Kunci Jawaban Ujian Nasional

Ujian Nasional
Jawaban Ujian Nasional | megapolitan.kompas.com
Masa ujian nasional tingkat SMA telah berakhir meskipun dibeberapa daerah masih ada yang berlari menyusul akibat keterlambatan soal. Sangat lucu memang, ketika sesuatu hal yang menjadi penentu kelulusan justru tak lulus untuk datang tepat waktu di meja para siswa yang telah menanti dengan beribu harapan dan semangat.
Kita tinggalkan cerita ujian nasional SMA dengan segala problem yang tidak tahu siapa yang nantinya bertanggung jawab. Kini stapet penguji terakhir sampai pada adik-adik kita yang duduk di kelas 3 SMP untuk menghadapi ujian nasional. Rasa kawatir karena tak lulus jelas ada diantara mereka, demikian juga denganku ketika beberapa tahun yang lalu menanti detik-detik ujian nasional, disaat seperti ini ada banyak cara yang dimanfaatkan oknum-oknum tertentu yang mencari keuntungan dengan menawarkan kunci jawaban palsu. Menyikapi hal itu, aku telah menyusun beberapa kunci jawaban yang berhasil aku kumpulkan.

Paket A: Belajar

Ini adalah kunci jawaban utama untuk menjawab soal ujian nasional. Belajar dalam hal ini adalah proses merekam kembali materi-materi yang telah kalian pelajari ke dalam otak dan mengolahnya menjadi data yang siap diakses ketika ujian tiba. Sulit atau mudahnya sebuah soal tergantung dari bagaimana cara kalian memahami pelajaran jadi saranku mulailah atur waktu belajar kalian, jangan biarkan malas atau bosan malah menghambat waktu kalian untuk belajar. Jangan pernah menggunakan teknik SKS (Sistem Kebut Semalam) tapi gunakan(SBT) Sistem Belajar Terencana

Paket B: Restu Orang Tua

Ketika mendekati ujian, pemandangan yang sering dijumpai di sekolah-sekolah adalah anak kelas 3 yang mendatangi gurunya secara bergerombol, meminta maaf dan meminta doa. Ritual ini memang penting namun ada satu hal yang kadang dilewatkan oleh beberapa siswa yaitu meminta maaf dan restu dari orang tua padahal selama ini orang tualah yang berperan dibalik layar keberhasilan anaknya, orang tualah yang membanting tulangnya, mengurangi jatah makanya hanya itu memenuhi kubutuhan sekolah sang anak tapi justru mereka yang kadang terlupa. Saranku, setelah membaca tulisan ini segeralah meminta maaf dan meminta restu  dari mereka.

Paket C : Siapkan senjata

Jangan membayangkan bahwa senjata yang kumaksud adalah sejenis pistol ataau pisau, senjata yang kumaksud adalah senjata para pelajar terutama saat mereka menghadapi ujian. Pastikan pensil yang kalian gunakan adalah pensil 2B khusus computer, jangan lupa juga pilih penghapus yag tidak meninggalkan banyak bekas di kertas. Untuk masalah  pengkorok (rautan) pilihlah yang menggunakan penutup agar bekas rautannya tidak tercecer kemana-mana atau mengotori kertas jawaban. Jangan lupa dengan penggaris untuk melingkari lembar soal, pilihlah yang memiliki bulatan yang benar-benar lingkaran penuh. Saran tambahan,selalu siapakan kartu identitas ujian bersama senjata-senjata tadi agar tidak ada yang lupa.

Ujian Nasional SMP
Ujian Nasional | iberita.com

Paket D : Istirahat atau Refreshing

Jangan anggap remeh hal ini, setelah pikiran kalian tegang karena belajar, berikan waktu pada otak atau pikiran kalian untuk istirahat, hal ini agar pikiran terasa lebih segar saat mengikuti ujian. Waktu istirahat juga berfungsi agar kondisi tubuh lebih fit soalnya mengerjakan soal ujian saat kondisi tubuh setengah ngantuk kareena tidak tidur semalaman akan berdampak pada kurangnya daya konsentrasi.

Paket E : Doa

Kunci jawaban terakhir adalah doa. Setelah berusaha keras dengan belajar, meminta maaf dan restu orang tua dan guru, menyiapkan alat-alat ujian serta menyiapkan waktu untuk beristirahat, doa menjadi pelengkap untuk langkah-langkah diatas. Jangan pernah melupakan bahwa diatas Dinas Pendidikan yang menyelenggarakan Ujian Nasional, ada Sang Maha Pemberi Keputusan.

Hanya ini dulu kunci jawaban ujian nasional yang bisa aku berikan pada kalian. Semoga tulisan ini memberikan manfaat yang besar untuk adik-adikku yang saat ini berjuang menembus batas akhir masa SMP. Jika kalian sayang dengan adik-adik SMP kalian, jangan lupa untuk bagikan kunci jawaban ini yah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Komentar untuk "Kunci Jawaban Ujian Nasional"

  1. Kawan saya numpang duduk ya diblog mu :D

    lagi cari inspirasi buat nulis artikel..

    izin baca-baca yak oke..

    Jangan Lupa Mampir ke Blog Sederhana saya..

    Salam Blogwalking.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih untuk kunjungannya yah... semoga betah untuk sering mampir kesini :)

      Hapus
  2. kunci jawaban UN yang paling keren sedunia nih.

    dewa SEO rupanya abangku ni...;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak juga kok mas, sekali-seikali targetkan keyword tidak apa-apa kan? sapa tau dapat traffic :)

      Hapus
  3. Kalau sudah punya kunci jawaban seperti ini Insya Allah UNnya lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa di share kunci jawabannya yah mbak adik-adiknya :)

      Hapus
  4. Doa restu orang tua nomer 1 harusnya Mas Bro. xiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya sih mau taruh doa di nomor 1, tapi setelah aku mikir-mikir hal utama yang harus dilakukan adalah berusaha kemudian berdoa

      Hapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel