal rasanya sama loh

      Delete
  15. Huhuuuu...batimurungnya kereenn, mau dunk di undang ke sana...#dasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti komentar teman-teman blogger lainnya yang mau kesini... jadi saranku kita buat janji aja dengan teman-teman blogger yang lain biar berangkatnya bisa bersama

      Delete
  16. Bikin ngiler aja. Bantimurungnya keren. Eh pisang ijo juga banyak lho di Jogja, atau memang terinspirasi dari sana?

    Rumahku deket pantai, tapi masih belum terlalu terkenal :), namanya pantai Gua cemara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentarnya mayya di atas juga mengatakan kalau di Pekanbaru ada pisang ijo juga.. ternyata pisang ijo udah menyebar yah...
      Pantai Gua Cemara? kalau gitu lain kali giliran kawanku yang dari Jogja ini yang buat postingan tentang Pantai Gua Cemara...

      Delete
  17. Replies
    1. Kalau gitu, buat rencana dulu baru kesini yah kawan... biar Sulawesi semakin ramai..

      Delete
  18. tertarik dengan makanannya dan pemandangan yang ada. cantik sungguh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas kunjungannya..
      menurutku, setiap tempat pastinya memiliki keindahan tersendiri tergantung bagaimana cara kita memandangnya...

      Delete
  19. Waaaah, pisang ijo dan pisang epenya bikin ngilerrrr *lap iler*

    Subhanallaah, Pantai Kupa cantiiiik. Bantimurung juga, awww mau ke sanaa. Semoga nanti ada rejeki untuk mampir ke Sulsel dan liburan ke tempat wisata yang sudah fadly tuliskan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di doain sobat, semoga bisa berkunjung kesini suatu saat nanti

      Delete
  20. IndahX pantai Kupa,, Haduh sayang aku Gak Pernah jalan2 ke tempat wisata yang ada di sulawesi meskipun tinggalX di sulawesi, haduhh ketinggalan banget sih aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-sekali luangkan waktu untuk bekeliling

      Delete
  21. subhanalloh,,, cantiknya alam indonesiaaa,,, mau pisang epe,,, hiksuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesini aja sekarang kawan, pisang epe menunggu di Pantai Losari :)

      Delete
  22. pengen deh keliling indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah udah, jalan-jalan yuk. Luangkan dikit waktu menikmati Indonesia :)

      Delete
  23. Keren neh info nya..kunjungan balik ya gan..sukses selalu..

    ReplyDelete
  24. @Belitung
    Makasih untuk kunjungannya... Semoga dapat manfaat dari kunjungan ini

    ReplyDelete
  25. Saya pernah ke Bantimurung, surganya kupu-kupu.....it was amazing plave for tourism...saya jga sempat berkunjung ke pantai Losari dan Trans Studio....bagus objek wisata di Sulsel

    jangan Lupa berkunjung ke teampat wisata kami...ok

    http://www.zamzamizainuddin.com/2012/10/berwisata-ke-tanah-rencong-aceh.html

    ReplyDelete
  26. @duta pulsa
    Akan lebih bagus lagi kalau kesini berkunjung ^._.^

    @Zamzami Zainuddin
    Wah... Bantimurung yah.. itu benar-benar tempat yang indah, bahkan tidak akan terlupakan olehku :)

    ReplyDelete
  27. pisang ijo udah paling ga ada lawan :D

    ReplyDelete
  28. itu air terjunnya bagus banget, kaya gunung es sekilas.

    ReplyDelete
  29. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    ReplyDelete
  30. bagusnya pak ..artikel ta
    http://blog.rental-mobil-makassar.com/

    ReplyDelete
  31. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Objek Wisata Sulawesi Selatan
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+