19 October 2016

Jangan lewatkan 5 tempat ini saat ke Solo

Posted by Fadly Indrawijaya , 6 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Kota Solo

Selain Bali, Lombok, Yogya, dan Malang, Salah satu kota yang tidak boleh dilewatkan dalam perjalanan traveling-mu adalah kota Solo. Solo memiliki banyak tempat wisata menarik seperti Grojogan Sewu Tawangmangu, Keraton Surakarta, dan Air terjun Jumog. Untuk pecinta kuliner, Solo juga memiliki beberapa makanan khas yang akan memanjakan lidah diantaranya Tengkleng, Nasi Liwet, ataupun Serabi Notosuman. Kamu bisa berkeliling destinasi wisata dan mencicipi berbagai kuliner enak tapi jangan lupakan ole-ole khas Solo yaitu batik Solo.

Jika kamu hendak ke Solo, kamu bisa mencoba menginap di Hotel Alila Solo sebagai tempat penginapanmu selama di sana. Setelah itu, kamu bisa mulai berkeliling tempat wisata dimulai dari tempat terdekat dari hotel. Ada apa saja sih, memangnya?

1. Museum Batik Danar Hadi

Eits, jangan melipir dulu pas dengar kata museum :) Museum Batik Danar Hadi yang berada di Solo ini, merupakan museum yang khusus mengoleksi berbagai model batik. Di sini, dijabarkan semua koleksi batik yang antik dan eksotik. Di sini pun kita bisa tahu daerah asal tiap jenis batik melalui penamaan batik. Kalau datang ke sini, harga tiketnya cukup murah dan kamu akan diantar guide berkeliling melihat proses pembatikan di sana.
Museum Batik Danar Hadi
Jln. Slamet Riyadi No. 261, Solo 57141 Indonesia
3.5 km dari Alila Solo

2. Ria Batik Solo
Kalau yang satu ini bukan museum, tapi pusat belanja batik. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota maupun hotel, bisa membuat kamu bolak-balik ke sini untuk membeki beberapa batik yang kamu suka. Untuk belanja di sini, kamu tidak perlu tawar menawar. Mereka menyediakan harga yang sangat terjangkau. Dan selalu ada diskon untuk minimum pembelajaan. Bahkan, untuk member, konon akan diberikan diskon lebih besar lagi. Kapan lagi bisa belanja batik dalam jumlah banyak?
Ria Batik Solo
Jln. RM. Said no. 85, Solo 57132 Indonesia
3.6 km dari Alila Solo

3. Batik S128
Ini merupakan salah sagu tempat belanja di Solo yang juga bisa kamu kunjungi. Taoi saat datang ke sini jangan berharap yang aneh-aneh, karena tentu saja hanya menjual batik beraneka ragam. Kamu bisa memilih jenis batik yang kamu mau dan bisa juga membeli dalam jumlah banyak. Tidak perlu khawatir, tempat ini tidak jauh dari Hotel Alila Solo. Kamu bisa bolak balik membeli dan nanti kamu bereskan di hotel.
Batik S128
Jln. KH Samanhudi no. 128, Solo 57148 Indonesia
1.2 km dari Alila Solo

Motif Batik Solo
Salah satu motif batik Solo

4. Batik Semar
Masih belum puas datang di satu tempat? Kunjungi Batik Semar saja. Ini juga salah satu tempat belanja di Solo yang dekat dari hotel dan kamu bebas berkeliling mencari yang kamu mau. Jangan lupa beli juga beberapa buah batik sebagai oleh-oleh. Malah, kalau kamu mau, beki saja sekalian dalam jumlah partai untuk kamu jual lagi sepulang dari Solo, hehe.
Batik Semar
Jln. Adisucipto No. 101, Solo 57143 Indonesia
1.2 km dari Alila Solo

5. Kampoeng Batik Laweyan
Salah satu pusat berbelanja di Solo yang dekat dengan Hotel Alila Solo adalah tempat ini. Belanja di Kampoeng Batik Laweyan, konon kurang lebih seperti belanja di Tanah Abang. Semakin seru jika menyusuri tiap gang. Kampoeng Batik Laweyan ini menyediakan batik yg variatif dari desain klasik sampai modern. Selain itu mereka mematok harga yang bervariasi dan bisa kamu sesuaikan dengan budget-mu. Batik yang dijual lengkap sekali mulai dari batik cap sampai tulis. Yang unik, tempat belanja ini berpusat atau berkonsep seperti perkampungan. Jadi, tidak banyak lokasi parkir dan juga tidak luas seperti mall.
Kampoeng Batik Laweyan
Desa Laweyan Jln. Sidoluhur, Solo 57148 Indonesia
2.3 km dari Alila Solo

Nah, selamat berlibur ke Solo, ya!

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

6 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Solo emang terkenal dengan batik nya ya mas, suamiku orang solo tapi aku baru sekali kesana dan belum pernah mampir ke satupun tempat yang mas sebut, hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sekali-sekali mampir kesana saat jalan-jalan ke Solo, mungkin ada batik yang cocok di hati :)

      Delete
  2. Kota solo memang menawarkan banyak ragam wisata jawa yang kental
    Salam kenal mas, sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, namun tak hanya Solo yang kental dengan ragam wisata jawanya, beberapa kota lain juga memiliki ragam keuinkan sediri.

      Salam kenal juga dan terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Solo, kota penuh dengan kenangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin boleh berbagi disini apa-apa saja kenangannya :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+