05 January 2017

Catatan 2016: Dari toko online hingga kesunyian

Posted by Fadly Indrawijaya , 8 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Perjalanan waktu

Tahun 2016 akhirnya berakhir, tak ada perayaan ataupun ikut larut bersama dalam kemeriahan malam penghujung tahun, saya memilih menyendiri dirumah dan mengurus 7 ekor kucing. Sendiri terkadang hadirkan sunyi dan sunyipun dapat hadir dalam keramaian. Itupun yang saya rasakan malam itu hingga memutuskan untuk merenungi perjalanan waktu, apa yang telah saya lewati setahun ini.

Mengawali tahun 2016, saya memutuskan berwirausaha dan membuka toko online dengan modal seadanya, kegemaran terhadap astronomi dan fenomena gerhana matahari total yang terjadi di bulan Maret memberikan ide untuk memulai menjual kacamata filter matahari, Alhamdulillah usaha tersebut tak sia-sia, tak lebih 12 jam setelah membuat akun toko online, orderan pun mulai berdatangan dari berbagai daerah, saya bahkan kewalahan saat proses packing karena benar-benar pemula dalam masalah ini.

Maret 2016 adalah pencapaian salah satu impian saya. Setelah bertahun-tahun membayangkan gerhana matahari dan hampir 2 tahun merencanakan perjalanan ke Palu akhirnya saya bersama 2 orang teman dari Astronom Amatir Makassar (AAM) terbang ke kota yang dikenal dengan kuliner Kaledonya untuk menyaksikan langsung gerhana matahari total. Ini perjalanan terjauh saya sekaligus salah satu pengalaman yang begitu berkesan, kami berangkat ke Palu benar-benar tanpa persiapan yang matang bahkan tak tahu akan menginap dimana namun selalu ada jalan bagi mereka yang tak menyerah, kami bersyukur karena masih memiliki teman-teman yang bersiap mengulurkan tangannya disaat susah, ada yang menyambut kami dibandara, ada yang memberikan tempat nginap, ada yang mengajak jalan-jalan berkeliling kota Palu. Puncaknya saat menatap langsung gerhana matahari, ada rasa syukur dan takbir yang tak henti saya panjatkan saat itu.

Yuk kenal sedikit tentang astronomi: Apa itu astronomi?

Suatu waktu saat masih kecil, saya pernah menunjukkan sebuah buku pelajaran pada mama tentang gerhana matahari lalu beliau bercerita bahwa saat mama masih muda, pernah terjadi gerhana matahari juga, saat itu semua orang bersembunyi namun mama merupakan salah satu orang yang tak bersembunyi namun malah melihat langsung gerhana meskipun saat itu sudah ada himbauan bahwa melihat gerhana matahari langsung akan menyebabkan kebutaan namun katanya tak terjadi apa-apa. Beliaupun juga menggambarkan suasana saat itu, dimana kondisi langsung gelap, ayam, sapi dan beberapa hewan lainnya mulai ribut karena panik. Cerita itu begitu membekas dalam pikiran saya dan menjadi salah satu motivasi terbesar untuk mengejar gerhana matahari di Palu.

gerhana matahari
Cerita lain tentang perjalanan ke Palu dapat dibaca di: Punya impian? Kejarlah!

Juli 2016, setelah 2 tahun diberikan amanah dan kepercayaan memimpin Astronom Amatir Makassar (AAM), saya memutuskan untuk beristirahat dan menyerahkan tanggungjawab tersebut. Saya masih mengingat bagaimana suatu malam saya membuat sebuah grup facebook dan mencoba menghimpun pecinta astronomi di Makassar. Kami pun bertemu dan berkumpul hingga akhirnya 15 Juni 2014 dibentuklah Astronom Amatir Makassar. Saya selalu terkenang bagaimana AAM itu tumbuh dari sebuah komunitas kecil yang sangat sederhana sebelum akhirnya mulai dikenal. Memilih turun saat berada dipuncak bukanlah hal yang mudah namun rasanya lebih adil menyerahkan jabatan ketua saat kondisi AAM stabil sehingga ketua baru dapat fokus membangun AAM, saya cukup bersyukur telah menjadi pondasi awal bagi komunitas ini.

Sebenarnya ada banyak kisah lain yang terjadi selama tahun 2016 namun cukup dua kisah diatas yang jadi perwakilan agar kisah lain berkesempatan muncul dalam tulisan lainnya.Apa kisah kalian yang paling berkesan selama 2016, mungkin ingin berbagi di kolom komentar.

Sumber gambar:
Jam - harnas.co

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

8 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. luar biasa Fadly!

    membaca tulisan ini dan mengingat-ingat kembali seperti apa Fadly waktu pertama kali saya ketemua seperti memberi gambaran bagaimana seorang pria bermetamorfosis. berkembang secara perlahan di jalan yang dia pilih.

    luar biasa! keep on a good way anak muda!
    jalanmu masih panjang, tapi modal dasarmu sudah ada. tinggal fokus dan menjaga terus niat baik.

    Insya Allah suatu hari nanti saya ketemu Fadly di tangga yang lebih tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pujiannya, Daeng. Setiap orang tentunya akan berproses dan itu bergantung apa yang ia pelajari dari sekitarnya. Beruntungka itu karena kenal dengan teman-teman AM jadi banyak belajarka tentang komunitas :)

      Delete
  2. templatenya keren,,, mampir blog sy mas fadli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih untuk pujiannya mas :)

      Ok, menuju TKP

      Delete
  3. Saya kalau membahas astronomi.. entah kenapa selalu teringat film Petualangan Sherina X))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena mba generasi 90an. Film Petualangan Sherina memang berhasil membangkitkan penasaran sekaligus minat astronomi kala itu

      Delete
  4. Wah,,,, tdk ikut hiruk pikuk di mlm thn baru?
    sama seperti saya...
    :)

    ReplyDelete
  5. Wah,,,, tdk ikut hiruk pikuk di mlm thn baru?
    sama seperti saya...
    :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+