01 March 2011

Rasa percaya

Posted by Fadly Indrawijaya , 22 Komentar

‫بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
saling percaya

Percaya merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ini karena dengan modal kata tersebut, kita bisa menjalin hubungan dengan orang lain atau memberikan sebuah tanggung jawab yang besar untuknya.

Namun ada kalanya seseorang melakukan suatu kesalahan sehingga diri kita menarik semua kepercayaan itu darinya dan akhirnya kita tak ingin lagi mempercayainya karena kita menganggap bahwa ia akan selamanya seperti itu.

Sebuah contoh sederhana, seorang yang sebelumnya kita percayakan untuk mengelolah toko tiba-tiba saja menipu kita, entah itu korupsi kecil-kecilan atau hanya melaporkan sebagian keuntungan dan akhirnya karena itu rasa percaya kita hilang kepadanya dan terus menganggap bahwa selamanya ia tidak bisa lagi untuk di percaya.

Saat  kita berpikir bahwa seseorang yang telah melakukan kesalahan tak akan pernah bisa berubah maka sadarilah bahwa pemikiran itu salah. Tidak ada manusia yang tak pernah melakukan kesalahan oleh karena itu sebagai manusia kita harus memaafkannya.

Semua orang berhak diberikan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahannya. Kalau memang dengan kesempatan itu, ia malah mengulangi kesalahannya maka anda boleh memilih untuk tidak mempercayainya atau malah memberikan kesempatan berikutnya.

Menurutku, setiap orang pasti memiliki rasa menyesal setelah ia melakukan kesalahan, terlebih lagi setelah ia mengetahui bahwa kepercayaan kepadanya mulai berkurang. Ada sebagian dari mereka yang akan berusaha memperbaiki diri atas perbuatannya tersebut sehingga kesempatan kedua untuknya akan menjadi sarana permintaan maafnya.

Berbeda jika kita terus menerus berpikir buruk padanya, ia akan semakin terpojok karena kepercayaan kita malah berubah menjadi curiga dan hal itu akan membuatnya tak nyaman. Rasa tak nyaman ini malah membuatnya lebih akrab dengan kesalahannya.

Jika kita ingin seseorang menjadi baik, maka harapkanlah yang terbaik darinya namun jika suatu saat ia melakukan sebuah kesalahan maka jangan terlalu sering menyinggung kesalahannya itu karena hal itu akan membuatnya semakin dekat dengan kesalahan itu (f4dly, 2011)

foto fadly
Penulis: Fadly Indrawijaya
Manusia sederhana dengan impian luar biasa. Penikmat hujan, segelas teh hangat dan buku. Sangat tertarik pada astronomi, teknologi, fotografi, jurnalis, dan alam. Selengkapnya >>

22 comments:


bingungBingung? Jangan ragu untuk Bertanya | Komentar

Kami menghargai setiap tanggapan pembaca.
Kami akan berusaha merespon tanggapan tersebut secepatnya, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Catatan
1. Jangan SPAM yah....
2. Tidak menggunakan link hidup
3. Silahkan berkomentar dengan sopan


  1. saya percaya kok saya bang Fadly..:)

    ReplyDelete
  2. Aku setuju mas...berikan kesempatan dan kepercayaan untuk memperbaiki, jangan menghakimi... :D

    ReplyDelete
  3. > Bang radi
    Mksih atas kunjungannnya

    > Lisna Lina
    Kebanyakan orang menghakimi...dan terus menghakimi

    ReplyDelete
  4. Paling enak ya 'positive thinking' aja. Kasih kesempatan buat org lain u berubah, kita sendiri pun ga jengkel terus

    ReplyDelete
  5. thanks dah mampir yah miya...

    ReplyDelete
  6. kunjungan balik... sebelumnya makasih udah mampir di blog saya..

    wah stuju bgt tuh dengan kata2nya mas... ^__^

    ReplyDelete
  7. Stuju mas.. maen ke blog saya dong.. baru di bloger nih..

    ReplyDelete
  8. Setuju aja dehhhh, mampir2 yach ke blogku! thanks b4

    ReplyDelete
  9. kepercayaan itu seperti berlian , indah tapi sulit didapatkan
    :) :)

    ReplyDelete
  10. f4dLy mksih yah semuannya karena sudah berkunjung

    > Yhantee
    mksih juga udah mampir yah

    > Anonim
    kok tidak cantumin alamat blognya jadi gimana cara kunjungi?

    > MGYP
    Sring kok kak cuma tempat komentarnya dikit bermasalah jadi susah di komentari

    > Bayu
    makasih kunjungannya

    > Rezkaocta
    betul itu...dan setelah ia hilang, susah di cari...

    ReplyDelete
  11. hi, sobat, cara pasang 'google translate' udah kujawab di kotak komenku. tx for visiting me :)

    ReplyDelete
  12. makasih u/ kunjungan ke blog aku ya.... jangan pernah bosan memberikan kesempatan kedua..ketiga.. dan seterusnya untuk org yg sudah membuat kepercayaanmu hilang...:) salam persahabatan dr aku...

    ReplyDelete
  13. http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

    > Eha
    Mksih yah udah jawab pertanyaanku...

    > Leksi
    Tapi kesempatan itu tergantung kekuatan hati kita masing-masing...tapi makasih udah berkunjung yah....

    ReplyDelete
  14. yap
    kepercayaan itu penting
    sangat penting dari segalanya

    ReplyDelete
  15. f4dLy > ada yang berkunjung lagi nih...

    > Chika
    Mksih yah udah berkunjung...

    > L,a
    Mksih atas tanggapannya

    ReplyDelete
  16. setuju sm pemikirannya.
    dan menurutku, hanya orang2 yg berjiwa besar yang mampu melakukannya..

    ReplyDelete
  17. setuju bro kalo dipojokan malah akan membuatnya jdi tertekan soalnya pernah ngalamin mojokin orang. I follow u bro

    ReplyDelete
  18. Assalam fadly...yang wajib kita percaya kepada rukun yang 6..jadilah..Alhamdulillah

    ReplyDelete
  19. f4dLy > mksih yah atas tanggaannya

    Wits > Iy sih karena tidak semua orang mudah untuk memaafkan dan memberikan kesempatan...

    > Pria sederhana
    Mksih atas follownya dan sudah aku folllow balik kok. memang kita tak boleh terlalu memojokkan orang kecuali karena keadaannya darurat...

    > Liz
    Wassalam Liz...mksih udah mengingatkan kembali...

    ReplyDelete
  20. sebelum menyalahkan, menjudge org, ada baiknya berkaca pada diri sendiri dulu, jangan pernah meminta org lain untuk berubah sebelum kita refleksi diri sendiri terlebih dahulu.. nice share mas !

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

BiluPing © 2009 - 2016.

Home | | Contact | FAQ | BiluPing Google+