24 November 2016

Tips Sebelum Membeli Printer

Posted by Fadly Indrawijaya , 2 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
printer epson

Perkembangan teknologi semakin pesat, jika dulunya orang-orang memerlukan mesin tik untuk membuat dokumen namun komputer akhirnya menggantikan peranan itu, tentunya tak lepas dari printer sebagai media cetak. Berbicara tentang printer, saya teringat dimasa kuliah dulu, printer merupakan salah satu benda yang benar-benar saya butuhkan keberadaannya utamanya dimasa-masa pembuatan proposal dan revisi skripsi dimana saya perlu berkali-kali mencetak lembaran yang sama karena belum sesuai harapan sang dosen penguji.

Mengingat fungsinya yang begitu bermanfaat, tentunya kita tak bisa sekedar membeli printer. Dibanding harus membeli berkali-kali karena kualitas yang tak sesuai harapan akan lebih bijak jika membeli sekali untuk selamanya atau setidaknya bisa digunakan jangka panjang. Berikut beberapa tips yang dapat kalian gunakan saat ingin membeli printer.

1. Tentukan tujuan
Fungsi utama sebuah printer adalah mencetak namun sebelum memutuskan membeli printer maka ada baiknya jika menentukan tujuan utama penggunaan printer tersebut, apakah hanya untuk mencetak dokumen, atau mencetak foto atau bahkan ingin digunakan untuk scan file. Penentuan tujuan sangat penting agar printer yang dibeli nantinya dapat digunakan secara optimal. Janganlah memaksakan diri membeli printer yang menggunakan scan jika kalian tidak terlalu membutuhkannya.

2. Merek
Untuk mendapatkan printer yang berkualitas tentunya sebagai konsumen kita harus tahu sedikit seluk beluk dari produsen yang memproduksi printer tersebut. Kita bisa menelusuri rekam jejak si produsen dari merek yang mereka gunakan, apakah mereka memang telah dikenal dengan produksi printer berkualitas atau merupakan merek baru? Ada beberapa merek printer yang terkenal di pasaran seperti Canon, Epson dan HP, carilah ulasan pengguna di berbagai forum di internet untuk dapatkan printer yang benar-benar pas.

3. Teknologi
Akan selalu ada teknologi di setiap perkembangan zaman, printer pun terus berkembang hari ke hari. Seperti yang saya sebutkan pada poin pertama diatas, saat ini printer tak melulu sebagai alat cetak tapi mampu digunakan untuk scan atau copy dokumen demikian juga dengan tinta printer yang sebelumnya menggunakan karbon/pita, kemudian tinta dan juga laser.Ada baiknya untuk memperhatikan teknologi printer tersebut karena semakin tinggi teknologinya maka printer tersebut akan semakin mahal namun akan semakin hemat dari sisi biaya penggunaannya.

printer dot matrix
Contoh print Dot Matrix yang menggunakan pita

4. Perawatan
Beberapa printer tidak bisa dibiarkan diam dalam jangka waktu tertentu sehingga perlu digunakan setidaknya sekali dalam seminggu sebagai salah satu bentuk perawatan printer tersebut. Pemilihan refill / tinta printer juga akan mempengaruhi masa pakai, meskipun sedikit lebih mahal tapi Beli Tinta Printer Berkualitas agar printer lebih awet. Tempat service juga masuk dalam kategori perawatan, carilah yang lokasi servicenya terjangkau. Jadi jangan abaikan faktor perawatan saat mencoba membeli. 

5. Harga
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih printer adalah harganya. Terkadang untuk mendapatkan yang terbaik memang harus ditebus dengan harga yang fantastis, begitupun dengan printer, semakin bagus kualitas printer tersebut maka akan semakin tinggi juga harganya namun jangan cepat berkecil hati karena ada juga printer yang harganya pas di kantong namun berkualitas.

Jadi sudahkah kalian merencanakan untuk membeli printer? Atau punya saran atau pengalaman terkait printer yang digunakan saat ini? Silahkan berbagi di kolom komenter agar lebih banyak referensi. Terima kasih.

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

2 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. HAHAHAHAHA jadi inget jaman dulu orang tua saya dapet mungut printer lama di kantor, ngisi ulang tinta sendiri sampai tangan belepotan :)))
    Maaf ya kalau komentarnya agak salah fokus, tapi yang terlintas di pikiran saya malah ini :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mengalami hal tersebut saat pertama kali mengisi tinta printer, karena berpikir suntik tintanya itu mudah malah meluber dan belepotan kemana-mana.

      Makasih sudah berkunjung :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+