04 June 2015

Gapura: Maksimalkan UKM dengan media online

Posted by Fadly Indrawijaya , 13 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Gapura, Mira Sumanti

Halo sahabat BiluPing, lama yah saya tidak posting. Kali ini saya ingin menulis laporan saat saya mengikuti sebuah kegiatan yang hebat dan menginspirasi. Ini adalah kesekian kalinya saya mencoba menulis laporan kegiatan dan tampaknya masih ada banyak kekurangan jadi mohon dimaklumi dan diberikan saran dan kritik yang membangun. Kegiatan kali ini berkaitan tentang UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan manfaat berpromosi online.
26 Mei yang lalu saya berkesempatan mengikuti Gapura, sebuah acara yang di selenggarakan oleh Google bekerjasama dengan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia serta Asosisi E-Commerce Indonesia (idEA). Acara ini berlangsung di Ruang Pola, Balai kota Makassar mulai pukul 10.00 – 16.00.

Apa itu Gapura?

Gapura adalah serangkaian konferensi yang mendorong lebih banyak usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memaksimalkan peluang dan potensi berbisnis di ranah online. Ini adalah tahun kedua Gapura diadakan dan merupakan kali pertama di Makassar. Untuk tahun 2015, ada 5 lokasi yang dipilih untuk Gapura tahun ini yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar dan Makassar.

Tujuan utama dari Gapura adalah memberikan edukasi pada para pelaku UKM tentang pentingnya media online sebagai media promosi dan cara memaksimalkan pendapatan. Jika sebelumnya pelaku UKM hanya memanfaatkan lapak fisik untuk berjualan, menampilkan produk dan bertransaksi maka dengan mengikuti kegiatan Gapura ini, pelaku UKM diharapkan mampu membangun juga lapak onlinenya dan tahu bagaimana caranya berpromosi via online.

Shinto Nugroho selaku Head of Public Policy and Government Relations Google mengawali acara dengan menampilkan beberapa fakta seputar pertumbuhan internet, menurutnya internet telah merubah cara seseorang bertransaksi, jika sebelumnya orang harus ke toko untuk membeli barang maka dengan internet kita bisa memesan barang bahkan saat sedang tidur-tiduran. Sambutan berikutnya dibawakan oleh Joaquin F. Monserrate (The U.S. Consulate General in Surabaya) yang menyemangati dan membuat peserta sedikit tertawa dengan bahasa Indonesianya yang terdengar lucu.

Acara kemudian diambil alih oleh Mega selaku MC yang kemudian menayangkan video singkat tentang Gapura. Tak hanya itu ia juga memperkenalkan tagline dari Gapura, “Saat saya mengatakan Gapura, balas yah dengan, go online with Google” katanya sambil meminta peserta untuk berdiri dan mengikuti aba-abanya, ruangan pun bergemuru dengan tagline Gapura.

Mira Sumanti selaku Product Marketing Manager – Small Medium Business, Google kemudian melanjutkan sesi dengan materi yang sangat saya nantikan, “How to Optimize Your Web & Mobile Site”. Poin utama dari materi yang dibawakan oleh mba Mira adalah 3 pilar utama pada sebuah web. Berdasarkan hasil penelitian, saat ini jumlah pengakses internet via ponsel mengalahkan jumlah pengakses via desktop oleh karena itu Google lebih mengutamakan situs yang ramah terhadap ponsel bahkan di hasil pencarian google telah memunculkan tanda untuk website yang ramah terhadap ponsel [Materinya insyaallah saya tuliskan di postingan berikutnya]

Mohammad Ramdhan Pomanto, Walikota Makassar mengisi sesi berikutnya dengan menyampaikan berbagai perkembangan Makassar yang ingin menjadi Smart City dengan pengenalan Smartcard, sebuah kartu yang di klain pertama di Indonesia dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Danny Pomanto juga memperkenalkan salah satu program kerja pemerintah kota Makassar yaitu Getar 1000 UKM. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM kota Makassar dimana menghimpun pelaku UKM yang kemudian dibina dan di fasilitasi. Setelah itu acara berhenti sejenak untuk istirahat dan makan siang. Sesi berikutnya insyaallah akan saya bahas pada postingan mendatang :)

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

13 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. sekarang memang lagi trend ya bisnis online kaya gitu, dan hasilnya juga memang lebih daripada jualan seperti biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti akang ini ya makanya jualan online. hehehe

      Delete
    2. Betul Mangs Aduls, Obat Herbal Operasi Caesar juga lagi jualan online :D

      Kalau saya sih sarannya bagi yang jual obat gini, profilnya harus jelas. Di lengkapi foto lebih bagus lagi :)

      Delete
  2. kang Getar 1000 UKM itu seperti apa kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Getar 1000 UKM itu adalah program mengumpulkan para pelaku UKM kemudian dibimbing agar penghasilannya lebih maksimal :)

      Delete
  3. kang nitip pertanyaan kapan gapuranya ke kalsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini baru ada di luar Jawa, itupun masih Makassar. Semoga aja tahun berikutnya sudah ada juga di Kalimantan :)

      Delete
  4. jenisnya online ya mas ..apa ada juga ofline nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertemuannya Offline kok. Tapi promosinya melalui online :)

      Delete
  5. Era sekarang ini kita punya banyak pilihan praktis ya.. Internet semakin berkembang dan terjangkau banyak kalangan. UKM juga harus mengikuti perkembangan ini.. Terima kasih sharing kegiatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, UKM harus mengikuti perkembangan teknologi agar bisa memaksimalkan promosinya :)

      Delete
  6. Iss.. Jadi pengen bisnis lagi deh :'D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+