18 September 2011

Mengenal Kabupaten Barru

Posted by Fadly Indrawijaya , 44 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Logo Kabupaten Barru

Angin siang mulai berhembus kedalam kamar kos yang saat ini kutempati, cahaya matahari yang terik juga terlihat dari salah satu atap plastik yang transparan, bapak kosku sengaja memasangnya agar ada cahaya matahari yang masuk kedalam kamarku. Jika saat ini kalian datang kekamarku, kalian akan menjumpai sebuah kamar yang sangat berantakan, kebetulan hari ini hari minggu, aku baru berencana ingin membereskannya kembali. Daripada kalian berkunjung ke kamarku yang berantakan, aku akan mengenalkan kalian sedikit tentang tanah kelahiranku, siapa tahu saja suatu saat kalian bisa berkunjung kesana 

Kabupaten Barru, itulah nama tanah kelahiranku. Apakah kalian mengenal nama ini? Di kota inilah kenangan awalku sebagai seorang manusia terukir bagai sebuah lukisan yang akan terus mengisi alur kehidupanku, kota kenangan untukku dan juga orang-orang lain yang ada hubungannya dengan kotaku tersebut. Bagi kalian yang bertempat tinggal di luar Sulawesi Selatan, mungkin akan merasa asing dengan nama kotaku ini namun sepertinya sekarang kalian tidak akan merasa asing lagi karena aku sudah menjelaskan sedikit tentang kotaku ini.

Kalian ingin berkunjung? Kabupaten Barru letaknya sekitar 102 Km dari Kota Makassar dengan lama perjalanan sekitar  3 jam dengan angkutan kota jadi rasanya tidak terlalu sulit jika kalian angin menuju kesini. Saat menempuh perjalanan kesini dari kota Makassar, kalian akan disajikan pemandangan yang indah dari beberapa kota tetangga seperti Maros dan Pangkep dan saat memasuki perbatasan Kabupaten Barru, kalian akan di sambut pemandangan pantai dengan sebuah rumah makan di atas air. Di Kotaku juga terdapat pelabuhan jadi bagi kalian yang ingin menempuh perjalanan laut juga bisa kok :)

Di tengah kota, kalian akan menjumpai sebuah tugu yang di atasnya terdapat 4 buah payung emas sebagai simbol, simbol apakah itu? Jika kalian bertanya seperti itu, jangan berpikir bahwa kotaku itu tempat pembuatan payung, atau kota penemu payung, simbol itu berarti bahwa sebelum menjadi sebuah kabupaten, di Barru terdapat 4 buah kerajaan yang masing-masing di pimpin oleh seorang raja yaitu: Kerajaan Berru, Kerajaan Tanete, Kerajaan Soppeng Riaja dan Kerajaan Mallusetasi.

"Tak banyak yang mampu kulakukan untuk kotaku tapi aku ingin memperkenalkannya dengan tulisan sederhanaku ini" (Andi Fadly Indrawijaya, 2011)

Mungkin kalian akan bertanya kembali, Apa saja wisata di kampung halamanku tersebut? Pertanyaan ini akan aku jawab kemudian di postinganku tentang Kabupaten Barru yah, aku masih berusaha mengumpulkan informasi yang lengkap. Sepertinya ini dulu yang bisa aku tulis, sudah hampir jam 12 nih, mau mencuci pakaian dulu, beres-beres kamar lalu mandi.

Demikian postinganku tentang Mengenal Kabupaten Barru, Jangan lupa berkomentar yah...

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

44 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Salam

    kalau sertakan foto
    dapat saya menatap keindahan suasana kabupaten barru

    ReplyDelete
  2. sungguh menarik ya,..kota2 di indonesia memang selalu punya keunikan sendiri.ni kabupaten baru ya mas..?? bakal ada bukaaan lowongan ga? hehehe

    ReplyDelete
  3. berarti dulunya ada 4 kerajaan ya..
    mau dunk baca kisahnya :)
    ditunggu lanjutannya ya...

    ReplyDelete
  4. wah. baru dengar Kabupaten Barru, Kalau Kabupaten Sambas sudah pernah dengar belom? :D #PromoKabupatenSendiri

    ReplyDelete
  5. Jadi lebih mengenal tentang Kabupaten Barru.
    Terima kasih sob atas berbagi infonya

    ReplyDelete
  6. Kunjungan silatuirahmi sahabat di petang hari ini.
    Terima kasih atas berbagi pengetahuannya tentang salah satu kabupaten di Makassar.
    Terus terang sahabat baru mendengar nama kabupatennya.

    ReplyDelete
  7. Hadir dan absen di sini gan...
    Penduduknya sudah padat belum gan...kalau di pulau jawa penduduknya berjubel sudah padat sekali

    ReplyDelete
  8. Makasih yah sobatku sudah mau berkunjung membaca postingaku ini

    > Atuk
    Iya...nanti deh fotonya menyusul soalnya postingannya ditulis tanpa persiapan nih...

    > Ketty Husnia
    Bukan Kabupaten baru tapi Kabupaten Barru, udah ada kok sejak 1960 jadi kalau masalah lowongan sebagai penduduk Barru, masih buka kok..

    > Shinobi
    Iya... Tetanggan kampung dong.... Maksih sudah mampir yah...

    > Zasachi
    Baru meneliti kisahnya.. nantikan kelanjutannya pada chanel dan jam yang sama :)

    > Eel Pacidasase
    Di tunggu kisahnya nih tentang Kabupaten Sambas yah jadi bisa saling promo kabupaten, siapa tahu saja bisa saling mengungjungi kan :)

    > Reckydjayoesman
    Namanya memang panjang tapi bersambung yah?Namanya susah diketik... mampir yah di kotaku

    > Cardiacku
    Jadi sudah pernah dengar sebelumnya yah sobat?

    > Webmdmk
    Makasih untuk kunjungannya. AKu luruskan dikit kata-katanya yah, Kabupaten Barru bukan kabupaten di Makassar sobat soalnya Makassar lain juga...

    > Kalau di jawa wajar sobat kalau disini Belum padat kok jadi masih menerima calon penduduk baru :)

    ReplyDelete
  9. wah, lama gak silaturahmi ke tempatnya mas nih..

    ReplyDelete
  10. trims ayas sharing latar belakang kabupaten barru.. jadi inget coto makassar nih.. :)

    ReplyDelete
  11. berkunjung sekalian silaturahmi sobat,, ceritanya menarik juga,, soalnya saya jarang denger cerita2 dari daerah,, heheheh,, ditunggu lanjutannya sob,, ohiya sekalian saya follow deh blognya,, kalau berkenan di follow back ya sob,, sukses slalu buat anda,

    ReplyDelete
  12. Wow...sangan menarik sekali informasinya tentang suatu daerah di penjuru Indonesia ini. Saya suka sekali membaca tentang informasi suatu daerah/kawasan di Indonesia, siapa tahu saya bisa liburan kesana.

    ReplyDelete
  13. wah menarik sekali, jadi ingin silaturrahmi ke kabupaten barru..

    ReplyDelete
  14. Bertambah pengetahuannya lagi kawan aku di sini...Trims

    ReplyDelete
  15. Dapat pengetahuan baru di sini setelah berselancar mencari ilmu.
    Thanks sob

    ReplyDelete
  16. baru tau kabupaten barru sob :D .....

    ReplyDelete
  17. Saya akan menunggunya. Lagi hunting tempat liburan, rencana ke Sabang, Batam, Bintan, Nias, Karimun Jawa, atau mungkin Sulawesi, Barru kabupaten? harus informasi jelas ya :)

    ReplyDelete
  18. siapppp....baru denger nih ada nama kabupaten yang satu ini.. :)

    ReplyDelete
  19. 3 Jam perjalanan??
    Hem....Naek bis ya?

    ReplyDelete
  20. wlu bru dgr nmanya
    brrti ni tmbahan info bru
    buat sya..
    trmksih

    ReplyDelete
  21. ayo... semua nya k Barru,
    ajak keluarga, taman-teman, musuh-musuh, orang belum di kenal jg ajak sekalian, biar Barru rame, soal nya Barru sepi, siang aja sepi, bayangkan kalau malam kayak apa??
    jangan tanya ada apa d Barru, tp cari tahu ada apa di dalam nya...

    ReplyDelete
  22. Saya pernah mendengar daerah ini ...
    Namun baru sekarang saya sedikit mengetahui mengenai seluk beluk Kabupaten di Sulawesi Selatan ini

    Salam saya

    ReplyDelete
  23. "Ternyata banyak komentar disini yang belum aku tanggapi" ucapku kaget

    > Yudi Darmawan
    Ia sobat, kayaknya udah lama karena aku juga udah jarang blog walking nih

    > Kirana
    Boleh lagi tuh kesini untuk makan coto makassar

    > Rama88
    Maksih yah teman udah di follow, tunggu yah aku follow juga soalnya akhir-akhir ini sibuk utak atik blog jadi belum sempat follow balik

    > Arqu3fiq
    Boleh-boleh... kesini saja sobat berkunjung

    > Umiabie
    Di tunggu kedatangannya yah, jangan lupa bawa ole2 dari daerah masing-masing :)

    > Blog-Nailah
    Sama-sama teman, makasih untuk kunjungannya

    > Tamannya-Hati
    Mksih juga untuk kunjungannya yah :)

    > A-Nx
    Itulah pentingnya berbagi sobat biar semua tahu...

    > Reza Pahlevi Lampoh
    Iya deh, nanti informasinya di tambahin yah

    > Rabest
    Tapi sekarang sudah tahu kan?

    > Kopiah Putih
    Bisa naik bis juga kok teman

    > Kiowa Sayaka Tasako
    Itulah manfaat berbagi teman

    > Anonim
    Kenapa tidak nulis nama teman? makasih udah bantu ajakin orang ke Barru

    > Nh18
    Tapi untuk lebih mengetahui, bisa datang langsung kok

    ReplyDelete
  24. Terima kasih atas postingannya, dan sekedar informasi bahwa jika ingin mengetahui beberapa kisah tentang kabupaten Barru bisa di lihat di blog saya http://ivanmuanist.blogspot.com, di blog ini ada tulisan tentang sejarah singkat kabupaten Barru, sejarah Kecamatan Mallusetasi (mulai pada masa kerajaan), dan kisah La Wana Datu Botto yang konon awal munculnya KATA SOPPENG RIAJA yang merupakan salah satu kecamatan di Kab. Barru. Untuk Obyek wisata bisa di lihat di koleksi Foto Facebook saya (Pesona Pulau, di situ ada salah satu obyek wisata di Kecamatan Mallusetasi (Pulau Dutungan)(ivanmaulana1@gmail.com).

    ReplyDelete
  25. Postingan yang sangat menarik sappo...salam kenal.Hayardin dari Barru juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksih yah atas kunjungannya... salam kenal yah

      Delete
  26. rnyata kota barru sngat indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar-benar indah, harus kesana dulu biar bisa menikmati sendiri :)

      Delete
  27. Salam kenal ya, sy 7 tahun tinggal di Barru waktu mondok di Mangkoso!

    Masa2 di Barru tdk mungkin terlupakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sekarang tidak di Barru lagi yah mas Abu Hafs? sekali-kali jalan-jalan ke Barru, silaturahim :)

      Delete
  28. aslkm...sy lahir dan besar dibarru tp sy tdk mngenal banyak tempat2 khususx obyek wisatax, sy bahkan terakhir ke barru wkt tante andi meriem (Almrh) dimakamkan di penkuburan raja2 Barru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam... kalau lahir di Barru, kok malah jarang pulang atau mengunjungi daerah-daerah wisatanya? kan harus tahu daerah sendiri juga :)

      Delete
  29. barru memang menarik....tidak heran saya betah tinggal di daerah ini...apalagi di Mallusetasi...keren banget


    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa dipungkiri, di Mallusetasi panorama pantainya indah :)

      Delete
  30. f4dLy.
    sikkampong ki mazbro, saya juga asli orang bugis barru.. :)

    ReplyDelete
  31. Daera barru adalah kota yang penuh dengan keindahan ,pantai,,,pegunungan itulah keindahan daerah barru,,,,kalau bole tanya ,,,di mana'ki tinggal di barru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di Barru kotanya , kita' daerah mana?

      Delete
  32. Sukses selalu untuk Kabupaten Barru Sulsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cuma Kabupaten Barru aja mas tapi setiap daerah di Indonesia :)

      Delete
  33. kalau dari makassar mau ke pulau dutungan, transportasinya apa yah? turun dimana dibarrunya? bisakah camping du dutungan? makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau transfortasi dari Makassar ke Barru bisa menggunakan transportasi darat setelah itu dilanjutkan dengan perahu kecil ke pulau dutungan

      Delete
  34. Gimana Kabar Barru dengan Kasus Bapak Bupati TercintaNya "AIS" ???
    Jadi miris Melihat dan Membaca Beritanya :'(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+