Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

Jika sebuah tali direntangkan sepanjang garis khatulistiwa Jupiter, tali yang sama dapat mengelilingi khatulistiwa Bumi sebanyak 11,2 kali
Planet Jupiter
Planet Jupiter | Wikipedia
Sewaktu kecil, ketika menatap langit yang dipenuhi bintang saya sering berkata pada diri sendiri bahwa saya sangat ingin sekali melihat planet. Kecintaan pada astronomi memang berawal saat masih kanak-kanak, saat itu sudah banyak tayangan tv seperti Discovery Chanel dan beberapa serial anak-anak yang menampilkan informasi seputar luar angkasa. Belum lagi buku-buku di perpustakaan sekolah seperti ensiklopedi yang tak kalah menariknya menyajikan detail informasi disertai gambar-gambar luar biasa.

Kecintaan itu terus tumbuh dan membuat saya tak pernah bosan untuk menatap langit, berharap saat menatapnya akan melihat planet bercincin Saturnus atau mungkin komet dan meteor yang kebetulan lewat. Saturnus menjadi salah satu ketertarikan utama saya saat itu karena memiliki cincin, alhasil planet cincin inilah yang kerap menjadi objek tiap kali saya menggambar sesuatu tentang angkasa. Namun kali ini saya tak membahas tentang Saturnus melainkan Jupiter, planet terbesar di tata surya kita.

Jupiter adalah planet kelima dalam urutan tata surya. Pasti masih ingat kan nama-namanya: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pluto telah diturunkan statusnya sehingga tidak dimasukkan lagi dalam kategori planet tapi jauh di dasar hati saya, Pluto masih planet :) Lanjut dengan Jupiter, planet yang mendapatkan gelar sebagai planet terbesar di tata surya ini memiliki luas 6,1419×1010 km2 bandingkan dengan Bumi yang hanya 510.072.000 km2 (ukuran Bumi 121,9 kali lebih kecil). Jika sebuah tali direntangkan sepanjang garis khatulistiwa Jupiter, tali yang sama dapat mengelilingi khatulistiwa Bumi sebanyak 11,2 kali.


Selain ukurannya yang besar, Jupiter juga memiliki banyak satelit alami (Bulan). Jika Bumi hanya memiliki satu, Jupiter memiliki lebih dari 67 bulan. Empat satelit terbesar Yupiter adalah Io, Europa, Ganymede, dan Callisto (keempatnya dijuluki satelit-satelit Galileo)

Apakah Jupiter bisa terlihat tanpa alat bantu?

Ya, tentu saja bisa. Jupiter memiliki magnitudo atau tingkat kecerahan -2,9 (semakin kecil nilainya, semakin terang) dan membuatnya menempati urutan ketiga sebagai objek yang tercerah di langit malam setelah Bulan dan Venus namun di waktu tertentu kecerahan Mars bersaing dengan Jupiter.

Kapan Jupiter terlihat?

Saat ini Jupiter sudah terlihat begitu terang di langit timur saat matahari terbenam dan planet terbesar tersebut akan terus menghiasi langit malam hingga pertengahan bulan Juli nanti. Sekarang adalah saat terbaik untuk melihat Jupiter karena Bulan dalam fase seperempat akhir (last quarter) sehingga baru terbit saat tengah malam. Jupiter akan ditemani 2 bintang paling terang lainnya yaitu Sirius dan Canopus.

Perbandingan Bumi Jupiter dan Jupiter
Perbandingan Bumi dan Jupiter | Wikimedia

Bagaimana cara membedakan planet dan bintang?

Setelah mengetahui bahwa planet Jupiter bisa dilihat saat Matahari terbenam, pertanyaan yang muncul adalah "Jika melihat ke langit, bagaimana saya membedakan planet Jupiter dan bintang?" Ini pertanyaan yang wajar karena saat melihat ke langit semuanya tampak seperti titik bintang. Saya kembali teringat pada kisah masa kecil saya ketika ingin sekali melihat planet, bisa jadi saat itu saya telah melihat planet namun hanya menganggapnya sebagai bintang. Planet Jupiter juga akan terlihat seperti bintang namun Jupiter akan terlihat sangat terang diantara bintang lainnya dan berwarna agak kuning keemasan. Namun untuk memastikan apakah itu benar-benar planet atau bintang dapat dilakukan dengan cara memperhatiannya. Bintang akan terlihat berkedip sedangkan planet tak berkedip. Tak hanya itu, posisi bintang akan terlihat tetap dengan bintang di dekatnya sedangkan planet akan bergerak (entah menjauh atau mendekat) dari posisi bintang di dekatnya namun hal ini perlu pengamatan beberapa hari untuk memastikan pergerakannya.

