25 March 2011

Uya emang kuya dinyatakan haram

Posted by Fadly Indrawijaya , 37 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
f4dLy:uya kuya

Pernah nonton tayangan hipnotis yang di perangkan oleh Surya Utama atau yang lebih dikenal dengan "Uya Emang Kuya"? jika sering menontonnya maka anda harus berhati-hati.

"Mengapa kita harus berhati-hati?" teriak salah seorang pembaca blogku ini.
"Sabar... aku akan menjelaskannya kok." jawabku dengan tenang.

Begini ceritanya, Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se-Jawa-Madura menyatan bahwa tayangan Uya Emang Kuya itu haram. Hasil ini merupakan keputusan forum Bahtsul Masa'il yang digelar Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se-Jawa-Madura yang ke-22 pada hari kamis (24 Maret 2011) di Kabupaten Trenggalek.

"Memangnya ada apa dengan tayangan tersebut sampai dinytakan haram?" tanya seorang pembaca lagi yang semakin penasaran.
"Udah tidak sabar yah ma tau alasannya? pasang mata baik-baik dan lihat penjelasannya yah" ucapku sambil tersenyum. Pembaca lainnya hanya tersenyum atas peryataanku.

Forum ini menilai bahwa tayangan Uya Emang Kuya mengupas aib atau keburukan orang lain meskipun dengan tujuan menghibur tetap dinyatakan melanggar ketentuan Islam. Mengutip dari entertainment.kompas.com, Darus Azka yang merupakan salah satu pengurus dari FMPP menegasan bahwa "“Islam tegas melarang aib disebarluaskan. Bahkan, ada perintah kepada umat Muslim agar menutup aibnya, melindungi aib saudara, dan sesama Muslim lainnya"

Sedangkan nada lain dilantunkan oleh Muhammadiyah, dikutip dari id.omg.yahoo.com  Muhammadiyah malah menentang pernyataan tersebut, Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menilai pengharaman itu terlalu berlebih-lebihan karena acara yang dibakan oleh Uya Kuya hanya bersifat menghibur dan telah memenuhi prinsip Antarrodhim atau kesepakatan menerut prinsip hubungan Muamalat (Hubungan antar sasama).

"Ooooo...jadi sperti itu" ucap seorang pembaca sambil mengangguk-angguk menandakan bahwa ia mulai mengerti.
"Terus bagaimana pendapat Uya kuya terkait hal ini?” tanya pembaca lain ingin tahu.
"Kalau masalah pendapat Uya, kita tanyakan sendiri pada orangnya" jawabku sambil memberikan kesempatan kepada Uya kuya.

"Saat menghipnotis pengunjung, saya selau mengatakan, 'Silakan katakan apa yang layak dikatakan dan jangan dikatakan jika memang tidak layak untuk dikatakan'. Dari situ sudah jelas. Lagipula acara itu untuk mengeluarkan uneg-uneg peserta.” Ucap Uya.

Demikian tadi pendapat Uya kuya terkait hal ini. Sebagai tambahan, setelah acara tersebut, peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat kembali tayangan tersebut dan menandatangani surat peryataan apakah ia setuju untuk ditayangkan atau tidak. Sekarang kembali ke diri kita masing-masing bagaimana kita menanggapai hal ini.

.: Artikel Terkait :.
1. Cinta Fitri berpindah
2. Berita penutupan Facebook

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

37 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. Wah, bingung nih jawabannya. Tapi kayaknya sih memang terlalu berlebihan kalau di haramkan. Klo menurut Bang Pendi, yang diharamkan justru Uya nya. klo ketemu dia mending kabur dah! daripada rahasia ke bongkar, hehe

    ReplyDelete
  2. haram ya? aku paling jarang nonton tv, tp pernah liat acara si Uya tadi...menurutku sih itu dibuat2, soale yang dihipnotis nggak tulus meremnya...masih kedip2 gitu mata dia yang dihipnotis :D

    ReplyDelete
  3. @ Bang Pendi gak usah kabur. Kayaknya dikasih honor, lagian banyak masalah bisa terpecahkan. Karena kasus ketidakjujuran.

    @ Ajeng, biasalah yang namanya entertainmen. Kita gak tau Termehek-mehek berapa persen yang asli. Atau hipnotis gini. Tapi kita bisa tau banyak hubungan yang tidak dilandasi ketidakjujuran...

    @ Fadly. Infotainmen seharusnya juga diharamkan. Tau acara bengkel hati Ustad Danu? Ketidakjujuran, emosi, adalah penyakit hati. Yang bisa menghindari itu masalah dan penyakit bisa terselesaikan.

    Aku melihat, karena dunia udah penuh kepalsuan, shock theraphy model hipnotis dengan persetujuan yang dihipnotis malah bisa selesaikan masalah.

    Misalnya aku tulis masalah aku gak bisa ketemu anakku, ada yang saranin gitu. Awalnya aku marah, belakangan aku mendoakan mereka agar lebih baik.

    Menurutku bukan membuka aib, mencari keadilan...

    ReplyDelete
  4. wah untung deh nggak pernah liat..udah tau kalo acaranya kebanyakan cuman tipuan.. rekayasa..

    keliatan banget kalo udah ada skenarionya gitu.

    ReplyDelete
  5. wow, baru tahu nih, heheh..

    tapi betul juga janganlah kita buak aib orang, hehe

    thanks :)

    ReplyDelete
  6. wah kalau saya menidng ngurusin tetangga yg sakit dari pada mikirin fatwa haram yg belum jelas ini . hhohoo

    ReplyDelete
  7. waduh... gak ikut ikuta deh soal halal haram. pusing...
    lembaga agama kok begitu mudahnya memvonis tapi ga mau instropeksi. hal hal sepele diurusin, tapi pejabat pejabat yang bertitel haji korupsi gak pernah mau menyentuh...

    ReplyDelete
  8. kalo pendapatku sih.... mungkin agak berlebihan kalo mpe diharapkan... toh dalam hal ini gak ada yang dirugikan karena udah ada kesepakatan sebelumnya....
    aku termasuk seneng juga sih nonton uya kuya... he

    ReplyDelete
  9. Wah untung aja lum lihat hehehe

    ReplyDelete
  10. menurut ku acaranya ga bisa disalahin gitu juga soalnya kayak yang dibilang sama si uya kuya itu... udah ada ijin dari pihak terkait

    ReplyDelete
  11. acaranya lucu. masak ada orang yang di hipnotis marah dan ketawa. yah ngak apa lah. walau gw masi berpikir ini bohongan. tapi lucu kok.

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum....

    hehhehe sebenarnya fatwa haram atau halal untuk versi INDONESIA itu cukup aneh bin ajaib,,, sudah lama kita sellu mendengar yg spti ini...

    sbnarnya klo mau ngomong haram halal...

    setahuku yg namanya magic dgn bantuan sihir dll juga haram... klo tujuannya menghibur dan itu ada unsur sengaja atau memng untuk bohongn ya gpp....

    tapi kLo hipnotisnya sungguhn jga kurang baik sih,... skrang mau ngomong haram susah... cz darah ular aja berani di minum oleh orang islam...

    sgala sswtu.a harus dipikir bijak Allah MAHA TAHU....

    dan tak perlu haram atau halal... tapi pikir saja jika kita orang yg berpikir....

    heheh.. maaf komenntarnya sdkit ribet dan panas...

    ReplyDelete
  13. denger2 acara itu fake loooh... udah diskenariokan...

    ReplyDelete
  14. hay,

    naskah-naskah kumpulan cerita anak sudah saya kirimkan ke penerbit Leutika via email dan menanti jawaban dari mereka sebulan kemudian dari kemarin. Doakan yah agar mereka mau menerbitkannya hingga benar-benar bisa sampai ke toko buku

    terima kasih sebelumnya

    Tuhan berkati

    ReplyDelete
  15. sip wis biar orang tipi lebih buat yang lebih bermanfaat lagi ya.. heehhe

    ReplyDelete
  16. eh folow folowan yuk, aku dah follow blog kamu, makasiiih

    ReplyDelete
  17. Kalau mengambil patokan dari acaranya menyarankan untuk 'mengatakan apa yang ingin dikatakan dan jangan dikatakan kalau tidak perlu dikatan' serta tanda tangan persetujuan penayangan di atas materai, itu sih salah peserta kalau didalamnya ada mengumbar aib, baik aib diri sendiri maupun orang lain.
    Nah....kalau perkara ada yang mengharamkan ya terserah aja. Tinggal hati nurani kita aja yang yang jawab, heheeeee......

    ReplyDelete
  18. kalau gue setuju,soalnya banyak aib orang yang tersebar..klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    ReplyDelete
  19. gatau juga deh. Kan udah ada perjanjian sebelumnya bukan sama si peserta, itu boleh ditayangin atau nggak. Selama si peserta nggak keberatan rasanya nggak bisa dibilang mengumbar aib juga.

    Tau deh...

    ReplyDelete
  20. waaaah baru tau kalo diharamkan, soalnya udah lama gak penah nonton TV,

    ReplyDelete
  21. masa sih diharamkan??
    baru tau ne gw...

    ReplyDelete
  22. tergantung kita menanggapinya aja. :)

    ReplyDelete
  23. Hmm bingung nih mau kasih komentar apa tentang uya kuya. Huaaalah >.<

    ReplyDelete
  24. lha terus haram nggak seperti berita-berita infotainment lain???

    ReplyDelete
  25. memang sih, ada segi baiknya,karena juga , contoh: "suami yg selingkuh, shg bs diketahui istri dan menjadikan perbaikan rumah tangga" namun segi madlorot (segi buruk)nya menyebar aib saudara,kn. saya stuju jk diharamkan.

    ReplyDelete
  26. ooohh..iya tah?? aku malah baru tauu...

    gak begitu suka sih acaranya, hehhee

    ReplyDelete
  27. maaf yah baru sempat untuk berkunjung

    > Bang Pendi
    Tidak usah kabur mas... cukup hadapi dengan senyuman...

    > AJeng
    Mungkin lagi ikut earth hour jadi matanya kedap-kedip gitu kayak lampu...

    > Ami
    Begitulah kehidupan saat ini, kita hanya bisa berharap semuanya dapat berubah menjadi lebih baik

    > Gaphe
    Iya...dari pada liatin acara kayak gitu lebih bagus liatin acara wisata kuliner bareng gaphe kan?

    > Daris
    Sesama masnusia harusnya saling menutup aib...bukan malah dibuka

    > Sichandra
    Betul itu, banyak orang yang masih oerlu bantuan kita di banding disibukkan dengan acara seperti ini...

    > Rawins
    Itulah pentingnya generasi muda di didik menjadi lebih baik agar mereka bisa mengganti keburukan dengan kebaikan....

    > Aina
    Iya sih sobat...kalau mau jadiin sebagai acara lucu-lucuan sih boleh tapi harus di perhatiin dulu manfaatnya...

    > Anisayu
    Syukurlah kalau seperti itu...mksih kunjungannya yah...

    > RIzkimufty
    Iya...seharusnya pihak terkait mensensor acaranya sebelum di tayangkan

    > Bayu Hidayat
    Jadiin aja sebagai acara humor...

    > Khomisah
    Wassalam... perlu pembenahan untuk semuanya...

    > Noeel
    Iya sih....aku juga dengarnya kayak gitu. semoga aja naskahnya cepat beredar di toko buku dekat sini. ada diskon kan? :)

    > Blogger Cerita Dewasa
    Beneran...itu baru betul...ntarsetelah komentar baru aku follow balik yah...

    > Tuan Muda Kalsel
    kembali ke hati nurani yah?

    > I-one
    Iya...tenang aja kunjungannya akan segera dilakukan

    > [L]ain
    Kembali lagi dari orangnya, kenapa dia mau sebarin aibnya...

    > Yhantee
    Aku juga taunya di berita...dan blog itu salah satu media informasi

    > Afoed'z
    Liatin aja berita sobat...setidaknya semua yang aku tulis di blog ini ada sumbernya...

    > Fahrie
    Kuya tuh uya...

    > Ma_dhan
    Iya, tergantung dari kita sobat

    > Iam
    Kalau bingung, ucapin aja salam untuk para blogger lainnya :)

    > Yanuar
    Sepertinya juga seperti itu...biar gimana pun semuanya sama2 nyebutin aib orang...

    > Site Akhwat dan Ikhwan
    Mksih untuk kunjungannya yah...

    > Rabest
    Disini kita berbagi pengalaman agar sama2 tau...

    ReplyDelete
  28. yang saya herankan mengapa orangnya mau dishoting dan membeberkan kejelekannya dunia memang udah kiamat sughro

    ReplyDelete
  29. bingung juga nih gan karna ane suka banget tuh sama si kuya memanga kuya tuh,,
    makasih buat infonya

    ReplyDelete
  30. Bagi gw mah tergantung orangnya ajah. Wong mereka yang dihipnotis tuh bersedia untuk dipublish tayangannya, so sah2 ajah. Kecuali orangnya kaga mau tapi Uyanya maksa

    Tapi gw mah sejak punya anak jarang nonton yang begituan. Seharian tipi dijajah sama Zahia. Barney, Dora, hadoooohhhh!! Jatah emaknya mah pas OPRAH, KICK ANDY & THE NANNY :-)

    ReplyDelete
  31. asswrwb.... hmmmm, kl hrs kaku spt itu mk akan bnyk hal yg diharamkan, mis: pajang foto di rmh jg ga blh, boneka jg ga blh, dll.. kl sy sendiri melihat acr tsb cm utk entertain sj, tdk lebih. Alangkah baiknya kt dlm mempelajari agama hrs cerdas, kalau kaku spt itu semua bisa jadi bid'ah dung... hehe. Okay... tp ini sebatas opini dan pengetahuan sy lho..kl ada yg berbeda silakan...

    ReplyDelete
  32. oo, haram ya?? untung aja Bunda jarang banget nontonnya....

    ReplyDelete
  33. wah iya yah.. baru kepikiran skrg... hipnotis itu klo tujuannya bukan utk kebaikan kan emang dilarang Allah...

    Wah klo yang menonton hukumnya apa ya?

    ReplyDelete
  34. hm, diharamkan mungkin berlebihan ya..
    tapi itu memang kurang baik sih.. bingung juga saya :D

    ReplyDelete
  35. Heemmm bingung nih,dunia memang penuh hal" yg haram ,bathil ,bid'ah dll.Klo mau bersih dr semua tu mestinya kita gk berada ditengah" masyarakat palgi zaman spt sekarang ini ,,..menyendiri di puncak gunung ato dlm goa yg tak terambah manusia ntar bisa bersih dr segala dosa,...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+