21 June 2014

Siapkan perlengkapan ini sebelum liburan

Posted by Fadly Indrawijaya , 24 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Liburan
Travel The World | openstack.org
Apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran kalian setelah sebulan melakukan aktifitas yang itu-itu saja? Sebagian besar orang yang saya tanya menjawab liburan, sebagian lainnya menjawab istirahat, berkumpul bersama keluarga/teman bahkan ada yang katanya tidak melakukan apa-apa. Mari kita ambil jawaban terbanyak yaitu liburan, seberapa sering kalian berlibur? Kalau saya pribadi sangat jarang pergi berlibur, saya biasanya banyak menghabiskan masa-masa kosong saya di rumah, kalaupun niat untuk keluar biasanya perpustakaan jadi destinasi utama saya. Tapi semenjak minatku untuk travelling muncul apalagi ditambah ilmu yang saya pelajari di PKM2014 (Baca: Pengalaman itu bernama PKM2014) maka saya mulai berpikir mencari alternatif pengisi waktu kosongku.
Saya mulai memikirkan untuk mengunjungi tempat-tempat yang memang tak pernah kukunjungi termasuk tempat yang sudah kukunjungi namun waktunya sudah terlalu lampau. Ada tujuan tentunya ada biaya yang tak sedikit apalagi jika memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan. Biaya penginapan biasanya menyumbang nilai yang cukup besar meskipun sebenarnya kita bisa memilih untuk menginap di tempat umum seperti Masjid, SPBU yang buka 24 jam (kalau yang ini pengalaman pribadi) dan tempat umum lainnya bahkan terkadang ada warga yang akan berbaik hati menjadikan rumahnya sebagai tempat menginap.Tapi bagaimana jika tujuan liburannya justru di tempat terpencil yang tidak ada fasilitas umum seperti di tengah hutan, pegunungan, pinggir sungai? Oleh karena itu saya mencoba memutar akal dan mencari solusi bagaimana caranya agar saya bisa menikmati liburan yang maksimal namun ongkos yang minimal.

Berikut beberapa hal yang menurutku harus kupersiapkan:

1. Tenda
Menurutku ini adalah perlengkapan utama yang harus disiapkan jika memutuskan untuk berakhir pekan dan menghabiskan malam-malam yang indah. Dengan membawa tenda sendiri setidaknya masalah tempat menginap dapat terpecahkan, tak peduli lokasinya dimanapun. Bahkan tendanya dapat juga dipasang di halaman rumah untuk menciptakan nuansa akhir pekan yang berbeda :)

2. Senter
Perlengkapan yang satu ini termasuk yang utama juga soalnya diluar ruangan kita butuh pencahayaan. Saya menyarankan menggunakan senter yang hemat energi agar bisa bertahan lama tapi bukan berarti kita harus memilih pencahayaan yang redup, pencahayaan yang kuat juga dibutuhkan untuk melihat objek bahkan jalan setapak yang akan dilalui.

3. Kantong tidur dan Termos
Berada diluar tentunya harus siap dengan udara yang dingin. Meskipun ada tenda dan jaket tapi terkadang saking dinginnya sehingga sangat menusuk ke tulang. Api unggun biasanya menjadi favorit dalam kondisi seperti ini namun tak selamanya tempat yang jadi tujuan kita dapat menyalakan api. Contohnya saja jika lokasinya berada diantara semak belukar atau padang ilalang, resiko kebakaran tentunya lebih tinggi. Disinilah kita butuh yang termos. Segelas teh hangat saat kondisi dingin akan terasa begitu nikmat untuk diminum, benar gak? Satu lagi nih, kantong tidur juga dapat digunakan untuk melawan dingin sekaligus menjadi pelindung yang baik dari gigitan serangga :)

4. Makanan dan Minuman
Jangan berpikir bahwa di tengah hutan akan ada mini market apalagi tukang bakso ajaib ala iklan yang cukup bilang "Pengen bakso" dan dalam sekejab abang baksonya datang sambil teriak "Soo bakso..." Bawalah bekal sesuai kebutuhan (tapi lebihkan sedikit) karena dalam kondisi dingin, biasanya nafsu makan juga tinggi.

Berhubung saat ini sedang masa liburan, biasanya ada banyak promo terkait liburan. ACE Hardware yang merupakan Pionir dan Pusat Perlengkapan Rumah dan Gaya Hidup Terlengkap juga ikut mengadakan promo liburan bertajuk "Smart Traveling". Apa keuntungan berbelanjang di ACE Hardware? Tentu ini menjadi pertanyaan yang utama yang diajukan calon pembeli saat berusaha membandingkan dengan retail lain. Menurutku, salah satu keuntungan berbelanja di ACE Hardware adalah Konsep Do-It-Yourself" (kerjakan secara mandiri) yang mereka terapkan. Konsep ini memposisikan ACE Hardware tak hanya sebagai penyediakan produk bagi konsumen tapi juga sekaligus penyediakan pengetahuan yang diperlukan dalam memasang, mengoperasikan, serta memelihara produk tersebut dengan tepat - sehingga didapat nilai manfaat maksimal dari produk yang dibeli tadi. Hal itu tentunya dilakukan dengan harapan agar pelanggan tak hanya menjadi konsumen tapi juga menguasai produknya secara rinci sekalgus mampu merawatnya dengan baik. Beberapa barang yang saya sebutkan diatas seperti tenda, senter, kantong tidur, dan beberapa peralatan penunjang perjalanan selama liburan dijual dengan harga yang terjangkau apalagi sekarang sedang ada promo. Silahkan kunjungi katalog promo liburan ACE Hardware disini: Katalog Smart Traveling. Dan untuk tahu lokasi-lokasi ACE Hardware di daerah kalian dapat di cek disini: Lokasi ACE Hardware

Liburan adalah saat yang sangat menyenangkan untuk melewatkannya bersama orang terdekat seperti keluarga, sahabat, atau bahkan rekan kerja tapi perlu diingat untuk siapkan fisik dan mental sebelum melakukan perjalanam/liburan karena terkadang aktivitas yang banyak saat liburan justru menguras banyak energi tapi sebanding kok dengan kepuasan dan kebahagiaan yang didapat. Rencanakan dan pelajari lokasi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk pergi atau tidak jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan justru membosankan karena salah informasi. Saat ini sudah ada begitu banyak forum online dan komunitas yang suka melakukan perjalanan, kalian bisa mencoba menghubungi mereka. Jika beruntung kalian bisa ikut berangkat bersama dan menikmati hari libur dengan orang-orang baru dan pengalaman yang baru :)

Demikian beberapa perlengkapan sekaligus tips yang harus dipersiapkan sebelum berlibur menurut versiku, jika ada saran tambahan, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar. Terima kasih telah membaca "Siapkan perlengkapan ini sebelum liburan". Jadi akhir pekan ini pergi kemana?

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

24 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Libur telah tiba, libur telah tiba.. hatiku gembira!! :D

    uwwah dari dulu penegen banget traveling yg menantang adrenalin.. tidur di tenda dan segala macam.. tapi kayanya belum boleh deh :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok belum bisa mbak? kendalanya dimana, mungkin bisa saling share disini :)

      Delete
  2. kalo mau travelling naik gunung atau menjelajah hutan...tips ini memang paling cocok dech,,,,tetapi saya juga baru tahu..kalo ACE Hardware menjual peralatan untuk travelling....
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bisa di tempat lain juga kok mas kalau memang tidak ada tempat untuk nginap :)

      Salam dari Makassar juga mas Hariyanto :)

      Delete
  3. Yang penting bawa juga uang yang cukup sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau itu harus dong untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. atau kali aja di tengah hutan, mas baksonya benar2 datang "so baksooo..." :)

      Delete
  4. Bang, mau tanya dooonk.. Kalo nenda di pantai itu perlu izin ngga sih? Kalo iya, izin ke mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bergantung pantainya sih mbak, tapi kalau itu kawasan wisata biasanya ijinnya ma pengelolahnya. Tapi kalau pantai yang tidak termasuk kategori wisata, ijinnya sama warga sekitar situ.

      Delete
  5. Tergantung rencana model travelingnya ya gan mau backpacker apa koper atau juga model traveler apa hiking hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak.. tergantung jenis liburannya. Tapi dimana aja boleh bawa tenda kok kalau memang daerah yang dituju bukan tempat ramai :)

      Delete
  6. Tau kawasan wisata atau ngga dari mananya ya, Bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau kawasan wisata ada yang kelolah mbak. Contohnya nih Brobudur, itu kan kawasan wisata dan dikelolah pemerintah jadi jelas tempat minta izinnya. Atau gini, umumnya kawasan wisata yang dikelolah oleh dinas pariwisata itu ada retribusi masuknya mbak (itu pemikiran saya loh mbak).

      Delete
  7. sepertinya ini liburan ala backpacker yo mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga kok mbak tapi kalau memang liburannya pengen nginap tapi ongkos hemat, yah kayak gitu mbak :)

      Delete
  8. Oh gitu.. Berarti kudu peka ya, bagusnya nanya ke penduduk sekitar aja. Hihihi.. :P
    Makasih banyak penjelasannya ya, Bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak, namanya kita kan lagi bertamu di tempat orang jadi harus ijin-ijin dulu ^_^

      Delete
  9. aku suka banget jalan2 ke ace hardware hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya beli apa mbak? atau ada katalog produk yang jadi favoritnya?

      Delete
  10. Woohooo, liburan nyiapin bekel makanan juga, Mas? Apa nggak wisata kuliner aja sekalian di lokasi wisatanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nyiapin makanan kalau liburannya di tempat terpencil seperti yang saya contohkan di atas semisal di hutan :)

      Delete
  11. seppp,,,bermanfaat banget nih,,buat yg akan berlibur,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau tulisan ini bisa bermanfaat mbak :)

      Delete
  12. referensi yang bagus buat backpacker. kebetulan lagi cari termos kecil yang muat di ransel, jadi backpacker dadakan deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh mbak Elsa, apalagi kalau tempat yang dituju adalah daerah yang dingin :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+