Demikian sedikit informasi terkait Jupiter, si planet raksasa di tata surya kita. Mumpung lagi akhir pekan, gimana kalau menghabiskan sabtu malamnya bersama keluarga atau teman sambil menatap angkasa? Segelas kopi hangat juga bisa menemani. Kapan terakhir kali anda benar-benar memandangi langit malam? Apakah kesulitan menemukan Jupiternya? Apakah disana langitnya cerah? Silahkan berbagi di komentar :)

33 komentar untuk "Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya"

  1. boleh juga nanti malam menatap angkasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mba, jangan lupa di share ceritanya yah :)

      Hapus
  2. Kadang penasara ya di sana ada mahluk aps engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.biluping.com/2015/03/jupiter-planet-terbesar-di-tata-surya.html

      Hapus
  3. Subhanallah. Besar sekali ya. Perbandingan Bumi dan JUPITER jauh bangedsssssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kang Asep, itu baru perbandingannya sama Jupiter, belum dengan Matahari loh :)

      Hapus
  4. besar sekali ya.. walau dengan bantuan teleskop aku ga bisa bedain mana jupiter dengan yang lain hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai teleskop, akan keliatan kok mba. Kalau menggunakan teleskop, planet akan terlihat lebih besar sedangkan kalau bintang ukurannya kayak gitu aja. Apalagi kalau yang di teleskop itu Saturnus, cincinnya akan langsung keliatan :)

      Hapus
  5. Teringat dulu saat menghafal nama-nama planet
    me ve bu ma yu sa ur ne plu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas, waktu kecil saya juga semangat sekali kalau disuruh naik hafal nama-nama planet :)

      Hapus
  6. jupiter planet paling kusuka waktu kecil, karena dia planet terbesar
    baru kutahu ternyata yang membedakan bintang dan planet itu ternyata hanya kedipannya. nanti kucoba melihatnya malam ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berhasil mas, jangan lupa bagi ceritanya :)

      Hapus
  7. baru tau mas. ternyata jupiter bisa juga terlihat dengan mata telanjang ya. dan yang jelas suatu hal baru bagi saya untuk membedakan planet dan bintang, ternyata sederhana. ok terima kasih gan atas infonya. salam sahabat blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, ini terinspirasi juga dari kejadian masa kecil yang gak tau bedakan antara bintang sama planet jadi sekalian di share biar yang lain juga tahu :)

      Hapus
    2. namanya juga sudah telanjang, so pasti terlihat attuh mbah, hehe..(just kidding mas fadly).

      tetapi bukannya bukan ya planet terbesar, kirain sih, eh..nyatanya jupiter toh., jadi pinter neh Devy main kesini, jadi banyak tahu tentang palnet-planetan

      Hapus
    3. Bulan gak termasuk planet mba soalnya dia mengelilingi planet induknya (dalam hal ini Bumi), sedangkan kalau planet itu mengelilingi bintang induknya (dalam hal ini Matahari)

      Hapus
    4. maaf oot ya gan...link blog anda sudah saya masukin dalam daftar sahabat blogwalking. sudi kira cek kembali kebenaran linknya. terima kasih.

      Hapus
    5. Makasih sudah ditambahkan mbah ^_^

      Hapus
  8. Mas Fadly master Astronomi ya, Sampai teliti sekali membahas tentang Planet Jupiter. Saya pernah dengar katanya para ilmuan pernah menemukan planet baru jauh lebih besar dari Planet jupiter... Planet jupiter aja besarnya udah 11,2 kali lipat dari bumi, apalagi planet yang baru ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan master mas, saya cuma amatiran aja yang coba bagi-bagi ilmu. Ia mas ada banyak planet lain yang lebih besar tapi bukan di tata surya kita. Itupun butuh waktu puluhan tahun bahkan ribuan tahun untuk sampai :D

      Hapus
  9. wah wah... astronomi ya, mas fadly?
    jadi inget film Armagedon *eh

    Subhanallah... iyah, ishmah susah bedain mana planet dan bintang, karena kan ishmah matanya berkedip-kedip, jadi titik-titik di langitnya kaya berkedip semua~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mba, Armagedon juga keren filmnya tapi ada film yang baru itu judulnya Interstellar, itu juga keren mba. Tapi masih banyak sebenarnya film lain tentang astronomi yang bisa jadi pelajaran.

      Kok bisa kedip-kedip mba? kalau gitu pakai teleskop aja mba, biar lebih jelas gambarnya :)

      Hapus
  10. Wah, baru tau kalo bintang itu selalu berkedip. Kalo planet enggak. :))
    Memandangi langit memang indah, sih.
    Itu beneran bumi besarnya segitu doang? Nggak ada apa-apanya sama Jupiter. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mas, memang ukurannya segitu tapi itu belum ada apa-apanya jika dibanding Matahari kita yang ukurannya lebih besar lagi dibanding Jupiter :)

      Hapus
  11. Diplanet jupiter ada makhluk hidupnya juga gax ya mas ? hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak ada mas, itu planet gas soalnya jadi jarang permukaan padatnya. Tapi mungkin ada pabrik LPG :D *kidding*

      Hapus
  12. Perbandingannya dengan Bumi jauh banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang jauh banget mba, sapa tau mba mau kesana kavling tanah. Luas loh :D

      Hapus
  13. hehehhe kalo liat itu jadi inget film yang ada kaitannya sama makhluk luar angksa . hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film makhluk luar angkasa memang banyak mengambil latar planet untuk ceritanya mba makanya memang identik :)

      Hapus
  14. Waduh.. Perbandingannya jauh banget ya, Bang.. Jupiter bener-bener gede. Selama ini ngga pernah ngebayangin. Hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan di bayangin beb, ntar mimpi buruk soalnya bayangannya gede banget :D

      Hapus
  15. Maha Suci Allah alangkah besar kekuasaannya mencipta seluruh alam ini maka Sembahlah dan pujilah Ia dengan sepenuh ketaatan

    BalasHapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan