22 December 2012

Bicara itu Mudah

Posted by Fadly Indrawijaya , 29 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Bicara itu mudah
Bicara | BiluPing.com
Kata orang, ngomong itu mudah tapi prakteknya susah, apa kalian setuju dengan perkataan itu? Kalau aku secara pribadi menganggukkan hal tersebut karena memang menurutku bahwa seseorag itu lebih mudah berbicara dibandingkan prakteknya.

Sebelum melanjutkan topik tulisan ini, mari sejenak kita putar waktu dan mencari tahu hal apa sebenarnya yang membuatku menulis postingan ini (tapi tidak usah putar jam di rumah masing-masing yah). Beberapa hari yang lalu, aku terlibat sebuah percakapan dengan seorang temanku (Ingat loh, PERCAKAPAN, bukan GOSIP). Temanya tentang blog, kebetulan saat itu temanku tersebut juga memiliki blog jadi percakapannya nyambung.

“Blog itu ibarat sebuah surat kabar…” ucapku memulai kata-kataku ketika ia bertanya tentang bagaimana caranya agar banyak orang yang berkunjung di blognya. “… surat kabar itu harus tetap waktu terbitnya, demikian juga dengan blog. Bayangkan saja, apa yang terjadi kalau sebuah surat kabar tidak menentu waktu terbitnya, otomatis pembaca akan bingung kapan saat yang tepat untuk membelinya. Demikian juga dengan blog, kalau hari ini posting terus bulan depan baru posting lagi atau bisa dikatakan bahwa postingannya tidak jelas interval waktunya maka pembacanya pasti akan bingung kapan seharusnya berkunjung pada blog tersebut”.

Baca: Makna Blogger

“Jadi gimana kalau tidak bisa terus-terusan menulis?”. Ia bertanya kembali. “Nah itu dia maksudku tadi, ini bukan masalah jumlah postingan tapi waktu postingnya yang harus jelas. Kalau memang bisanya cuma satu postingan dalam seminggu, yah udah itu aja tapi tentukan waktu khususnya… misalnya postingannya diatur tiap hari senin atau hari jumat saja, kan di blogspot ada pengaturan auto postingnya (kebetulan dia pakai blogger.com juga). Kalau postingannya teratur, kan pembaca jadi enak berkunjungnya”

Gimana tadi percakapannya, seru kan? Cara penjelasanku pada temanku tersebut sangat meyakinkan bukan? Tapi coba kalian meluangkan sejenak waktu kalian untuk memeriksa interval waktu postinganku, apakah waktunya teratur seperti yang kukatakan pada temanku tersebut? Tidak kan? Ini yang kumaksud “Berbicara itu mudah tapi prakteknya yang sulit”. 

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah “Apakah hal yang kulakukan tersebut benar atau salah?” (semoga pembaca juga menjawabnya berdasarkan pendapat masing-masing). Sambil menunggu jawaban pembaca, aku akan mencoba menjawab sendiri (sambil intropeksi diri)

Blog itu ibarat sebuah surat kabar…
Bicara | Ilustrasi | maulidamulyarahmawati-wordpress.com

Intropeksi Diri

Setiap sesuatu memiliki sisi positif dan negative jadi aku akan mencoba menjawab dari dua sisi tersebut.

Salah.
Aku mengatakan diriku salah karena aku mengajak orang lain padahal aku sendiri tidak melakukannya, Hal ini jelas-jelas salah jika dilakukan oleh orang-orang marketing, mengajak orang menggunakan produk tertentu padahal dia sendiri tidak menggunakan produk tersebut.

Benar
Aku mengatakan diriku melakukan hal yang benar karena apa yang kusarankan untuk kebaikan orang tersebut (dalam hal ini, memberikan motivasi pada temanku). Hal seperti ini baik dilakukan oleh guru yang memotivasi muridnya atau seorang dokter yang menyarankan sebuah obat untuk pasiennya.

Blog itu ibarat sebuah surat kabar…

Terlepas dari kedua alasan tersebut, aku hanya mencoba memberikan sebuah saran yang bermanfaat untuk temanku. Meskipun mungkin caranya salah…. Semuanya kembali pada niat awal “untuk apa melakukan itu?”. Ini dulu postingan sederhanaku… terima kasih sudah membaca, jangan lupa dijawab yah pertanyaan tadi :)


foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

29 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. jawabannya sudah benar, memang seharusnya begitu ya terjadwal jika memang satu posting tiap minggunya... tapi saya sendiri susah kalau harus terjadwal, misal ada hal bagus saat itu jika menunggu tiga hari lagi kan basi hehehe...

    ReplyDelete
  2. saya sangat sangat sepakat dengan postinganya kak. :D

    ReplyDelete
  3. sepakat sekali... dan juga sependapat dengan komentar agus... terkadang walopun niatnya ingin dijadwalkan tetap saja egois.

    ReplyDelete
  4. Selama apa yg kita sampaikan itu baik buat org lain, meskipun mgkn kita sendiri belum bisa melakukannya menurutku gak salah.. yeah, its easy to say. Tapi plg gak dgn mengingatkan org lain juga akan memacu kita untuk melakukan hal yg sama :)

    ReplyDelete
  5. @agus bg
    Itu dia juga masalahnya mas... ada postingan yang sifatnya tahan lama, dalam artian bisa diposting kapan saja, ada juga yang harus segera diposting... :)

    @ernawati mansyur
    Sepakat yang mana nih de? yang benar atau salah? :D

    @さくら21Saa
    Ia juga sih mbak... intinya seperti dengan balasan komentarku untuk bang agus, bedakan antara postingan tahan lama dan postingan yang harus segera diposting :)

    @zasachi
    Akhirnya ada juga yang jawab pertanyaan itu :)
    Setuju dengan pendapatnya mbak :)

    ReplyDelete
  6. makasih sdh mengingatkan sob!

    jd baikx jgn lain dilidah lain pula di hati, begitu pula sebalikx jgn dilisan lain tp perbuatan jg lain, hrs sinkron ya.., *smile

    ReplyDelete
  7. Mampir disini, :)

    setuju dengan judul post ini, bicara mudah, tapi prakteknya itu tidak selalu mudah...

    Oh iya kalau menurut ku tidak salah, karena pada dasarnya, tentu Fadly juga ingin menjadi seperti yg dikatakannya, maksudku Fadly juga ingin bisa membuat/mengatur postingannya supaya terbitnya terjadwal, tapi mungkin ada alasan "tertentu" yg membuat Fadly tidak bisa konsekuen dgn ucapannya,

    ReplyDelete
  8. untuk quote: "Bicara itu mudah", saya juga sepakat.. yang bisa ngomong, belum tentu bisa praktekkan.. ibarat kasi kritik, tapi ga ngasih solusi, gitu..

    tapi kalo soal ngeblog, menurut saya, itu persoalan selera dan standar masing2.. I blog for fun, and I don't wanna ruin my fun by making any deadlines in posting things to my blog :)

    ReplyDelete
  9. bicara memamg gampang, prakteknya itu susahhhh

    ReplyDelete
  10. kalau sekiranya positif dan baik silahkan diambil tapi kalau kurang sreg tidak perlu ribut gitu aja ya. dan sebaiknya juga tidak percaya pada satu tulisan kalau memang itu tidak sejalan dengan keiinginan kita pada saat membaca

    ReplyDelete
  11. Membuat sebuah blog memang mudah, tapi merawat sebuah blog dengan terus menulis secara konsisten itu memang yang ndak mudah. Kalo saya pribadi ndak menentukan kapan saat mengupload tulisan di blog, dengan berbagai tugas dan pekerjaan saya biasanya hanya mampu menulis satu tulisan saja setiap bulan saja, toh gpp itu kan namanya tetap konsisten juga hehehe

    Mengenai pertanyaan benar apa salah tentang jawaban kamu ke temenmu sih sbnrnya ndak ada yang salah, toh kamu kan cuman memberikan saran aja, lagipula kan bukan suatu keharusan yang harus diikuti, kalo diikuti syukur, kalo ndak diikuti ya ndak apa-apa :)

    ReplyDelete
  12. pokoknya semangat terus ya fadly :)

    ReplyDelete
  13. saya juga gak teratur bikin posting diblog, hehe
    klo ada yang mau ditulis langsung posting, klo gak ada yah jalan-jalan aja ke blog sahabat :D

    ReplyDelete
  14. kalo boleh dibilang "talk less do more" :D

    ReplyDelete
  15. iya, mangkanya emang banyak orang yang hanya banyak bicara tapi kurang di terapkan.

    Internet Marketing

    ReplyDelete
  16. Benar... bicara itu mudah, namun aplikasinya sulit untuk diterapkan karena kita tidak terbiasa dengan hal itu....
    Setidaknya dengan memberikan pesan yang positif pada orang lain, dapat menumbuhkan motivasi ekstrinsik pd diri kita :)

    ReplyDelete
  17. Terima kasih nih sudah share informasinya.
    Semoga semakin sukses.

    ReplyDelete
  18. I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.. Can you also check

    ReplyDelete
  19. Terima kasih sudah berbagi informasi,
    isi beritanya bermanfaat dan menarik. Sukses selalu

    ReplyDelete
  20. makasih ya mind udah boleh komen..
    moga admin makin ganteng :D

    ReplyDelete
  21. Terima kasih banyak untuk informasinya
    senang bisa berkunjung.

    ReplyDelete
  22. Informasinya sangat bermanfaat dan menarik terimakasih :)

    ReplyDelete
  23. salam kenal, moga terus ngeblog

    ReplyDelete
  24. saya sich suka bingung mo bikin postingan apa lagi di blog

    ReplyDelete
  25. makasih artikelny. salam berkunjng

    ReplyDelete
  26. TAKUT MENANG TAPI TIDAK DI BAYAR ???
    Mau menang banyak dan langsung cair dalam hitungan detik ?
    Hanya di Metroqq yang bisa memuaskan hati member" tanpa anda ragukan ^^

    100 % AKAN KAMI BAYAR ATAUPUN KEMBALIKAN DANA YANG ANDA MENANGKAN, BERAPAPUN NILAI NOMINAL TERSEBUT
    BAHKAN RATUSAN JUTA !!!

    Kalian masih tunggu ap lagi guys ??
    ayo daftarkan diri kalian di http://bit.ly/2ofc0ma , kalau bukan sekarang, kapan lagi ??

    METRO QQ Menyediakan BONUS-BONUS Untuk ANDA Diantaranya :
    -BONUS REFERRAL 20% (SEUMUR HIDUP/SETIAP SENIN )
    -BONUS TUROVER 0.3 - 0.5 % ( SETIAP HARI )
    -NO ROBOT,NO ADMIT
    -Mentransaksi Deposit dan Withdraw Dengan Cepat
    -Dilayani CS Yang Ramah Dan Profesional, Siap Melayani Para Member Setia Selama 24jam Full
    -DiLayanin Dengan 6 banks :BCA,BNI,BRI,DANAMON,MANDIRI dan CIMB NIAGA

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+