Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo menjadi pengusaha

Pengangguran adalah salah satu masalah negara yang belum bisa terselesaikan hingga saat ini. Berbagai usaha dilakukan oleh pemerintah untuk membuka lapangan kerja dengan harapan mampu menyerap tenaga kerja namun hal tersebut belum mampu mengurangi ledakan pengangguran yang bermunculan tiap tahunnya.


Berbagai badan usaha baik itu milik pemerintah (BUMN) maupun milik swasta (BUMS) menjadi sasaran utama bagi mereka yang telah berhasil melewati tingkatan pendidikan tertentu namun persaingan tidaklah semudah membalik telapak tangan karena para calon pelamar kerja akan bersaing dengan puluhan, ratusan bahkan ribuan pesaing lainnya

Bagi mereka yang tak mampu melewati persaingan tersebut, masih ada alternatif lainnya yaitu menjadi seorang entrepreneurship atau lebih dikenal dengan nama pengusaha. Meskipun kata pengusaha itu identik dengan orang-orang berdasi yang sukses namun dalam artian sebenarnya, pengusaha itu mencakup pedagang, petani, peternak, pengrajin. Pengertian Pengusaha menurutku adalah mereka yang berusaha memperoleh keuntungan dengan modal dan metode sendiri dimana keuntungan dan kerugian menjadi tanggung jawab mereka.

Salah satu jenis usaha yang sedang naik daun saat ini adalah Bisnis Online. Bisnis online pada umumnya hampir sama dengan Bisnis nyata, bisnis yang dilakukan di pasar atau di toko-toko, perbedaan mendasar antara keduanya adalah media, dalam bisnis nyata, pembeli dan penjual akan bertemu secara langsung lalu bertransaksi sedangkan dalam bisnis online, pembeli akan berkunjung pada website penjual.

Bisnis online sendiri memiliki berbagai bentuk, berikut di antaranya:
Penyewaan Banner
Penyewaan banner adalah suatu tempat pada website yang disediakan oleh si pemilik website. Tempat tersebut nantinya akan disewa oleh mereka yang berminat untuk memasang iklan.

Jual beli link
Teknik ini hampir sama dengan penyewaan banner, perbedaannya adalah dalam pemasangan banner, seseorang akan memasang iklan sedangkan dalam jual beli link, hanya link pembeli yang dipasang. Apakah hal tersebut berpengaruh terhadap pembaca? Tentu saja. Pembaca terkadang tidak menyukai iklan yang muncul pada sebuah blog, hal ini berbeda jika yang terpasang adalah sebuah link, pembaca terkadang mengira hal tersebut merupakan saran halaman dari pengelolah blog.

Paid Review
Paid review adalah jenis bisnis online dimana pemilik blog akan dibayar untuk setiap review yang ditulis dengan menarik. Paid review bisa dianalogikan seperti iklan TV yang menampilkan model berkulit putih mempromosikan suatu produk pemutih, dalam hal ini model tersebut adalah pemilik blog yang mempromosikan sebuah produk pada para pembaca.
Toko online
Bisnis online yang satu ini menggunakan website sebagai toko virtual. Pembaca akan melihat barang-barang yang ditampilkan pada website tersebut, setelah pembaca merasa cocok dengan harga barang maka akan terjadi transaksi. Contoh dari bisnis online jenis ini adalah Amazon.com dan TokoBagus.com

Untuk bisa terjung dalam bisnis online, hal tersebut tidaklah sulit karena internet telah menyediakan ilmu yang begitu banyak untuk dicari oleh mereka yang haus akan informasi. Salah satu cara mudah untuk menjadi seorang online entrepreneurship adalah mengikuti sekolah blog. Sekolah blog merupakan jenis pelatihan yang mengkhususkan pada teknik pembuatan blog hingga blog tersebut bisa menghasilkan uang. Salah satu sekolah blog yang berada di Makassar adalah AstaMedia Blogging School yang beralamat di Jl. Tamalanrea Raya Blok A22 Kompleks Bumi Tamalanrea Permai.

Demikian dulu postingan sederhanaku tentang Ayo menjadi Pengusaha, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca khusunya mereka yang saat ini sedang bingung dalam mencari kerja

Sumber Gambar: Google Penelusuran Gambar | hendsoe.blogspot.com




.: Artikel Terkait :.

9 komentar untuk "Ayo menjadi pengusaha"

  1. hiks"...
    belum ngerti :-(
    pengen blajarr

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah disini dapat info tentang Bisnis Online dan berbagai macam serta pengertiannya juga...terima kasih infonya Kak

    BalasHapus
  3. pengen jg punya bisnis online, tapi mesti puny koneksi internt bagus tuuh
    ={

    BalasHapus
  4. setuju..dengna menjadi pengusaha, pengangguran berkurang..semoga kelak bisa mewujudkan mimpi ini

    BalasHapus
  5. saya sudah merasakan nih yang namanya bisnis online. saya menjual buku secara online :)

    BalasHapus
  6. kalau aku bilang enakan main ptc. Paid to Click .
    paling enak lagi mainnya di ptc25 dot com .
    PO nya kecil , ehehee... saya aja 3 hari udah PO :D

    BalasHapus
  7. kirain artikel tentang menyuruh pembaca untuk jadi pengusaha. hehehe. salam kenal deh.

    BalasHapus
  8. pingin juga jadi seorang pengusaha sukses.

    BalasHapus

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan