10 February 2017

Fitur Super Chat Youtube Akan Saingi Bigo Live

Posted by Fadly Indrawijaya , Komentar Pertama

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Youtube

Jika bicara tentang streaming video atau melihat channel video, maka yang akan terlintas dipikiran kita adalah Youtube. Ya, situs berbagi video ini memang sedemikian populer dan memiliki brand yang sangat kuat bagi para pengguna internet. Situs ini memiliki jutaan akun dan jutaan video yang di-upload di sana dengan rata-rata ada ribuan video diunggah setiap harinya.
Youtube menyediakan berbagai kategori video dan bahkan bisa dikatakan tidak terbatas. Mulai dari video sederhana yang terkadang tidak memiliki makna apa-apa atau sekedar ajang eksistensi diri, video tutorial pembelajaran hingga video keren yang terkadang membuat takjuk penontonnya, saya sendiri lebih gemar menonton video tutorial handmade, astronomi maupun review teknologi.

Di Youtube, Anda tidak hanya bisa bersenang-senang, tapi Anda juga bisa mewujudkan impian menjadi orang kaya. Ya, cukup upload video yang menarik, mengumpulkan penonton sebanyak-banyaknya, optimalkan akun youtube maka perlahan-lahan rupiah akan menghampiri. Peluang ini tentunya tak boleh disia-siakan begitu saja, apalagi beberapa tahun terakhir kecenderungan penggunan internet yang menonton video semakin meningkat.

Fitur baru youtube
Sumber gambar : TechJuice

Pada Januari kemarin, YouTube baru saja meluncurkan sebuah fitur baru yang akan membuat Youtuber dapat menambah pundi-pundi uang mereka. Fitur itu bernama Super Chat. Fitur tersebut berfungsi untuk membuat sebuah komentar tetap berada di urutan teratas pada sebuah siaran langsung di Youtube. Caranya adalah dengan membayar uang kepada akun si pembuat video. Anda hanya perlu menekan tombol dengan tanda uang dolar yang muncul dalam sebuah siaran langsung. Kemudian pilih jumlah uang yang ingin Anda bayarkan kepada pemilik video. Jika ingin agar komentar Anda berada di posisi atas dalam waktu lama, maka Anda bisa melakukannya dengan memberikan uang dalam jumlah banyak. Batas waktu maksimal sebuah komentar dapat ditampilkan di posisi teratas adalah lima jam, begitu aturan dari Youtube.

Menurut manajer produk Youtube, Barbara McDonald, tujuan dari fitur ini adalah agar si penonton yang memberikan uang bisa mendapatkan perhatian dari si pembuat video

Untuk Anda yang merupakan youtuber sejati atau penikmat video-video di Youtube, tentu fitur ini adalah berita baik. Karena Anda bisa membuat semakin banyak siaran langsung di channel Youtube Anda, dengan begitu Anda akan berpotensi menambah uang yang masuk ke rekening Anda. Tapi untuk melakukan itu tentu tidak gampang, karena selain butuh sebuah video yang berkualitas, Anda pastinya juga membutuhkan banyak kuota data apalagi jika ingin menampilkan video berkualitas HD. Anda harus memastikan bahwa kuota data anda mencukupi untuk siaran langsung. Tentunya akan sangat menyebalkan saat siaran langsung, orang-orang mulai berkumpul di siaran Anda namun tiba-tiba siaran tersebut terputus karena kehabisan kuota.

Untuk masalah kuota ataupun pembelian pulsa, saya biasanya membeli langsung secara online karena beberapa aplikasi memberikan diskon tambahan untuk pulsa maupun kuota yang dibeli, salah satunya di Traveloka. Meskipun mengusung aplikasi yang awalnya berbasis layanan pemesanan hotel dan tiket pesawat, traveloka berusaha meningkatkan layanannya dengan menambah beberapa fitur salah satunya layanan paket internet. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi terbaru di halaman Traveloka, membuka aplikasi tersebut kemudian memilih menu untuk pembelian paket internet, konfirmasi pembelian dan lakukan pembayaran dengan cara yang Anda inginkan. Di mana pun Anda berada (mau di dalam angkot, di kamar atau sedang ada di kantor), jam berapa pun (mau tengah malam atau dini hari) saat Anda butuh, Traveloka akan selalu sedia melayani! Nggak perlu antri dan nunggu lama, paket internet Anda akan terisi segera. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan kuota data sedang siaran langsung.

Fitur Super Chat tadi menurut Youtube, rencananya sudah bisa dinikamati akhir Januari di beberapa negara namun dalam pantauan akun youtube saya, fitur tersebut belum muncul, mungkin update untuk Indonesia dan negara lainnya akan menyusul kemudian. Selain peluncuran fitur baru ini, Youtube ternyata menutup sebuah fitur bernama Fan Funding yang dinilai tidak banyak digunakan oleh pada pengguna.

Apakah fitur ini bermaksud menyaingi Bigo Live yang lebih dulu menyediakan layanan tersebut? Fitur ini hampir mirip dengan aplikasi yang menawarkan live streaming seperti Bigo Live, 17, Kitty Live dan Nonolive meskipun di aplikasi live streaming tersebut, komentar dari pemberi uang tidak ditampilkan di posisi teratas seperti yang ditawarkan oleh fitur Youtube. Jangan lupa subscribe chanel youtube saya :D

Sumber gambar:
Gambar youtube pembukaan: redio.in

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

0 comments:

bingungBingung? Jangan ragu untuk bertanya

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+